Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

es untuk perikanan

Es Untuk Perikanan, Ini Dia Fungsi Utamanya

Anda sering melihat banyak industri perikanan dan hasil laut yang menggunakan es. Bisa dikatakan, es sebagai kebutuhan penting yang harus selalu ada pada sektor perikanan. Tapi apakah Anda tahu apa saja fungsi es yang pada industri perikanan selain untuk menjaga kesegaran ikan?

Es  sendiri memang banyak digunakan di berbagai industri seperti sektor konsumsi, perikanan dan hasil laut, rumah potong ayam. Tentun fungsi penggunaan dan jenis es yang digunakan juga berbeda. Pada industri perikanan sendiri, es balok selalu digunakan untuk menjaga ikan tetap segar dan awat sehingga harga jual meningkat.

Jika Anda memiliki usaha perikanan atau hasil laut dan sedang mencari pengetahuan baru mengenai fungsi utama penggunaan es untuk ikan, maka ini adalah artikel yang tepat untuk Anda. Mari simak artikel berikut.

Mengapa para nelayan dan penjual ikan melakukan penyimpanan ikan dengan es? Alasannya karena prosedur ini dinamakan sistem rantai dingin (cold chain system). Proses pendinginan dilakukan begitu ikan ditangkap hingga siap dipasarkan.

Fungsi Utama Es Batu untuk Perikanan

es untuk perikanan

Menjaga Ikan Tetap Segar

Seperti yang Anda ketahui, es balok digunakan agar ikan tetap segar dan tidak cepat mengalami pembusukan. Jika ikan cepat mengalami pembusukan maka kualitas ikan akan turun karena sistem organ pada ikan sudah berhenti berfungsi. Hal tersebut pasti akan menyebabkan penurunan harga jual dikarenakan kualitas ikan yang sudah tidak baik untuk dikonsumsi.

Menjaga Kandungan Asam Lemak Protein Ikan

Fungsi selanjutnya adalah es batu digunakan agar kandungan seperti asam lemak dan juga protein pada ikan tetap terjaga hingga sampai dikonsumsi. Ketua Umum Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia mengatakan, Jika ikan yang dibekukan menggunakan es batu lebih aman dikonsumsi.

Ikan yang telah ditangkap harus segera diturunkan suhunya dengan menggunakan es. Jika proses pendinginan ikan oleh es batu dilewatkan, maka proses oksidasi lemak pada ikan akan terjadi. Diketahui jika proses oksidasi lemak terjadi maka hal tersebut akan merusak protein pada ikan. Nilai gizi pada ikan akan turun dan masyarakat yang mengonsumsi tidak mendapatkan gizi secara penuh.

Menghindari Resiko Kontaminasi Bakteri

Selain dapat menjaga kesegaran dan kandungan asam lemak protein, es batu juga dapat menjaga ikan agar tidak cepat terkontaminasi oleh bakteri yang dapat berbahaya jika dikonsumsi. Jika ikan telah mengalami pembusukan secara otomatis bakteri juga muncul untuk menggerogoti ikan.

Ikan yang sudah mengalami pembusukan sudah tidak dapat diperjual belikan karena berbahaya. Konsumsi ikan yang telah mengalami pembusukan akan menjadi sumber penyakit dan menyebabkan reaksi keracunan.

Penutup

Fungsi utama es batu untuk perikanan sangatlah penting. Agar ikan yang dijual tidak mudah mengalami pembusukan, nelayan dan para penjual biasa menyiasati dengan melakukan pendinginan menggunakan es balok. Es yang digunakan pun sebetulnya memiliki beberapa bentuk dan fungsi yang beragam untuk ikan.

Umumnya nelayan dari penjual ikan sudah memiliki mesin es sendiri agar dapat menghemat pengeluaran pada kebutuhan tersebut. Butuh informasi lebih lanjut mengenai mesin es batu?

PND Ice Making System Menyediakan Mesin Es Perikanan

PND Ice Making System merupakan perusahaan penyedia mesin es berstandar internasional. Tak hanya menjual mesin es, PND Ice Making System juga menyediakan jasa konsultasi, kontraktor pabrik es, dan penjualan suku cadang. PND Ice Making System memiliki komitmen untuk terus berinovasi menghadirkan layanan prima bagi partner PND.

Dengan pengalaman lebih dari 35 tahun pada bisnis pabrik Es. PND Ice hadir sebagai perusahan Ice Making System pertama di Indonesia yang menyediakan kebutuhan produk dan solusi industri pabrik es dari hulu hingga hilir. PND Ice dapat membantu anda dalam menentukan solusi yang tepat dalam memilih mesin es yang tepat bagi produk jual perikanan Anda.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top