Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

Ekspor Nanas

Ekspor Nanas: Penjelasan dan Potensinya

Ekspor nanas termasuk dalam komoditas di kegiatan eskpor buah terus meningkat untuk beberapa tahun terkahir, Sejak pandemi mulai surut bahkan berakhir di beberapa belahan dunia, membuat masyarakat menjadi lebih memperhatikan kualitas hidup sehat.

Mengonsumsi buah-buahan menjadi cara untuk menjaga kualitas hidup yang sehat. Buah yang disarankan salah satunya nanas karena mengandung banyak serat serta vitamin. Indonesia sendiri juga merupakan negara pengekspor nanas dengan jangkauan eskpor yang sangat luas. Untuk melihat lebih jauh mengenai ekspor nanas, Anda dapat melihat artikel berikut ini!

mengenal ekspor nanas

Ekspor Nanas
(pinterest.com)

Kegiatan ekspor nanas merupakan kegiatan yang melibatkan banyak hal didalamnya. Ekspor nanas melibatkan sejumlah langkah, termasuk menanam dan memanen buah, menyiapkannya untuk pengiriman, dan mengangkutnya ke negara tujuan. Buah nanas untuk eskpor harus ditangani dan diangkut dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan, karena hal ini dapat mempengaruhi kualitas buah dan umur simpannya.

Ekspor nanas memiliki tantangan karena sifat buah yang mudah rusak, serta jarak yang harus ditempuh dan berbagai peraturan dan standar yang harus dipenuhi. Untuk memastikan nanas tiba di tempat tujuan dalam kondisi baik, eksportir sering menggunakan kontainer atau kapal yang memiliki cold storage.

Baca Juga: Menatap Jauh Potensi Ekspor Alpukat

apa itu buah Nanas

ekspor nanas
(Istocks.com)

Nanas (Ananas comosus) adalah buah tropis yang berasal dari Amerika Selatan dan sekarang ditanam di banyak negara di dunia, termasuk Indonesia, Kosta Rika, Brasil, dan Thailand.  Buah nanas merupakan sumber vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, dan bromelain. Buah ini merupakan sumber serat makanan yang baik, yang dapat membantu meningkatkan pencernaan yang sehat.

Nanas adalah buah berbentuk lonjong dengan kulit luar yang keras dan berduri serta daging buah berwarna kuning atau oranye. Mereka tumbuh di tanaman yang tingginya bisa mencapai 10 kaki dan menghasilkan satu buah per tahun. Buah dipanen saat sudah masak, biasanya sekitar setahun setelah tanaman ditanam. Nanas adalah buah populer yang dinikmati oleh orang-orang di seluruh dunia.

Komoditas ekspor nanas Indonesia

Di Indonesia sendiri, nanas bukan merupakan buah yang asing. Kamu dapat dengan mudahnya menemukan buah ini mulai di pasar, supermarket, hingga pedagang buah di pinggir jalan. Melimpahnya buah topis ini di Indonesia, membuat buah ini juga menjadi salah satu komoditi ekspor utama.

Ekspor Nanas
(pinterest.com)

Nanas Indonesia digemari oleh dunia karena percampuran rasa manis dan asam yang pas. Salah satu jenis nanas Indonesia adalah nanas honi yang berasal dari Lampung. Buah ekspor ini hasil perpaduan dari nanas Bogor dan nanas Subang. Buah ini beratnya dapat mencapai sekitar 1,5 – 2,3 kg. Warna buahnya pun cenderung Lebih kuning keemasan dan memiliki rasa yang amat manis.

Baca Juga: Cara Terbaik Menyimpan Hasil Pertanian

Potensi Ekspor Nanas

ekspor nanas
(Istock.com)

Terdapat potensi yang signifikan untuk ekspor buah nanas, karena merupakan buah yang populer dan bergizi yang dikonsumsi di seluruh dunia. Nanas adalah komoditas ekspor utama dengan banyak negara mengekspor nanas segar dan olahan ke negara lain di seluruh dunia. Ada beberapa faktor yang dapat berkontribusi terhadap potensi ekspor buah nanas:

Meningkatnya permintaan buah nanas

Permintaan buah ini diperkirakan akan terus meningkat, terutama di negara-negara berkembang di mana pendapatan meningkat dan terdapat pertumbuhan kelas menengah dengan lebih banyak pendapatan yang dapat dibelanjakan untuk makanan.

Bergizi dan serbaguna

Nanas adalah buah bergizi yang tinggi vitamin dan mineral, dan juga merupakan sumber serat makanan yang baik. Mereka serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai hidangan dan minuman, yang membuatnya menarik bagi konsumen.

Pasar ekspor yang kuat

Ada pasar ekspor nanas yang kuat, dengan banyak negara mengimpor nanas segar dan olahan dari negara lain di seluruh dunia. Hal ini menciptakan peluang bagi eksportir untuk menjual buah mereka ke negara-negara tersebut.

Diferensiasi produk

Ada banyak jenis nanas yang tersedia, masing-masing dengan rasa dan teksturnya yang unik. Hal ini dapat menciptakan peluang bagi eksportir untuk membedakan produk mereka dan menonjol di pasar.

Tantangan dalam kegiatan eskpor nanas

Mengekspor nanas dapat menjadi usaha yang menantang karena sifat buah yang mudah rusak. Terlepas dari tantangan ini, ekspor nanas merupakan bagian penting membantu menyediakan konsumen di negara lain akses ke buah yang bergizi dan lezat ini. Ada beberapa tantangan yang dapat dihadapi dalam ekspor buah nanas:

  1. Buah yang mudah rusak
    Nanas adalah buah yang mudah rusak dengan cepat jika tidak ditangani dan diangkut dengan benar. Hal  mempersulit kegiatan ekspor nanas, karena buah harus ditangani dan diangkut dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan.
  2. Jarak distribusi yang jauh
    Nanas sering diekspor dalam jarak jauh, dan dapat mempercepat risiko kerusakan dan pembusukan. Untuk mengurangi risiko ini, eksportir dapat memperhatikan cara penyimpanan buah dengan baik seperti disimpan di dalam cold storage.
  3. Peraturan dan standar ekspor nanas
    Setiap negara memiliki peraturan dan standar yang harus dipenuhi saat mengimpor nanas, yang dapat menjadi tantangan bagi eksportir nanas. Peraturan ini dapat mencakup masalah seperti keamanan pangan, pelabelan, dan persyaratan pengemasan.
  4. Persaingan negara pengeskpor
    Ada banyak persaingan di pasar nanas global, dengan banyak negara mengekspor nanas ke negara lain di seluruh dunia. Hal ini dapat mempersulit eksportir untuk bersaing dan mencari pembeli buah mereka.

Penutup

Kesimpulannya, ekspor nanas merupakan industri penting yang berperan dalam perdagangan buah global. Permintaan nanas tinggi karena rasa dan keserbagunaannya. Jika Anda tertarik menjadi eksportir, penting untuk memastikan kualitas ketahanan gizi nanas saat di ekspor. PND dapat menjadi distributor cold room terpercaya yang dapat diandalkan untuk membantu operasional bisnis ekspor nanas Anda.

Baca Juga:


Komoditas-komoditas panen yang unggul tentunya dihasilkan melalui sistem pertanian dan agrikulutur yang terbaik untuk kebutuhan pangan. Bila Anda memiliki usaha di sektor pertanian dan agrikultur, Anda bisa menggunakan mesin cold storage Kami untuk menjaga ketahanan kualitas hasil produk panen Anda.

PND Ice Making System menyediakan berbagai mesin es berkualitas dan ruang pendingin yang dapat mendukung operasional bisnis Anda. Kami berkomitmen memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan dukungan layanan aftersales, garansi, dan kemudahan pembayaran melalui sistem kredit. Temukan solusi kebutuhan mesin es dan ruang pendingin Anda hanya di PND Ice!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top