Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

cara penyimpanan margarin

7 Cara Penyimpanan Margarin Ala PND

Margarin adalah salah bahan penting dalam industri F&B, maka dari itu kita perlu tahu cara penyimpanan margarin yang tepat. Margarin menjadi kondimen untuk kue serta masakan lainnya, hal ini dikarenakan margarin sendiri dapat menambah aroma dan rasa dalam masakan.

Cara menyimpan margarin nggak boleh sembarangan nih, partner PND. Bisa-bisa margarin dapat rusak, meleleh, terkontaminasi udara luar, dan gampang jamuran jika cara penyimpanannya salah. Bagaimanapun juga Supaya tahu cara penyimpanan margarin yang tepat. Yuk, simak ulasan PND di artikel berikut ini!

Apa Itu Margarin?

Secara umum margarin adalah zat aditif pengemulsi pengganti mentega buatan yang dibuat dari minyak nabati dan tambahan unsur hidrogen. Bisa juga mengandung susu saringan, garam dan pengemulsi seperti lesitin.

cara penyimpanan margarin
(pinterest.com)

Bahan pembuat pengganti mentega ini berasal dari minyak kelapa sawit yang telah beberapa kali di endapkan. Kandungan dalam zat aditif pengemulsi ini terdapat sedikit lemak dan kalori yang rendah,

Karena berbahan berbahan dasar minyak kelapa sawit, margarin memiliki warna kuning lebih cerah dibanding mentega yang biasanya kuning pucat. Tidak adanya aroma susu layaknya mentega menjadi salah satu kekurangan margarin.

Fungsi Penyimpanan Margarin

Jika Anda membeli margarin tentunya akan digunakan untuk campuran bahan dalam proses memasak. Dalam penggunaan tersebut umumnya sudah ada takaran terkait dengan berapa banyak margarin yang akan dipakai. Namun umumnya terdapat sisa margarin yang tidak terpakai.

Untuk penggunaan sehari-hari sisa margarin biasanya akan digunakan kembali nantinya, begitupun di dunia industri F&B. Penyimpanan margarin yang tepat nantinya akan menjaga kualitas margarin, sehingga dapat digunakan kembali.

Baca Juga:

Cara Penyimpanan Margarin

Daya tahan margarin yang bagus bukan berarti kita dapat menyimpannya dengan sembarangan. Terdapat cara penyimpanan margarin yang tepat agar margarin dapat bertahan lama dan kualitas margarin dapat terjaga. Berikut 7 cara penyimpanan margarin yang dapat Anda jadikan tiru sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

1. Simpan margarin di tempat yang kering

Jika Anda baru saja membeli margarin dari supermarket atupun warung kecil, Anda dapat menyimpannya di tempat yang kering. Penyimpanan margarin di tempat kering ditujukan agar margarin tidak terkontaminasi dari bahan cair apapun.

Karena sifat margarin yang mudah larut, Anda perlu memastikan tempat penyimpanannya kering atau tidak dapat terciprat air. Penyimpanan margarin juga bisa dilakukan dengan menggunakan wadah agar terhindar dari kontaminasi bahan cair lainnya.

2. Hindari sinar matahari secara langsung

Meskipun daya tahan margarin lebih baik dari mentega dalam hal kecepatan meleleh. Namun bukan berarti zat aditif pengemulsi pengganti mentega buatan ini dapat bertahan dari sinar matahari secara langsung.

Pastikan dengan tepat, tempat penyimpanannya tidak berada dekat dengan sumber-sumber panas. Jauhi area dekat kompor dan jendela karena dapat merusak tekstur dan kualitas dari margarin. Walaupun baru membeli dan belum membuka kemasannya, tetap saja tidak bisa bertahan dari sinar matahari langsung.

3. Simpan margarin dalam wadah tertutup  dan kedap udara

Ketika Anda membeli margarin dari supermarket ataupun tempat lainnya, pastinya produk sudah dalam keadaan tertutup rapat. Anda perlu menyimpan margarin menggunakan wadah tertutup yang kedap udara, walaupun masih dalam keadaan terbungkus.

cara penyimpanan margarin
(pinterest.com)

Sama halnya dengan margarin yang baru dibeli namun belum dibuka dan akan disimpan. Wadah kedap udara bisa mencegah pertumbuhan bakteri dan menjaga kualitas margarin dari segi tekstur dan rasa.

4. Simpan margarin dengan keadaan bersih

Proses penyimpanan tentunya akan memakan waktu dan lama penyimpanan dapat diatur sesuai kebutuhan. Penyimpanan margarin makin awet dan terhindar dari jamur, Anda harus memastikan nggak ada bahan makanan lain yang menempel saat disimpan.

Margarin yang akan disimpan dalam keadaan bersih tentunya akan membuat bentuk dan kualitasnya tidak banyak berubah ketika akan digunakan. Cara menyimpan margarin dalam keadaan bersih seperti ini bisa tahan sampai dua minggu, lho.

5. Masa penyimpanan margarin lebih lama dengan metode pencairan

Untuk industri food & beverage metode penyimpanan margarin secara cair dapat dengan mudah diaplikasikan untuk penyimpanan margarin. Zat aditif pengemulsi pengganti mentega ini bisa disimpan juga dalam wujud cair.

Cara penyimpanan ini dapat bertahan dalam jangka waktu dua hari di suhu ruangan. Ketahanannya juga dapat dioptimalkan sampai dengan tujuh hari jika margarin yang cair disimpan dalam kulkas.

6. Catat tanggal awal penyimpanan margarin

Pencatatan akan masuknya zat aditif pengemulsi pengganti mentega ke dalam media penyimpanan akan memudahkan Anda untuk tracking margarin. Cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan mencatat tanggal pada bagian wadah kedap udara.

Penulisan ditujukan untuk tanda sehingga kita dapat dengan mudah mengukur ketahanan bahan makanan tersebut. Bahan makanan lain juga dapat menggunakan metode ini ketika akan disimpan.

7. Jarang digunakan? simpan margarin di mesin pendingin

Margarin yang jarang digunakan tentunya memiliki alasan tertentu. Margarin yang jarang digunakan biasanya bukan karena tidak dipakai namun karena sisa margarin teralu banyak.

Sisa produk inilah yang yang nantinya bisa digunakan untuk bahan campuran makanan. Untuk skala industri pastinya akan menggunakan mesin pendingin seperti cold room. PND menyediakan cold room yang dapat digunakan juga untuk media penyimpanan margarin.

Dimensi, kapasitas, suhu, cold room PND dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Konsultasikan kebutuhan mesin pendingin untuk menunjang operasional bisnis Anda bersama PND Ice Making System.


PND Ice Making System adalah perusahaan penyedia mesin es dan ruang pendingin yang telah melayani project di seluruh Indonesia. Kami menyediakan mesin es tube dan mesin es cube untuk sektor konsumsi yang telah memenuhi standar food grade.

Bagi pelaku industri, PND juga menyediakan mesin es balok, mesin es slurry, dan mesin es flake yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim profesional kami sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top