Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

Cara merawat anak ayam yang baru menetas

9 Cara Merawat Anak Ayam yang Baru Menetas

Cara merawat anak ayam yang baru menetas memliki beberapa alasan dan hal yang perlu diperhatikan. Tidak seperti merawat anakan hewan lain, anak ayam rentan terhadap penyakit. Salah-salah sedikit anak ayam bisa kehilangan nyawanya.

Merawat anak ayam memang menjadi kegiatan yang mengasikan bagi beberapa orang. Bahkan banyak yang menjual anak-anak ayam di lingkungan sekolah. Sayangnya anak ayam tersebut malah diberi cat warna-warni yang memungkinkan anak ayam terserang penyakit.

Untuk Anda yang ingin memelihara anak ayam kecil nan imut ini, pastikan Anda paham cara merawatnya. Berikut PND berikan beberrapa hal yang perlu diperhatiakan saat merawat anak ayam baru menetas!

Cara merawat Anak ayam baru menetas

Cara merawat anak ayam yang baru menetas
(istockphoto)

Berbeda dengan merawat ayam dewasa, anak ayam membutuhkan perhatian dan sedikit perawatan ekstra. Membesarkan bibit ayam dewasa yang baru menetas diperlukan peralatan dan area khusus guna pertumbuhan ayam yang sehat. Untuk merawat anak ayam yang baru menetas, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

1. Tempat yang aman dan hangat

Anak ayam yang baru menetas membutuhkan tempat yang aman dan hangat karena mereka masih sangat rentan terhadap perubahan suhu lingkungan. Suhu tubuh yang stabil sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Jika suhu lingkungan terlalu dingin, anak ayam akan kehilangan energi dan dapat mengalami hipotermia, yang dapat menyebabkan kematian. Selain itu, tempat yang aman akan melindungi anak ayam dari ancaman binatang atau burung liar.

Baca Juga: 5 Cara Ternak Ayam Kampung untuk Pemula

2. Makanan yang tepat

Pastikan anak ayam yang baru menetas mendapatkan pakan yang tepat karena untuk asupan nutrisi yang cukup untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan mereka. Makanan yang tepat seperti dedak, jagung, atau makanan khusus untuk anak ayam yang mengandung protein, kalsium, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh anak ayam untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Jika mereka tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, anak ayam akan mengalami masalah kesehatan dan pertumbuhan yang terhambat.

3. Air bersih

Pastikan anak ayam memiliki akses air bersih dan ganti air setiap hari. Anak ayam yang baru menetas membutuhkan air bersih karena air bersih sangat penting untuk kesehatan mereka. Air bersih digunakan oleh anak ayam untuk menjaga suhu tubuh yang stabil, membantu pencernaan, dan menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh. Jika anak ayam tidak mendapatkan air yang cukup atau air yang kotor, mereka dapat mengalami dehidrasi atau infeksi saluran kemih.

4. Perlindungan dari binatang liar

Cara merawat anak ayam yang baru menetas lainnya adalah perlindungan dari binatang liar. Binatang liar dapat menyebabkan kerusakan fisik atau kematian pada anak ayam, jadi penting untuk menempatkan anak ayam di dalam keramba atau kotak yang tertutup untuk melindungi mereka. Jaga anak ayam dari serangan binatang atau burung liar dengan menempatkannya di dalam keramba atau kotak yang tertutup.

5. Periksa kesehatan anak ayam

Perawatan kesehatan penting dilakukan karena anak ayam yang baru menetas sangat rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Seperti infeksi, cacing, atau masalah nutrisi. Periksa kesehatan anak ayam secara teratur dan segera bawa ke dokter hewan jika menemukan masalah kesehatan.

6. Pemeliharaan yang bersih

Pemeliharaan yang bersih sangat penting untuk menjaga kesehatan anak ayam yang baru menetas. Lingkungan yang kotor dapat menyebabkan infeksi atau penyakit pada anak ayam. Pastikan lingkungan anak ayam selalu bersih dan bebas dari sampah atau kotoran. Pemeliharaan yang bersih juga dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup anak ayam dan membuat mereka merasa nyaman dan sehat.

7. Peralatan kandang untuk Anak ayam

Peralatan ini diperlukan untuk memaksimalkan pertumbuhan dan memastikan anak ayam nyaman dalam kandang. Siapkan lampu yang memiliki suhu hangat dan pastikan suhunya tepat untuk anak ayam sekitar 35 derajat celcius untuk 18-22 jam minggu pertama. Sediakan juga alas tidur dalam kandang ayam yang baru menetas, berupa serutan kayu maupun litter sedalam 7-10 cm. Jangan lupa juga sediakan tempat untuk mereka minum.

Baca Juga: Wajib Ada: Peralatan Kandang Ayam Broiler

8. Rutin Bersihkan Kandang Ayam

Kandang anak ayam yang baru menetas harus sering-sering dibersihkan. Cara merawat anak ayam ini juga menjadi kunci, agar anak ayam tumbuh dengan sehat dan dapat optimal. Pembersihan kandang ayam ini bisa menggunakan air yang mengalir dan setelah itu dijemur untuk dikeringkan.

9. Beri asupan sinar matahari langsung

Cara merawat anak yang baru menetas selanjutnya yaitu dengan memperhatikan asupan sinar matahari. Partner PND bisa pastikan kandang anak ayam Anda memiliki celah sehingga sinar matahari bisa masuk. Ataupun juga Partner PND bisa sesekali menjemur anak ayam di luar kandang dengan perkiraan waktu pada pagi hari maupun sore hari.

Penutup

Dari cara merawat anak ayam yang baru menetas Anda juga dapat memulai bisnis potong ayam dan mulai mencari pelanggan Anda. Memang umumnya merawat anak ayam bermula karena iseng memelihara anak ayam yang lucu namun, jika itu bisa menjadi peluang membuka rumah potong ayam akan menguntungkan Anda. Tertarik membuka bisnis di bidang ini, pastikan kualitas produk karkas ayam Anda berkualitas bersama mesin es PND!


Daging dan peternakan menghasilkan produk-produk pangan yang berperan penting untuk kebutuhan konsumi. Bila Anda pelaku usaha sektor daging dan peternakan, Anda bisa menggunakan mesin es tube, mesin es balok, mesin es flake untuk menjaga kualitas produk Anda sebelum siap dipasarkan.

PND Ice Making System menyediakan berbagai mesin es berkualitas dan ruang pendingin yang dapat mendukung operasional bisnis Anda. Kami berkomitmen memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan dukungan layanan aftersales, garansi, dan kemudahan pembayaran melalui sistem kredit. Temukan solusi kebutuhan mesin es dan ruang pendingin Anda hanya di PND Ice!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top