Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

perbedaan es batu air matang dan mentah

Kenali Perbedaan Es Batu Air Matang dan Mentah di Sini

Es batu adalah air yang mengalami proses membeku. Pembekuan terjadi ketika air didinginkan di bawah 0°C pada tekanan atmosfer yang standar. Pembentukan es dapat dilakukan pada suku yang lebih tinggi dengan tekanan yang lebih tinggi pula. Jenis air es yang biasa digunakan berupa air matang dan air mentah. Kedua jenis air pada es batu terdapat perbedaan. Perbedaan es batu air matang dan mentah perlu Anda kenali lebih jauh sebelum menggunakannya.

Es batu biasa digunakan dalam bisnis konsumsi, seperti restoran, kafe, dan rumah makan. Bagi Anda yang memiliki bisnis tersebut, Anda perlu mengetahui perbedaan es batu air matang dan mentah untuk kebutuhan bisnis Anda. Namun, Anda perlu mengenal terlebih dahulu apa itu es batu air matang dan mentah sebelum Anda memahami cara membedakan di antara keduanya.

Es batu air matang

 

perbedaan es batu air matang dan mentah
(Pixabay)

Air matang yang mengalami proses pembekuan menghasilkan es kristal. Es ini memiliki dua macam jenis, yaitu es tube dan es cube yang memiliki perbedaan bentuk. Dalam proses pembuatan es batu, jenis es batu kristal menggunakan dua macam mesin yaitu mesin es tube dan mesin es cube yang memanfaatkan air matang sebagai komponen utama pembuatannya.

Es batu dari jenis air ini memiliki fungsi utama sebagai es batu konsumsi. Penggunaan es batu dari air matang menjadi bahan tambahan pangan. Es batu tersebut juga menjadi solusi pendingin bagi makanan dan minuman yang paling mudah digunakan, terutama pada bisnis konsumsi. Es batu konsumsi yang digunakan dalam makanan dan minuman harus mengalami perebusan agar menghasilkan es batu yang terbebas dari bakteri.

Baca Juga: Syarat Es Batu Konsumsi, Wajib Kamu Ketahui!

Es batu air mentah

perbedaan es batu air matang dan mentah
(Unsplash)

Es batu dari air mentah menghasilkan jenis es batu yang berbeda dari air matang, yaitu es balok. Es balok berbentuk seperti balok dengan ukuran yang besar. Dalam proses pembuatannya, es balok menggunakan mesin es balok yang memerlukan air mentah sebagai bahan utama.

Es batu dari jenis air ini memiliki perbedaan fungsi dengan es batu dari air matang. Fungsi utamanya adalah untuk menjaga kualitas produk. Dengan kata lain, untuk mengawetkan bahan baku seperti daging, ikan, dan juga makanan beku.

Es tersebut menjadi alasan mengapa bahan baku yang biasa ditemui di bisnis konsumsi bisa bertahan lama. Jadi es batu dari air mentah ini tidak dapat digunakan untuk konsumsi, melainkan sebagai penunjang kegiatan bisnis konsumsi.

Cara membedakan es batu air matang dan mentah

perbedaan es batu air matang dan mentah
(Unsplash)

Setelah Anda mengetahui seperti apa es batu dari matang dan air mentah, Anda juga perlu mengenali bagaimana cara membedakan es batu dari air matang dan mentah agar Anda dapat menggunakan es batu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk menemukan bagaimana caranya, Anda dapat melihatnya di bawah ini.

1. Melihat warnanya

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk membedakan kedua jenis air yang digunakan pada es batu adalah dengan melihat dari warna airnya. Warna yang dihasilkan dari air matang ketika proses pembekuan adalah bening seperti kristal.

Hal itu terjadi karena air mengikat udara dalam molekul-molekulnya. Maka dari itu, saat pembekuan berlangsung, molekul udara yang terperangkap di dalam es tidak terlalu banyak. Selain itu, mengapa es batu yang terbuat dari air matang warnanya terlihat jernih karena air tersebut direbus terlebih dahulu supaya aman digunakan.

Hal sebaliknya terjadi pada es batu dari air mentah. Es batu dengan jenis air tersebut menghasilkan warna yang lebih keruh. Mengapa bisa terjadi? Karena masih banyaknya kandungan gas di dalamnya. Maka hal itu mempengaruhi warna yang dihasilkan. Es batu dari air mentah juga tidak mengalami proses perebusan, sehingga partikel kotoran yang melekat pada air masih terlihat.

2. Mengenal tekstur dan strukturnya

Untuk mengetahui seperti apa perbedaan es batu dari air matang dan mentah, Anda perlu mengenali seperti apa teksurnya. Caranya adalah Anda dapat memegang es batu, baik dari air matang maupun air mentah. Dari situ dapat diketahui perbedaan tekstur di antara keduanya.

Es batu dari air matang ketika dipegang teksturnya halus. Es batu jenis ini pun sulit dihancurkan karena bersifat keras. Hal tersebut terjadi karena es batu dari air matang tidak ada pengotor di dalamnya sehingga mempengaruhi struktur dari es batu yang dapat membentuk kristal es heksagonal sempurna.

Kemudian, es batu dari air mentah ketika dipegang teksturnya kasar. Es batu yang menggunakan air jenis ini memiliki struktur yang rapuh. Terbentuknya struktur yang rapuh pada es batu tersebut karena adanya pengotor pada air. Oleh karena itu, ketika dipegang es batu itu cenderung ringkih sehingga lebih mudah hancur.

3. Menghirup aromanya

Cara selanjutnya yang bisa Anda terapkan dalam membedakan es batu dari kedua jenis air tersebut adalah dengan menghirup aromanya. Anda dapat mencobanya dengan meletakkan es batu dari air matang dan mentah di wadah atau gelas sampai meleleh.

Ketika es batu dari air matang meleleh, tidak ada aroma apapun yang tercium. Namun hal sebaliknya terjadi pada es batu dari air mentah. Aroma yang tercium dari es tersebut berbau besi atau air keran.

Kesimpulan

Demikian perbedaan antara es batu air matang dan mentah. Anda dapat melakukan cara membedakannya dengan melihat dari warna esnya, mengenal seperti apa tekstur dan strukturnya, serta menghidup bagaimana aromanya. Es batu dari air matang dan mentah juga memiliki fungsi yang berbeda.

Bagi Anda yang menjalankan bisnis restoran dan kafe dan membutuhkan es batu dengan kuantitas besar, Anda bisa memproduksi es kristal aman konsumsi dengan pemakaian pre filter dan Reverse Osmosis (RO). Penting juga memperhatikan material mesin es yang digunakan apakah sudah food grade.

Semua unsur tersebut dapat Anda temukan pada mesin es kristal dari PND. Dilengkapi dengan material Stainless Steel Grade 304 yang food grade, sehingga hasil esnya pasti higienis, transparan, dan bening. PND memiliki dua jenis mesin es yang menghasilkan es kristal, yaitu mesin es tube dan mesin es cube.


PND Ice Making System adalah perusahaan penyedia mesin es dan ruang pendingin yang telah melayani project di seluruh Indonesia. Kami menyediakan mesin es tube dan mesin es cube untuk sektor konsumsi yang telah memenuhi standar food grade.

Bagi pelaku industri, PND juga menyediakan mesin es balok, mesin es slurry, dan mesin es flake yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim profesional kami sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top