Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

pakan ayam broiler

Pakan Ayam Broiler: Nutrisi, Jenis, dan Usia Pemberian Pakan

Pemberian pakan terhadap ayam broiler menentukan keberhasilan dalam usaha peternakan Anda. Ketika Anda sebagai peternak memberikan pakan dengan benar terhadap ayam tersebut, ayam itu akan tumbuh dengan baik dan memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran.

Anda perlu memberikannya di dalam kandang ayam supaya Anda bisa mengawasi perkembangan ayam broiler secara berkala. Sudah sepatutnya Anda mempelajari keperluan beternak agar membuahkan hasil yang baik. Apalagi jika Anda mulai memperhatikan kandungan nutrisi apa saja yang dibutuhkan untuk ayam broiler.

Baca Juga:

Nutrisi pada pakan ayam broiler

pakan ayam broiler
(Unsplash)

Pemberian pakan ayam dengan memperhatikan kandungan nutrisinya dapat membantu percepatan pertumbuhan ayam. Tujuan adalah untuk menambah berat badan selama masa pertumbuhan.

Apakah partner PND mengetahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan dalam pakan ayam untuk menunjang pertumbuhannya? Nutrisi yang harus ada dalam pakan ayam adalah karbohidrat, kalsium, fosfor, protein, lemak, abu, mineral, dan juga air.

Setelah Anda memahami seputar seputar nutrisi apa saja yang dibutuhkan, Anda perlu mengetahui jenis-jenis pakan ayam yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Apa saja jenis pakan ayam broiler?

pakan ayam broiler
(Pixabay)

 

Ayam broiler bisa memakan berbagai jenis bahan pakan yang diberikan oleh peternak. Jenis-jenis pakan ayam yang dapat Anda kenali ialah sebanyak 6 jenis, di antaranya adalah

1. Jagung

Jenis pakan ini merupakan pilihan sebagai pakan ayam karena mengandung karbohidrat yang memberikan energi bagi ayam broiler. Jagung yang menjadi pakan ayam broiler adalah jagung kuning karena mengandung vitamin A dan juga rendahnya serat kasar sehingga mudah dicerna.

2. Tepung

Tepung dapat menjadi opsi jenis pakan yang dapat Anda berikan kepada ayam broiler, terutama bagi anak ayam. Teksturnya yang halus dapat memudahkan anak ayam untuk mencernanya. Jenis-jenis tepung yang dapat Anda coba untuk ayam broiler adalah tepung tulang dan tepung ikan.

Pada tepung tulang terdapat unsur kalsium dan fosfor yang dibutuhkan bagi sendi dan tulang ayam broiler. Selain itu, pada tepung ikan mengandung unsur protein yang memberikan nutrisi bagi tubuh ayam broiler.

3. Crumble

Pakan ayam jenis ini memiliki teksturnya yang lebih padat daripada tepung. Crumble adalah pakan yang cocok untuk diberikan kepada anak ayam yang sedang belajar memakan makanan padat sehingga bisa menjadi pakan transisi untuk anak ayam selama masa pertumbuhan.

4. Dedak padi

Dedak padi atau dikenal juga dengan nama bekatul. Dalam dedak padi terdapat asam amino yang merupakan bagian tekecil dari struktur protein. Protein adalah kebutuhan nutrisi utama bagi ayam broiler. Asam amino dalam dedak padi sangat bagus untuk menstimulus pertumbuhan ayam.

Bagi Anda yang menggunakan dedak padi, jenis pakan tersebut disimpan maksimal 6 minggu agar kualitasnya tidak menurun. Maka dari itu, Anda perlu menghabiskan dedak padi maksimal 5 minggu setelah pembelian.

5. Dedak gandum

Selain dedak padi, terdapat jenis dedak lain yang bisa Anda jadikan pakan ayam broiler, yaitu dedak gandum. Dedak ini memiliki sebutan lain yaitu pollard sebab dedak gandum adalah hasil olahan gandum yang selanjutnya menjadi tepung terigu.

Sebagai peternak, Anda dapat menjadikan dedak gandum sebagai pakan ayam karena di dalamnya terdapat kandungan lemak, protein, dan serat yang sangat kaya. Kandungan nutrisi tersebut dapat menstimulus pertumbuhan ayam broiler.

6. Pelet

Pelet adalah jenis pakan ayam broiler yang muda ditemukan. Pemberian pakan jenis ini lebih diutamakan untuk ayam broiler dewasa karena bentuknya yang lebih besar dan teksturnya yang lebih keras. Pelet menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menghemat biaya pakan tetapi tetap memenuhi kebutuhan nutrisi ayam.

Itulah keenam jenis pakan ayam yang patut Anda ketahui. Pemberian pakan terhadap ayam broiler perlu memperhatikan waktu pertumbuhannya supaya bisa tumbuh sesuai dengan usianya.

Usia pemberian pakan ayam broiler

pakan ayam broiler
(Unsplash)

Anda dapat mengimplementasikan pemberian pakannya dengan mengikuti teknik pemberian pakan yang sesuai dengan usianya. Mengenai penjelasannya bisa Anda temukan di bawah ini.

1. Minggu pertama

Pemberian pakan kepada anak ayam bisa dilakukan saat berusia satu hari. Pakan ayam broiler disesuaikan dengan kebutuhan minimal ayam per ekor yaitu sebesar 13 gram per ekornya. Jenis pakan yang tepat untuk anak ayam adalah crumbles. Pemberian pakan dilakukan pada hari pertama sampai hari ketujuh.

2. Minggu kedua

Pada hari kedelapan sampai keempat belas, terdapat peningkatan kuantitas kebutuhan minimal ayam, yaitu 33 gram per ekornya.

3. Minggu ketiga

Kebutuhan pangan bagi ayam broiler pada hari ke 15 sampai ke 21 berjumlah 48 gram per ekornya.

4. Minggu keempat

Ayam broiler yang berada di usia ke 22 sampai 28 hari membutuhkan pakan dengan kuantitas 65 gram per ekornya atau 6,5 kg per 100 ekor ayam. Ayam broiler di usia tersebut mencapai bobot sekitar 1,6 kg.

5. Minggu kelima

Selanjutnya, pemberian pakan bagi ayam broiler dapat Anda tingkatkan kuantitasnya. Di minggu kelima pada hari ke 29 sampai 35 kebutuhan pakan ayam adalah 88 gram per ekornya. Di usia ini, ayam broiler dapat mencapai bobot sekitar 1,8 sampai 2 kg sehingga ayam siap dipanen.

Penutup

Ayam broiler yang telah dipanen menghasilkan ayam potong yang siap diolah untuk keperluan konsumsi. Daging ayam tersebut bisa menjadi komoditas dalam bisnis pangan yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Ayam broiler dapat diolah menjadi ayam potong.

Agar ayam broiler Anda tidak mengalami penurunan kualitas, Anda dapat menyimpan di ruang pendingin dari PND dengan material food gradeDengan kapasitas mulai dari 1 ton, Anda dapat mengatur penyimpanan sesuai dengan kuantitas ayam Anda.


Daging dan peternakan menghasilkan produk-produk pangan yang berperan penting untuk kebutuhan konsumi. Bila Anda pelaku usaha sektor daging dan peternakan, Anda bisa menggunakan mesin tube, balok, dan flake untuk menjaga kualitas produk Anda sebelum siap dipasarkan.

PND Ice Making System menyediakan berbagai mesin es berkualitas dan ruang pendingin yang dapat mendukung operasional bisnis Anda. Kami berkomitmen memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan dukungan layanan aftersales, garansi, dan kemudahan pembayaran melalui sistem kredit. Temukan solusi kebutuhan mesin es dan ruang pendingin Anda hanya di PND Ice!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top