Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

Ingin Usaha Es Kristal? Ini Persiapan yang Perlu Kamu Perhatikan!

Ingin Usaha Es Kristal? Ini Persiapan yang Perlu Kamu Perhatikan!

Persiapan Usaha Es Kristal merupakan hal yang perlu Anda ingat sebagai pondasi kuat untuk pengembangan bisnis es kristal. Permintaan pasar untuk es kristal sangat amat tinggi dibandingkan penggunaan es balok untuk konsumsi dengan memperlihatkan fakta bahwa es kristal sebagai penyegar minuman lebih praktis, higienis dan berkualitas.

Usaha es kristal adalah bisnis yang tepat untuk Anda karena mudah dijalankan dan keuntungan yang didapatkan terbilang sangat fantastis. Anda ingin memulai langsung usaha es kristal dan ingin tahu bagaimana cara memulainya, berikut PND berikan informasi persiapan usaha es kristal dibawah ini.

Baca juga: Jenis-jenis Es Batu Beserta Bentuknya

Bisnis Es Kristal Menjanjikan?

Sebelum membahas persiapan yang perlu dilakukan untuk memulai usaha es kristal, PND ingin beri sedikit insight mengenai peluang dan potensi dari usaha es kristal.

Bisa dikatakan, usaha es kristal menjadi pilihan untuk pemula yang ingin memulai bisnis di sektor konsumsi. Usaha ini memiliki pasar yang sangat luas. Bahkan, pendistribusian produk es kristal menyentuh masyarakat kelas menengah ke bawah.

Dengan pernyataan di atas, tentunya tergambar dengan jelas bahwa usaha es kristal sangat berpeluang sebagai bisnis yang menguntungkan. Anda berminat menjalankan pilihan usaha es kristal ini? Simak persiapan usaha es kristal berikut!

Tahap Persiapan Usaha Es Kristal

Sebelum memulai usaha es kristal, tentunya Partner PND harus memahami dengan betul persiapan yang perlu Anda lakukan agar bisnis es berjalan lancar. Berikut tahapan yang harus disiapkan dalam memulai usaha es kristal.

1. Tentukan Jenis Es yang Anda Jual

Persiapan usaha es kristal yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jenis es yang akan dijual. Jenis es konsumsi dapat berupa es kristal tabung atau tube maupun berbentuk kubus atau cube.

Umumnya, jenis es konsumsi yang paling populer adalah es kristal tube atau tabunng. Mesin es yang tepat untuk usaha es kristal ini adalah mesin ice tube. Mesin es tube menghasilkan produk es konsumsi berbentuk silinder dengan lubang di bagian tengah.

Jenis es ini sangat tepat untuk industri Food & Beverage karena menggunakan air baku yang layak konsumsi. Inilah yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli mesin. Anda perlu memilih mesin es berstandar food grade agar es kristal hasil produksi higienis dan layak konsumsi.

perisiapan usaha es kristal
(sumber: PND Ice Making System)

2. Sesuaikan Kapasitas Mesin

Setelah menentukan jenis es dan mesin produksi, Anda perlu menyesuaikan kebutuhan produksi dengan kapasitas mesin. Terdapat banyak pilihan mengenai mesin pembuat es kristal ini, Anda dapat memilih mesin dengan mempertimbangkan skala bisnis dan kuantitas produksi harian.

Jenis mesin ice tube dapat Anda dapatkan di PND mulai dari kapasitas 1 ton, 2 ton, 3 ton, 5 ton, 8 ton, 10 ton, 12 ton, 15 ton, 20 ton, hingga 30 ton. Pemilihan ini perlu dicermati sesuai target usaha Anda karena berhubungan dengan modal dan keuntungan yang akan didapatkan.

Baca Juga: Pentingnya Memilih Distributor Mesin Es Kristal Terdekat dan Terpercaya

3. Mempersiapkan Layout

Usaha es kristal tentunya membutuhkan mesin es untuk membuat es batu kristal. Setelah membeli mesin es, Anda perlu menyiapkan segala kebutuhan tata letak penempatan mesin. Hal ini perlu dilakukan untuk mempermudah pemasangan mesin di tempat usaha Anda.

Dalam menentukan layout instalasi mesin es, Anda juga memperhitungkan pemasangan cooling tower. Cooling tower ini diperlukan untuk kapasitas produksi besar. Jadi, layout dan tata letak mesin sangat penting karena dapat mempengaruhi efektivitas kerja mesin.

Baca Juga: Intip Prospek Bisnis Es Konsumsi

Persiapan Instalasi Penunjang Mesin Es Tube

Setelah mempersiapkan poin utama seperti di atas, langkah berikutnya adalah melakukan persiapan yang lebih detail. Misalnya adalah persiapan untuk kebutuhan listrik, sumber air produksi, pemasangan Reverse Osmosis (RO), serta tandon. Untuk lebih lengkapnya mari kita bahas satu per satu di bawah ini.

1. Kebutuhan Listrik

Persiapan usaha es kristal yang satu ini perlu diperhatikan agar proses instalasi mesin es tidak mengalami kendala. Mengecek kebutuhan listrik dapat Anda lakukan dengan memastikan deskripsi mesin yang dibeli. Biasanya, informasi mengenai kelistrikan ini dapat Anda baca pada plat enkripsi mesin.

Dalam plat tersebut terdapat informasi tentang besaran listrik yang digunakan untuk sumber daya dari mesin. Selanjutnya, Anda bisa menghubungi PLN untuk mengecek ketersedian sumber daya listrik yang dibutuhkan untuk mulai usaha es kristal sesuai kapasitas mesin yang Anda beli.

Kemudian, Anda juga perlu mempersiapkan panel listrik saat mesin es kristal sudah tiba ke tempat usaha Anda. Panel listrik ini berguna untuk menyambungkan, mengatur, dan membagi daya yang diperlukan untuk terhubung dengan mesin es.

2. Memisahkan Panel Listrik PLN

Panel listrik PLN perlu Anda pisahkan antara panel untuk mesin es dengan panel listrik untuk kebutuhan lainnya. Tujuannya untuk membagi daya dari sumber listrik PLN sesuai kebutuhan mesin.

Sebagai contoh, sumber listrik PLN di lokasi bisnis Anda adalah 33 KW, sementara kebutuhan listrik mesin es adalah 22 KW. Jadi, Anda dapat membagi daya untuk panel listrik mesin es sebesar 22 KW dan panel listrik untuk kebutuhan lain sebesar 11 KW.

Kebutuhan lain yang dimaksud dapat berupa lampu, freezer, sealer, timbangan, pompa, AC, dan lainnya. Pembagian daya ini juga berfungsi untuk memanfaatkan daya yang tersisa dan agar kelistrikan di lokasi bisnis es Anda lebih aman.

2. Sumber Air Produksi

Bahan baku air memang kunci utama mesin es kristal melakukan produksi dengan lancar. Sumber air dapat berupa air PAM, air sumur bor, maupun air pegunungan. Untuk tahap persiapan ini memang lebih detail pada alur sumber air menuju mesin es.

Tahapan ini memerlukan persiapan peralatan alur sumber air produksi. Alur yang benar mengenai air produksi ialah, air dialirkan dari tempat sumber air lalu menuju tandon tempat penyimpanan air. Kemudian, air akan dialirkan menuju filter air RO yang akan terhubung ke mesin es kristal tube atau cube.

Itulah bentuk persiapan untuk memulai usaha es kristal, mulai dari tahap membeli, instalasi mesin es, hingga komponen penunjangnya. Sekilas, persiapan tersebut mungkin terlihat rumit bagi Anda yang baru ingin mencoba bisnis es. Namun Anda tidak perlu khawatir, PND siap membantu dan memberi bantuan instalasi terkait persiapan usaha es kristal maupun usaha mesin es lainnya.


PND Ice Making System adalah perusahaan penyedia mesin es dan ruang pendingin yang telah melayani project di seluruh Indonesia. Kami menyediakan mesin es tube dan mesin es cube untuk sektor konsumsi yang telah memenuhi standar food grade.

Bagi pelaku industri, PND juga menyediakan mesin es balokmesin es slurry, dan mesin es flake yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim profesional kami sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top