Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

5 Cara Menyimpan Ikan dalam Freezer Supaya Awet, Sudah Tahu_

5 Cara Menyimpan Ikan dalam Freezer Supaya Awet, Sudah Tahu?

Ikan segar banyak dijadikan sebagai lauk bagi bisnis yang bergerak di bidang konsumsi, seperti restoran, rumah makan, dan kedai. Ikan segar harus segera dipindahkan ke tempat yang dingin. Untuk menjaga kesegaran ikan, Anda perlu memahami bagaimana cara menyimpan ikan dalam freezer.

Menyimpan ikan di freezer memiliki beberapa keuntungan bagi ikan Anda, seperti usia ikan yang lebih panjang sebab ikan menjadi lebih awet. Ikan yang berada di freezer dapat bertahan dari 4 sampai 6 bulan. Ikan yang berada di freezer juga tidak berkurang kandungan gizinya sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.

Kemudian, ikan dalam keadaan beku juga memiliki kualitas yang konsisten sebab bakteri tidak bisa berkembang di suhu dingin, sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada ikan.

Cara Menyimpan Ikan dalam Freezer

Cara menyimpan ikan harus dilakukan secara berurutan dan tidak melewatkan satu langkah pun. Hal itu bertujuan agar ikan yang disimpan bisa tetap terjaga kualitasnya. Anda dapat mengetahui lima cara menyimpan ikan dalam freezer pada penjelasan di bawah ini. Simak caranya di sini!

1. Keluarkan ikan dari plastik pembungkus

cara menyimpan ikan di freezer
(Unsplash)

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah langsung mengeluarkan ikan dari plastik pembungkusnya. Tujuannya adalah agar kualitas ikannya terjaga dan terbebas dari pembusukan.

Anda bisa mengeluarkannya dengan membuka plastik pembungkusnya secara perlahan, lalu pegang ikan tersebut dengan kedua tangan untuk memindahkan ke tempat lain. Ikan tersebut harus segera dikeluarkan dari pembungkusnya maksimal 2 jam setelah diambil.

2. Bersihkan ikan terlebih dahulu

Ikan yang telah dikeluarkan dari plastik pembungkus harus dibersihkan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tidak ada residu yang tertinggal sehingga ikan aman dikonsumsi. Sebelum membersihkan ikan, Anda perlu menyiapkan sendok, pisau, dan papan pemotong.

Cara membersihkannya adalah dengan membilas residu yang menempel di tubuh ikan dengan air yang mengalir. Selanjutnya adalah dengan membaringkan ikan di papan pemotong untuk proses pembukaan bagian tubuh ikan. Bagian perut ikan dibuka secara perlahan dengan pisau yang disusul dengan bagian kepala dan insangnya.

Setelah bagian kepala dan insangnya terpisah, Anda bisa memegang bagian kepalanya dan menarik bagian duri pada ikan. Kemudian Anda dapat memisahkan dagingnya dengan isi perutnya dengan menggunakan sendok.

3. Gunakan wadah kedap udara

Ikan yang telah melewati proses pembersihan harus dipindahkan ke wadah yang rapat. Mengapa? Agar tidak ada oksigen yang masuk ke dalam wadah dan kesegarannya tetap terjaga. Selain itu, supaya ikan Anda tidak mengalami mutung beku yang dapat diketahui dengan adanya es kristal di atas permukaan ikan.

Penggunaan wadah kedap udara bisa juga disubtitusikan dengan plastik vacuum atau zip yang dapat membungkus ikan dengan sangat rapat sehingga ikan tersebut lebih mudah untuk dibekukan.

4. Simpan di suhu rendah

cara menyimpan ikan dalam freezer
(Unsplash)

Freezer sebagai tempat untuk membekukan bahan makanan menjadi pilihan yang ideal untuk mengawetkan makanan. Ikan segar yang telah diletakkan di wadah atau plastik kedap udara dapat langsung diletakkan di freezer di suhu yang rendah.

Suhu di freezer cenderung berada pada angka di bawah nol. Anda dapat meletakkan ikan pada suhu -18°C. Pada angka tersebut, ikan dapat membeku secara maksimal sekaligus nutrisinya dapat tetap terjaga. Lalu, kadar air pada ikan masih tertinggal di dalamnya.

5. Pisahkan ikan dari bahan makanan lain

cara menyimpan ikan dalam freezer
(Unsplash)

Di dalam freezer biasanya terdapat berbagai jenis bahan makanan. Untuk menghindari adanya kontaminasi bau terhadap bahan makanan dan juga ikan, Anda perlu memisahkan ikan tersebut dari bahan makanan lain.

Kemudian, pembekuan pada ikan juga tidak bisa maksimal jika ikan berada di posisi yang berdekatan dengan bahan makanan lain. Maka dari itu, baik ikan maupun bahan makanan lain dapat diletakkan di posisi yang berbeda supaya pembekuan pada keduanya berjalan secara optimal.

Penutup

Freezer menjadi mesin pendingin yang tepat dalam menyimpan ikan karena pengaturan suhunya yang lebih dingin dibanding kulkas. Maka menyimpan ikan dalam freezer menjadi opsi bagi Anda dalam upaya menjaga kualitas ikan.

Cara menyimpan ikan yang bisa anda ikuti adalah dengan mengeluarkan ikan dari pembungkusnya, setelah itu membersihkannya. Pastikan Anda menggunakan wadah yang kedap suara. Anda juga perlu menyimpannya di suhu rendah.

Hal yang tidak kalah penting adalah memisahkan ikan agar bau ikan tidak tercampur dengan makanan lain. Ikan-ikan yang berada di dalam freezer pun akhirnya bisa digunakan untuk keperluan konsumsi dalam beberapa bulan kedepan.

Selain freezer, Anda dapat mempertimbangkan mesin es dan pendingin lainnya  untuk menyimpan produk ikan Anda. Salah satunya adalah Cold Room. Seluruh mesin tersebut dapa Anda temukan di PND. Untuk konsultasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi PND.


PND Ice Making System adalah perusahaan penyedia mesin es dan ruang pendingin yang telah melayani project di seluruh Indonesia. Kami menyediakan mesin es tube dan mesin es cube untuk sektor konsumsi yang telah memenuhi standar food grade.

Bagi pelaku industri, PND juga menyediakan mesin es balok, mesin es slurry, dan mesin es flake yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim profesional kami sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top