Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

Kenali Apa Itu Pakan Ikan Tenggelam

Kenali Apa Itu Pakan Ikan Tenggelam

Terdapat banyak jenis makanan ikan yang berdasarkan jenisnya, salah satunya pakan ikan tenggelam. Pembudidaya ikan perlu memastikan jenis pakan ikan yang tepat guna keberhasilan budidaya perikanan.

Penggunaan pakan jenis tersebut juga perlu diperhatikan karena jika berlebihan, bukannya menghasilkan ikan unggul tapi malah menumpuk menjadi limbah kolam budidaya.

Selanjutnya langsung kita bahas secara lengkap apa itu pakan ikan tenggelam?

Pakan Ikan Tenggelam?

Secara sederhana pakan ikan tenggelam adalah makanan hewan air yang memiliki masa waktu mengapung pada permukaan air kolam lebih cepat dari pakan lainnya. Makanan ikan ini cepat tenggelam saat ditebarkan di air dan merupakan jenis pellet yang memiliki kadar air yang tinggi, sehingga saat diberikan akan tenggelam ke dasar perairan.

Pakan Ikan Tenggelam
(Pinterest.com)

Bentuk pakan ikan tenggelam sama seperti makanan ikan lainnya, Tidak ada perbedaan signifikan secara bentuk namun kandungan air didalamnya yang berbeda. Hal ini dikarenakan makanan ikan ini harus memiliki kandungan air yang cukup banyak, supaya pakan langsung tenggelam ke bawah permukaan air.

Perbedaan Pakan Ikan Tenggelam dan Terapung

Pembudidaya dapat melihat perbedaan antara pakan tenggelam dan terapung dengan mudah pada label pakan tersebut. Terdapat beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangkan sebelum Anda membeli makananan ikan yang terapung atau tenggelam sebagai berikut:

  1. Berat bersih pakan ikan tenggelam adalah 50 kg/karung, sedangkan pakan terapung memiliki berat 30 kg/karung
  2. Tidak terdapat rongga udara pada pakan terapung, sedangkan pakan terapung memiliki rongga udara
  3. Pakan ikan tenggelam berpotensi rendah dalam limbah, sedangkan pakan terapung berpotensi tinggi akan limbah kolam

Pertimbangan Pemberian Pakan

Pembudidaya akan memahami kondisi yang tepat untuk ikan budidaya mereka. Terdapat keuntungan dan kelebihan yang dapat menjadi pertimbangan bagi pembudidaya dalam menggunakan pakan ikan tenggelam sebagai berikut.

Kelebihan pakan tenggelam

Tentunya makanan ikan jenis memiliki kunggulan sendiri yang dapat dijadikan pertimbangan anda. Pertimbangan di bawah ini berdasarkan apa yang terdapat di pasaran, seperti berikut ini:

  1. Harga lebih murah karena proses pembuatan lebih sederhana
  2. Daging ikan budidaya akan lebih padat
  3. Penyimpanan lebih ringkas

Kekurangan pakan tenggelam

Memiliki kelebihan bukan berarti pakan ikan ini tidak memiliki kekurangan, berikut kekurangan dari pakan ikan tenggelam sebagai berikut ini:

  1. Lebih mudah hancur atau leeching yang dapat membuat kualitas air menurun
  2. Kemungkinan masih ada zat antinutrisi sebab proses pemasakan yang meminimalisir penyerapan bahan pakan oleh ikan
  3. FCR dapat lebih besar dari pemberian pakan apung

Penggunaan Pelet Ikan Tenggelam

Penggunaan pelet tenggelam ini harus secukupnya, tidak boleh terlalu banyak. Hal ini berguna untuk menghindari banyaknya pakan mengendap di dasar kolam yang bisa meracuni ikan.

Makanan ikan biasanya diberikan pada masa akhir pemeliharaan dengan fokus pada pembentukan bobot atau berat ikan. Saat masa bertumbuh, ikan akan banyak bergerak dari bawah untuk menjemput pakan yang terapung di atas.

Masa menjelang panen, ikan cukup berada di bawah karena pakan meluncur ke dasar. Komoditas ikan yang dapat menggunakan pakan jenis ini juga perlu diperhatikan.

Jenis ikan untuk pakan tenggelam

Pada dasarnya semua jenis ikan dapat menggunakan jenis pakan ini. Terdapat batasan dalam memilih jenis hewan budidaya apa yang dapat efektif untuk pakan tenggelam.

Ikan yang tepat adalah ikan yang memiliki kebiasan berenang pada bagian dasar kolam. Pakan jenis ini tidak begitu cocok untuk ikan budidaya yang sering berenang pada permukaan air kolam.

Namun pakan jenis ini masih bisa diberikan pada kebiasan ikan tersebut. Cara yang tepat yaitu diberikan secara bergantian dengan pakan terapung dengan takaran yang kebih rendah dari pakan terapung.

pakan ikan tenggelam
(pinterest.com)

Adapun jenis hewan budidaya yang tepat untuk pakan tenggelam adalah ikan-ikan air tawar seperti ikan lele, ikan nila, ikan patin, dan berbagai ikan lainnya.

Penutup

Budidaya perikanan pada umumnya akan menghasilkan produk ikan untuk konsumsi. Namun ada banyak juga budidaya ikan hias. Namun untuk hasil produknya tentu sama-sama dipasarkan, salah satunya dalam kegiatan eskpor ikan ke luar negeri.

Baca Juga:

Keunggulan ikan konsumsi yang menjadi produk budidaya pastinya ada di faktor bobot serta kepadatan daging. Potensi tersebut dapat dioptimalkan melalui pakan ikan yang tepat sesuai komoditas ikan tertentu. Namun tentunya untuk usaha budidaya ikan yang ingin memasarkan produknya pasti membutuhkan mesin es untuk mempertahankan kesegaran ikan.

Ketahanan dan kesegaran ikan akan semakin maksimal jika menggunakan hes serpi yang memiliki bentuk optimal untuk mendinginkan produk. Mesin es tube PND menyediakan mesin es tube dalam berbagai tonase dan kapasitas, mulai dari kapasitas 1 ton hingga 25 ton per hari yang siap membantu operasional usaha budidaya ikan Anda.


PND Ice Making System adalah perusahaan penyedia mesin es dan ruang pendingin yang telah melayani project di seluruh Indonesia. Kami menyediakan mesin es tube dan mesin es cube untuk sektor konsumsi yang telah memenuhi standar food grade.

Bagi pelaku industri, PND juga menyediakan mesin es balok, mesin es slurry, dan mesin es flake yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim profesional kami sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top