Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

manfaat es batu yang jarang disadari

Manfaat Es Batu yang Jarang Diketahui

Manfaat es batu dalam kehidupan sehari-hari ternyata cukup banyak, akan tetapi masih banyak yang belum menyadarinya. Di antara manfaat penggunaan es batu, paling tidak terdapat tiga manfaat yaitu untuk wajah, kesehatan serta sebagai bahan pengawet yang aman.

Jika selama ini Anda berpikir bahwa es batu hanya digunakan sebagai campuran pendingin minuman, tentu itu tidak salah. Namun dibalik itu, es batu juga menyimpan manfaat yang mungkin bisa Anda gunakan.

manfaat es batu yang jarang disadari

(Freepik)

Nah untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa manfaat es batu untuk wajah, kesehatan dan bahan pengawet. Silahkan disimak sampai selesai ya!

Manfaat Es Batu untuk Wajah

Untuk melakukan perawatan wajah yang praktis dan tanpa mengeluarkan modal besar, ternyata bisa hanya dengan di rumah saja, lho. Cukup dengan es batu, Anda sudah bisa merawat kulit wajah.

Apa manfaat es batu untuk wajah?

1. Membantu Mengurangi Keriput

Salah satu ciri penuaan dini yaitu munculnya keriput pada kulit wajah. Hal tersebut mungkin akibat dari seringnya terkena sinar UV yang dapat merusak jaringan elastin pada kulit.

Walaupun kemunculan keriput pada kulit wajah itu tidak bisa dihindari seiring dengan bertambahnya usia. Namun Anda masih bisa memperlambat kemunculannya dengan tetap menjaga kulit terhidrasi.

Salah satu caranya yaitu dengan memijat wajah menggunakan es batu untuk membantu kelancaran peredaran darah. Sehingga dapat memperlambat munculnya keriput pada wajah.

2. Menghilangkan Jerawat

Kemunculan jerawat pada area wajah tentunya tidak diinginkan baik oleh perempuan maupun laki-laki. Hal ini karena keberadaannya dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Pada bagian benjolan jerawat tersebut, biasanya akan terasa sakit akibat dari inflamasi atau peradangan. Disinilah manfaat es batu untuk wajah berperan sebagai pereda nyeri, bengkak dan kemerahan di area jerawat tersebut.

Selain itu, es batu bermanfaat untuk mendorong kotoran agar naik ke permukaan kulit. Sehingga ukuran jerawat akan mulai mengecil, sampai hilang sepenuhnya.

Adapun caranya cukup dengan mengompreskan es batu pada jerawat, tahan selama 1 menit. Kemudian angkat kompresan es batu tersebut selama 5 menit, lalu kompres lagi selama 1 menit.

Perlu Anda ketahui, menghilangkan jerawat dengan bantuan es batu mungkin tidak ampuh jika jerawat yang Anda alami tergolong jerawat berat.

3. Membersihkan Pori-Pori Wajah

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah terdapat tumpukan kotoran pada pori-pori wajah. Selain itu, banyaknya kotoran yang menyumbat pori-pori wajah juga bisa menimbulkan berbagai masalah kulit.

Oleh karena itu, rutin membersihkan pori-pori wajah perlu Anda lakukan untuk menjaga kulit tetap sehat. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan es batu.

Manfaat es batu untuk wajah salah satunya mampu membersihkan kotoran-kotoran pada pori-pori wajah, sehingga wajah akan tampak halus dan cerah.

Manfaat Es Batu untuk Kesehatan

Jika sebelumnya telah dibahas mengenai pemanfaatan es batu untuk wajah, kali ini akan membahas mengenai kegunaan es batu untuk kesehatan. Dalam beberapa kesempatan, es batu seringkali digunakan untuk meredakan rasa nyeri, berikut penjelasannya.

1. Relaksasi Otot

Dalam beberapa kesempatan, seringkali kita jumpai para atlet yang selesai bertanding kemudian melakukan recovery dengan berendam di air es. Hal ini karena pada suhu dingin, pembuluh darah akan mengecil.

Kemudian saat keluar dari tempat berendam, suhu tubuh akan menyesuaikan kembali dengan suhu lingkungan. Akibatnya pembuluh darah terbuka lagi dan ini akan membantu metabolisme otot, sehingga memberikan efek relaksasi.

2. Meredakan Nyeri Tumit

Nyeri tumit biasanya terjadi akibat tekanan berlebih pada bagian plantar fascia. Yaitu ligamen yang menghubungkan antara tulang tumit ke jari-jari kaki serta penopang lengkungan kaki.

Manfaat es batu untuk kesehatan salah satunya adalah mencegah nyeri tumit berlebih yang dapat beresiko cedera parah. Dengan es batu, rasa nyeri pada bagian tumit dapat reda melalui metode kompres atau rendam.

Metode rendam bisa Anda lakukan selama 10-15 menit dengan menaruh air dan es pada baskom berukuran dangkal secukupnya. Pastikan hanya bagian tumit saja yang terendam pada air es.

Sedangkan untuk metode kompres dilakukan dengan menghancurkan es batu kemudian meletakkannya dalam plastik, lalu kompres pada area tumit yang sakit. Lakukan pengompresan selama 10-15 menit.

Metode kompres atau rendam dengan es batu bisa Anda lakukan 3-4 kali sehari secara rutin. Namun perlu diingat, jangan mengompres es batu secara langsung ke bagian tubuh yang mengalami nyeri ya.

3. Meredakan Rasa Nyeri Gusi Bengkak

Rasa nyeri pada bagian gusi bengkak tentu saja membuat penderitanya tidak nyaman, bahkan Anda mungkin akan kesulitan makan, berbicara, dsb. Nah ternyata, es batu bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri pada gusi bengkak, lho.

Cara ini bisa Anda lakukan setidaknya sampai datang ke dokter gigi. Caranya cukup dengan meletakkan es batu di atas bagian daerah yang sakit.

Manfaat Es Batu sebagai Pengawet

Kegunaan es batu nyatanya tidak hanya untuk kesehatan saja, es batu juga berguna sebagai pengawet yang dapat dibilang aman. Anda mungkin pernah melihat penjual ikan atau daging keliling menyimpan ikannya di dalam sebuah box yang berisi es batu.

1. Es Batu untuk Mengawetkan Ikan

Ikan adalah bahan pangan yang mudah rusak apabila tidak ditangani dengan benar. Pasalnya ikan akan mulai membusuk tepat setelah ikan tersebut mati, dan proses pembusukan menjadi semakin cepat seiring dengan peningkatan suhu.

Mengutip artikel Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, mengawetkan ikan dengan es batu merupakan cara yang paling aman. Hal ini karena proses pengawetan tidak melibatkan bahan kimia yang mungkin dapat berbahaya ketika dikonsumsi.

Dengan es batu, proses pembusukan ikan akan terhambat karena lelehan es akan menghanyutkan bakteri, lendir dan darah. Sehingga metode ini sering digunakan para nelayan saat menangkap ikan agar tangkapannya tetap segar.

2. Es Batu sebagai Pengawet Daging

Seperti halnya ikan, daging juga salah satu bahan pangan yang mudah busuk. Sehingga agar daging tetap dalam keadaan segar, biasanya akan disimpan di freezer. Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki freezer? Jawabannya tentu dengan memanfaatkan es batu.

Manfaat es batu untuk mengawetkan daging biasa dilakukan pedagang yang tidak memiliki mesin cold storage. Sehingga mereka menggunakan styrofoam box yang terdapat es batu di dalamnya dan kemudian digunakan untuk menyimpan daging.

Itulah sedikit ulasan mengenai manfaat es batu dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin jarang disadari. Dari beberapa ulasan tersebut, sekarang mungkin Anda berpikir bahwa cukup banyak kegunaan es batu itu, sehingga tertarik membangun bisnis es.

Jika Anda memerlukan mesin es berkualitas untuk bisnis, PNDICE merupakan perusahaan yang bergerak dalam produksi mesin es batu berstandar Eropa. Sehingga dapat menghasilkan es yang baik untuk konsumsi maupun kebutuhan industri secara umum.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top