Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

tambak ikan bandeng

Bahas lengkap, Tambak Ikan Bandeng

Tambak Ikan bandeng merupakan salah satu budidaya ikan yang populer di kalangan pembudidaya. Ikan bandeng juga memiliki nilai ekspor yang cukup tinggi dan sudah dijadikan komoditas eskpor di Indonesia. Tidak banyak juga pembudidaya yang mengaku sangat puas dengan keuntungan dari bisnis ini.

Berbeda dengan jenis tambak ikan lainnya, tambak ikan bandeng memiliki beberapa ciri khas yang tidak dapat ditemukan di dalam tambak ikan lainnya. Sekalipun dengan tambak udang maupun bisnis ikan nila.

Kira-kira penjelasan menarik apa lagi mengenai tambak ikan bandeng yang dapat anda simak secara lengkap. Yuk, langsung kita bahas lengkap, Tambak Ikan Bandeng di bawah ini!

Apa itu ikan bandeng?

tambak ikan bandeng
(Pinterest)

Ikan bandeng adalah jenis ikan pelagis yang secara umum bersifat sebagai pemakan plankton, jenis ikan tersebut termasuk perenang cepat, terutama jika berada di laut terbuka. Bandeng juga sering terlihat berenang dalam kelompok kecil di pantai, dan terkadang pada stadia juvenile (ikan muda) terdapat di sungai – sungai air payau. Pusat penyebaran bandeng di Asia Tenggara, terdapat di Philipina, Indonesia, Taiwan dan di sepanjang pantai Thailand dan Burma (Muslim, 2006).

Ikan bandeng adalah jenis ikan laut dengan bentuk tubuh langsing seperti terpedo, mempunyai moncong agak runcing, ekornya bercabang dan halus sisiknya. Kandungan gizi ikan bandeng melebihi ikan-ikan pada umumnya sebanyak 14,2% kandungan omega dan protein sebanyak 20,38%.

Baca juga: 15 Ciri Ikan Segar Ala PND

Jenis Ikan Bandeng

Ikan yang memiliki tekstur padat dan rasanya gurih ini sangat digemari oleh pecinta seafood. Bandeng juga menjadi makanan oleh-oleh khas Semarang, dan tidak hanya itu Warga Tionghoa asli Jakarta dan sekitarnya bahkan menjadikan bandeng sebagai sajian atau hidangan wajib dalam perayaan Tahun Baru Imlek. Berdasarkan karaktar habitat, mereka terbagi dalam tiga jenis, yaitu :

1. Bandeng Air Tawar

Keunggulan mereka adalah memiliki tekstur daging yang lembut, tidak amis dan jumlah duri yang lebih sedikit. Hal ini dikarenakan arus lingkungan tempat tinggalnya lebih tenang.

2. Bandeng Air Payau

Dibanding dua jenis lainnya, bentuk tubuh ikan yang hidup di air payau cenderung lebih panjang. Bentuk mulutnya pun lebih runcing dan ukurannya lebih kecil.

3. Bandeng Air Laut

Karena hidup di air laut, maka rasanya cenderung lebih gurih. Saat dimasak, ikan ini tidak butuh bumbu garam terlalu banyak. Namun, aroma ikannya lebih amis dibanding 2 ikan bandeng sebelumnya.

Budidaya Tambak Ikan Bandeng

tambak ikan bandeng
(Pinterest.com)

Salah satu cara budidaya ikan bandeng yang umum dilakukan adalah sistem tambak. Tambak ikan bandeng biasanya dibangun di atas tanah datar, dan dirancang menjadi ekosistem mandiri yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan ikan bandeng. Kolam biasanya dibagi menjadi beberapa kompartemen yang lebih kecil, yang digunakan untuk berbagai tahap siklus hidup ikan, seperti produksi bibit, pembesaran, dan panen.

Kolam juga dirancang untuk meminimalkan kehilangan air dan menjaga kondisi kualitas air yang optimal untuk ikan. Jika Anda ingin membangun tambak ikan bandeng maka Anda perlu memperhatikan persiapan seperti berikut.

Hal Penting dalam Tambak Ikan Bandeng

Apapun jenis ikan yang akan dibudidayakan secara tambak pasti terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan menjadi hal penting. Dalam budidaya ikan bandeng sendiri kita juga perlu untuk memperhatikan beberapa hal berikut seperti:

1. Menentukan Lokasi Tambak Bandeng

Langkah pertama dalam budidaya ikan bandeng yang harus Partner PND lakukan adalah persiapan lokasi kolam tambak bandeng. Kolam adalah salah satu hal yang paling krusial dalam keberhasilan budidaya, maka dari itu kolam harus dipersiapkan dengan baik.

Jika daerah tempat tinggalmu dekat dengan sumber perairan, seperti sungai, danau, bahkan laut, kamu bisa membuat tambak di sana. Namun, jika lokasimu jauh dengan sumber air yang luas dan besar, kamu bisa membuat kolan sendiri. Berikut adalah hal-hal yang perlu di lakukan untuk menyiapkan kolam:

  • Membuat pintu air
  • Menambahkan saringan, saluran pemasukan, saluran pengeluaran, pompa air, jala lingkar, dan lain-lain
  • Membersihkan endapan lumpur agar ikan terhindar dari racun yang berbahaya
  • Menambahkan kapur untuk meningkatkan pH tanah dan membunuh bakteri
  • Isi kolam dengan air

Baca Juga: Kolam Ikan Bioflok: Solusi Budidaya Ikan yang Ramah Lingkungan

2. Pemilihan Bibit Ikan Bandeng

Jika ingin membeli bibit bandeng pastikan Partner PND membeli bibit ikan dengan standar yang sudah tersertifikasi CPIB (Cara Pembenihan Ikan yang Baik) dan CBIB (Cara Budidaya Ikan yang Baik).

Untuk memilih bibit bandeng pastikan pilih benih yang tidak cacat dan bergerak aktif serta terbebas dari hama penyakit. Agar bibit bisa beradaptasi dengan air kolam, sebaiknya lakukan proses aklimatisasi di tambak ikan bandeng.

3. Kualitas Air tambak dan Pakan Bandeng

Kualitas air kolam sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan karena untuk tumbuh dengan baik, ikan bandeng membutuhkan air yang kaya akan oksigen dan tidak mengandung zat berbahaya. Pastikan terdapat baha untuk support oksigen tambak.

Dalam budidaya ikan bandeng, pakan yang diberikan adalah pakan alami dan pakan buatan. Tak jarang juga ada yang menggunakan pakan ikan tenggelam dengan tambahan probiotik ikan untuk memberantas hama pada tambak ikan bandeng.

4. Panen dan Kemitraan dengan Masyarakat

Panen ikan bandeng dapat Bapak/Ibu lakukan jika ikan telah berbobot 300–350 gram/ekor. Untuk mencapai bobot tersebut, biasanya ikan bandeng membutuhkan 4 bulan. Sebaiknya panen dilakukan pada pagi hari saat ikan belum diberi makan untuk menghindari kerusakan organ pencernaan.

Kemitraan dengan masyarakat penting dalam memastikan kesinambungan operasional tambak ikan bandeng, sebagai pemasok bahan baku maupun sebagai pasar yang stabil.

Penutup

Apakah Partner PND tertarik untuk memulai budidaya ikan bandeng setelah membaca artikel ini? Memang tidak menutup kemungkinan terdapat pasar yang tinggi dalam bisnis ikan bandeng. Tetapi, jika ingin mengembangkan bisnis ikan bandeng yang Bapak/Ibu punya, PND Ice menyediakan layanan konsultasi pemasangan mesin es balok sebagai penunjang operasional tambak bandeng.


Perikanan dan hasil laut adalah produk segar yang perlu penyimpanan baik agar tetap segar dan tahan lama. Bila Anda pelaku usaha perikanan, Anda bisa menggunakan mesin balok untuk mendinginkan hasil tambak dan perikanan agar kualitasnya terjaga. Untuk penyimpanan lebih maksimal, gunakan pula cold storage.

PND Ice Making System menyediakan berbagai mesin es berkualitas dan ruang pendingin yang dapat mendukung operasional bisnis Anda. Kami berkomitmen memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan dukungan layanan aftersales, garansi, dan kemudahan pembayaran melalui sistem kredit. Temukan solusi kebutuhan mesin es dan ruang pendingin Anda hanya di PND Ice!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top