Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

cara ekspor ikan

Cara Ekspor Ikan, Ini Yang Perlu Kamu Persiapkan!

Anda memiliki bisnis perikanan dan ingin menghasilkan keuntungan lebih dengan mengekspor ikan keluar negeri? Tentunya ini menjadi harapan bagi para pebisnis yang bergelut di dunia perikanan. Ekspansi ke pasar luar negeri terdengar sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Tapi, tentu cara ekspor ikan menjadi tantangan dan membutuhkan sejumla persiapan. Terdapat syarat-syarat resmi yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan ekspor perikanan. Ini berlaku untuk produk ekspor berupa hasil laut segar maupun mati.

Hal tersebut mencakup fasilitas tertentu maupun dokumen penting penunjang aktivitas ekspor. Kira-kira ada apa saja, ya? Mari simak keperluan apa saja yang wajib kamu persiapkan dalam mengekspor ikan.

Hal yang perlu disiapkan

cara ekspor ikan

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengekspor ikan, Anda harus terlebih dahulu mengetahui dan memahami persyaratan yang perlu dipersiapkan. Kegiatan ini ditujukan agar bisnis Anda bisa memperoleh izin ekspor tanpa hambatan.

Produk Bisnis Layak Ekspor

Cara ekspor ikan yang paling utama adalah dengan memastikan kualitas perikanan dan hasil laut. Anda harus memenuhi standar-standar dan uji kelayakan agar ikan layak diekspor. Maka, pastikan untuk melakukan kontrol kualitas dan mengecek produk yang dieksepor. Tujuannya agar hasil perikanan Anda memenuhi standar pasar negara tujuan dan dapat bersaing di pasar internasional.

Adapun standar-standar tersebut dapat Anda sesuaikan dengan peraturan umum yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Jadi, jangan lupa untuk menyesuaikan kualitas hasil laut Anda dengan syarat atau standar ekspor, ya!

Setelah poin utama ini terpenuhi, barulah Anda dapat melakukan persiapan dan cara ekspor ikan lainnya.

SDM Profesional 

Sumber daya manusia atau pekerja menjadi faktor yang tidak boleh disepelekan bila Anda ingin sukses ekspor hasil laut. Anda harus memastikan bahwa SDM dan karyawan memiliki kemampuan mumpuni untuk menjalankan kegiatan operasional bisnis.

Hal ini mencakup SDM dari hulu ke hilir, mulai dari nelayan, Quality Control, hingga tim pengolah ikan. Edukasi dan pelatihan juga perlu dipersiapkan agar SDM Anda memliki pengetahuan dan pemahaman terhadap standar kualitas yang ingin dijaga.

Berkaitan dengan hal ini, penyusunan SOP dan standar tertentu juga penting. Dengan demikian, setiap karyawan memiliki arahan untuk melakukan pekerjaaan dengan benar sesuai dengan standar yang dituju.

Mendapat Izin Pemerintah

Dalam mengekspor ikan ke luar negeri, pebisnis wajib terlebih dahulu mengantongi izin dari pemerintah. Terdapat beberapa izin yang bisa diperoleh. Di antaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Surat Keterangan Izin Industri dari Dinas Perindustrian (Jika Anda produsen ikan)
  2. Dokumen surat Izin Usaha Dagang dari Dinas Perdagangan (Apabila Anda bukan produser ikan atau non-produsen)
  3. Surat Induk Kepabeanan (NIK)

Sarana dan Prasarana Pengolahan Berstandar Internasional

Ketika menjual ikan ke dalam pasar internasional tentu tidak boleh sembarangan. Hal penting yang wajib Anda lakukan adalah harus memastikan sarana dan prasarana bisnis tempat pengolahan Anda harus terpenuhi dengan baik dan berkualitas standar nasional atau internasional.

Sarana pendinginan, pengawetan, dan sebagainya wajib dimiliki agar menjamin dalam mempertahankan kualitas hasil produk jual Anda ketika masuk dalam pasar internasional.

Lalu sarana atau fasilitas seperti apa yang harus dimiliki?

Mesin Es

Untuk menjaga kesegaran ikan hasil tangkapan, Anda memerlukan mesin es pendingin ikan. Sebisa mungkin, ikan yang baru ditangkap segera diberi es atau perlakuan pendinginan agar tetap segar dan kualitasnya terjaga.

Umumnya, jenis mesin es yang digunakan untuk perikanan adalah mesin es balok. Namun, mesin es slurry kini menjadi inovasi mesin es perikanan karena mampu mejaga kesegaran ikan lebih baik. Anda dapat menyesuaikan jenis mesin es yang digunakan sesuai kebutuhan.

Bila Anda bercita-cita menjadi seorang eksportir ikan, maka mesin es adalah investasi yang Anda butuhkan. Apalagi, Anda menjual ikan premium yang digunakan untuk pengolahan sushi dan olahan seafood segar lainnya.

Cold Room/Ruang Pendingin

Cara ekspor ikan sebenarnya sederhana, yakni memastikan hasil laut Anda memiliki kualitas yang baik dan memenuhi standar ekspor. Tentunya Anda memerlukan fasilitas dan peralatan penunjang untuk menjaga kualitas perikanan Anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan cold room atau ruang pendingin.

Saat kapal telah kembali dan ikan hasil tangkapan sampai ke darat, ikan perlu segera dimasukkan ke dalam ruang pendingin. Suhu yang rendah akan membuat aktivitas mikroba menjadi terhambat sehingga ikan tetap segar dan tidak cepat mengalami kerusakan.

Menjaga kesegaran ikan dengan cold room telah terbukti efektif karena membuat hasil laut tetap terjaga kualitasnya. Maka, Anda sangat direkomendasikan untuk mempersiapkan ruang pendingin sebagai tempat penyimpanan ikan hasil tangkapan.

Anda juga dapat menggunakan cold room untuk menyimpan es yang diproduksi sendiri. Jadi, Anda memilki persediaan es yang dapat digunakan sewaktu-waktu untuk dibawa ke atas kapal maupun keperluan lainnya.

Penutup

Memang banyak hal yang perlu disiapkan untuk mengekspor ikan. Semua ini ditujukan agar ikan yang diekspor ke luar negeri dapat terjamin kualitasnya. Jika ingin memperoleh buyer tetap di pasar internasional, tentu pemerintah akan memastikan jika para pengekspor ikan dapat terbranding sebagai negara dengan kualitas hasil ekspor terbaik. Sedangkan dari buyer pada pasar internasional itu sendiri pasti ingin mendapatkan kualitas terbaik dari hasil ekspor yang dilakukan.

Setelah mengetahui cara ekspor ikan jika Anda butuh Mesin es dan cold room/ruang pendingin? Kami rekomendasikan Distributor mesin es dan cold room berstandar internasional.

PND Distributor Mesin Es dan Cold Room Berstandar Internasional

PND Ice Making System merupakan perusahaan penyedia mesin es dan ruang pendingin berstandar internasional. Tak hanya menjual mesin es, PND  juga menyediakan jasa konsultasi, kontraktor pabrik es, dan penjualan suku cadang. PND memiliki komitmen untuk terus berinovasi menghadirkan layanan prima bagi partner PND.

Dengan pengalaman lebih dari 35 tahun pada bisnis pabrik Es. PND Ice hadir sebagai perusahan pertama di Indonesia yang menyediakan kebutuhan produk dan solusi industri pabrik es dari hulu hingga hilir. Kami akan membantu Anda dalam menjaga kesegaran ikan untuk mencapai pasar internasional dengan menggunakan mesin es dan cold room dari PND yang memiliki kualitas berstandar internasional.

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top