Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

kandang sapi modern

Raih Cuan dengan Kandang Sapi Modern

Kandang sapi modern adalah fasilitas yang digunakan untuk menampung ternak secara komersial. Kandang ini dapat dibedakan dari kandang tradisional. Rumah ternak ini lengkap dengan fitur-fitur seperti sistem pendingin, sistem pencahayaan yang dapat diatur, sistem pembuangan limbah yang efisien, dan sistem pakan yang otomatis.

Jenis kandang ini merupakan opsi dari sekian banyak jenis rumah ternak untuk pemeliharaan dan pembesaraan hewan ternak. Sebagaimana fungsi dari kandang itu sendiri yang ditujukan untuk meraih kualitas ternak unggulan. Tentunya pemilihan kandang harus membuat hewan ternak nyaman.

Kandang ternak baik modern maupun tradisional memiliki perbedaan dan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Artikel PND kali ini membahas seputar tentang kandang sapi modern. Simak selengkapnya di artikel berikut ini!

Jenis Kandang Sapi Modern

Tentu dalam kecanggihan yang dimiliki rumah ternak ini, ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih. Simak lengkap jenis kandang ternak modern yang digunakan dalam budidaya sapi, diantaranya adalah:

1. Kandang Bawah Tanah (Underground Barn)

kandang sapi modern
(pinterest)

Merupakan jenis kandang sapi yang dibangun di bawah tanah. Fasilitas ini menawarkan lingkungan yang lebih stabil dan konstan dibandingkan kandang di atas tanah. Kandang ini juga dilengkapi dengan sistem pendingin dan pencahayaan yang dapat diatur.

2. Kandang Bertingkat (Multi-Tier Barn)

Kandang sapi modern
(pinterest)

Jenis kandang ini dibangun dengan beberapa tingkat. Sapi ditempatkan di tingkat atas, sementara fasilitas penunjang seperti pakan dan air ditempatkan di tingkat bawah. Sistem ini efisien dalam hal penggunaan lahan dan juga memudahkan pengelolaan kandang.

3. Kandang Otomatis (Automated Barn)

Kandang sapi modern
(pinterest)

Kandang ini dilengkapi dengan sistem otomatis untuk berbagai keperluan seperti pembuangan limbah, pemberian pakan, dan pengukuran kesehatan sapi. Sistem ini dapat mempermudah pengelolaan kandang dan meningkatkan efisiensi.

4. Kandang Lingkungan (Environmental Barn)

Kandang sapi modern
(pinterest.com)

Rumah ternak ini dibangun dengan memperhatikan faktor lingkungan. Sistem pendingin, pencahayaan, dan sistem pembuangan limbah didesain untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

5. Kandang Tipe Freestall

Kandang sapi modern
(pinterest)

Dalam bentuk ini menyediakan ruang bebas bagi sapi untuk bergerak dan berbaring. Fungsi dari kandang ini adalah meningkatkan kesejahteraan sapi dan mengurangi stress.

Faktor Biaya Kandang Sapi Modern

Biaya pembuatan kandang modern bergantung pada jenis kandang yang digunakan, luas kandang, lokasi, dan beberapa faktor lainnya. Namun, pada umumnya biaya pembuatan kandang modern cukup tinggi. Beberapa faktor yang mempengaruhi biaya pembuatan kandang sapi terbaru diantaranya adalah:

  1. Biaya material dan alat kerja
    Biaya material yang digunakan untuk pembuatan kandang sapi modern, seperti bahan bangunan, sistem pendingin, sistem pencahayaan, sistem pembuangan limbah dan lain-lain
  2. Biaya tenaga kerja
    Biaya untuk tenaga kerja yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kandang sapi modern.
  3. Biaya desain dan perencanaan
    Biaya yang dibutuhkan untuk mendesain dan merencanakan kandang sapi modern, termasuk biaya untuk arsitek dan konsultan.
  4. Biaya lokasi
    Biaya yang dibutuhkan untuk mempersiapkan lokasi kandang sapi modern, termasuk biaya untuk menyiapkan tanah dan membuat jalan masuk.
  5. Biaya pemasangan sistem otomatis
    Biaya yang dibutuhkan untuk memasang sistem otomatis seperti sistem pakan, sistem pengukuran kesehatan sapi dan lain-lain.
  6. Biaya operasional dan perawatan
    Biaya yang dibutuhkan untuk operasional dan perawatan kandang sapi modern setelah dibangun.

Cara Buat Kandang Sapi Modern

Kandang menjadi aset bisnis dalam sektor peternakan, hal ini harus diketahui oleh semua peternak. Kenyamanan dan keamanan hewan ternak selalu diutamakan dari yang lain. Apabila kandang sapi tidak tidak di bangun secara baik akan mengakibatkan kualitas hewan ternak akan menurun. Berikut referensi dari pembuatan kandang modern ala PND:

Memilih material kandang yang tepat

Pemilihan bahan konstruksi disesuaikan dengan tujuan apakah kandang dibuat untuk jangka pendek, menengah, atau jangka panjang serta anggarannya. Berikut referensi jika ingin membangun kandang ternak tipe modern:

1. Rangka kandang

Rangka kandang harus menggunakan bahan yang kuat, tidak mudah lapuk/ rusak agar tidak mudah roboh dan membahayakan ternak. Material baja merupakan pilihan tepat karena anti rayap, tidak mudah rusak, dan dapat bertahan untuk waktu yang lama.

2. Rangka atap

Untuk melengkapi rangka baja ringan, anda bisa gunakan atap berbahan asbes yang harganya relatif murah namun tetap bermutu. Keunggulan asbes ini selain kuat dan awet adalah dapat memberikan kehangatan dalam kandang modern.

3. Alas Lantai

Lantai kandang juga harus kokoh, tidak licin, dan memiliki sudut kemiringan kurang lebih 15 derajat ke arah selokan di belakang kandang. Tujuannya untuk mempermudah penampungan kotoran sapi dan pakan yang jatuh.


Daging dan peternakan menghasilkan produk-produk pangan yang berperan penting untuk kebutuhan konsumi. Bila Anda pelaku usaha sektor daging dan peternakan, Anda bisa menggunakan mesin es tube, mesin es balok atau mesin es flake untuk menjaga kualitas produk Anda sebelum siap dipasarkan.

PND Ice Making System menyediakan berbagai mesin es berkualitas dan ruang pendingin yang dapat mendukung operasional bisnis Anda. Kami berkomitmen memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan dukungan layanan aftersales, garansi, dan kemudahan pembayaran melalui sistem kredit. Temukan solusi kebutuhan mesin es dan ruang pendingin Anda hanya di PND Ice!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top