Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

Ciri Ikan Segar

15 Ciri Ikan Segar Ala PND

Ciri ikan segar memilki banyak ketentuan dan kondisi tertentu.  Ikan merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan dengan gizi tinggi. Namun tidak semua ikan memiliki kandungan gizi yang tinggi. Pasalnya, kandungan protein akan berkurang jika ikan tersebut tidak segar lagi.

Lantas, Bagaimana kita bisa tahu ikan tersebut apakah masih segar dan masih layak untuk diolah menjadi makanan? Untuk mengetahui lebih lengkapnya, mari kita simak artikel di bawah ini!

Ciri Ikan Segar Aman Konsumsi

Berbicara mengenai beli-membeli, membeli ikan di pasar tidak boleh sembarangan. Pasalnya, ada beberapa pedagang nakal yang mencoba memanipulasi tampilan pada ikan yang tak segar. Misalnya seperti mengolesi boraks pada ikan supaya ikan tersebut terlihat segar.

Tentunya hal tersebut sangat berbahaya sekali, partner PND. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda perlu tahu ciri ikan segar yang layak diolah. Berikut ciri-cirinya:

1. Warna Ikan cerah dan mengkilap

Warna yang cerah dan mengkilat pada ikan segar menandakan bahwa ikan tersebut sehat dan telah ditangani dengan baik. Oleh karena itu, warna yang cerah dan mengkilat pada ikan segar merupakan tanda bahwa kondisinya baik dan tidak salah penanganan atau dibiarkan rusak.

Ciri ikan segar
(pinterest.com)

2. Aroma Ikan segar dan bersih

Ikan segar harus memiliki aroma yang bersih dan segar. Artinya, tidak boleh ada bau yang tidak sedap, seperti bau amis atau bau asam. Cara terbaik untuk menentukan apakah ikan itu segar adalah dengan menggunakan indra penciuman dan penglihatan Anda untuk mengevaluasi kualitasnya.

3. Tekstur daging ikan segar keras dan elastis

Tekstur daging ikan segar lembut dan elastis. Untuk mengeceknya, kamu cukup menekan bagian perut ikan dengan jari telunjuk. Jika ikan tersebut dapat kembali dengan sempurna, maka ikan tersebut masih segar. Namun apabila perut ikan tidak kembali sempurna, itu termasuk ikan yang tidak segar lagi.

4. Insang Ikan bewarna merah muda dan terlihat lembab

Ikan segar biasanya memiliki insang berwarna cerah, merah muda kemerahan, dan terlihat lembap. Terlihat lembab juga merupakan tanda kesegaran pada ikan, karena ini menunjukkan bahwa ikan tidak kehilangan kelembaban yang signifikan.

ciri ikan segar
(pinterest.com)

5. Mata ikan segar jernih dan sedikit menonjol

Ikan segar biasanya memiliki mata yang jernih dan sedikit menonjol. Mata yang jernih menandakan bahwa ikan tersebut sehat dan tidak mengalami kerusakan atau stres, sedangkan mata yang sedikit menonjol menandakan bahwa ikan tersebut relatif segar.  Secara umum, ikan dengan mata cerah dan jernih lebih cenderung segar dibandingkan ikan dengan mata kusam atau keruh.

ciri ikan segar
(pinterest.com)

6. Sisik ikan segar utuh dan mengkilat

Ciri ikan segar selanjutnya yaitu melihat bagaimana keadaan dari sisik ikan tersebut. Jika sisik ikan masih sulit untuk di rontokoan berarti ikan tergolong masih segar. Namun jika sisik ikan mudah untuk terlepas ikan tersebut sudah dalam keadaan yang tidak segar lagi. Sisik yang mengkilat juga pertanda ikan masih segar.

sisik
(pinterest.com)

7. Kulit ikan segar lembab dan berkilau

Kulit ikan segar akan terasa lembab ketika kita menyentuhnya. Dari kejauhan kita dapat melihat kulit ikan yang segar terlihat berkilauan memantulkan cahaya matahari. Sedangkan ikan yang sudah tidak segar memiliki kulit kering yang mudah sobek dan terlihat kusam.

ciri ikan segar
(pinterest.com)

8. Sirip ikan segar kokoh dan bentuknya bagus

Sirip ikan segar memiliki bentuk yang fit dengan tubuh ikan. Saat dipegang sirip ikan segar kokoh dan tidak mudah rapuh. Jika tanda-tanda tersebut tidak ada pada ikan yang ingin Anda beli maka sebaiknya pikirkan kembali.

9. Mulut ikan segar mengatup atau tertutup

Perlu diperhatikan bagaimana cara ikan segar itu dijual di pasaran, apakah ikan itu digantung atau diletakan di etalase. Ikan yang diletakan di etalase dan mulutnya dibuka artinya ikan itu tidak segar lagi. Kesegaran Ikan yang mulutnya terbuka tidak begitu segar untuk dimasak.

10. Ikan segar dapat tenggelam di air

Ciri ikan segar selanjutnya yaitu dapat tenggelam saat sudah tidak hidup. Sebaliknya, jika ikan tersebut mengapung di permukaan air, bisa jadi pertanda bahwa ikan cenderung busuk sudah tidak layak untuk dimasak.

11. Ekor ikan segar kaku

Kondisi pada ekor ikan menjadi penanda bahwa ikan itu masih segar atau tidak. Ekor ikan yang masih terasa kaku saat dipegang menandakan ikan itu masih segar. Sebaliknya jika ekor ikan itu saat dipegang terasa lemas maka ikan sudah tidak segar lagi.

ekor
(pinterest.com)

12. Dubur ikan pucat

Kondisi pada dubur ikan dapat dijadikan sebagai penentu kesegaran pada ikan. Bagian dubur ikan segar umumnya terlihat bewarna merah muda. Sedangkan ikan yang sudah tidak segar, bagian duburnya akan menonjol keluar dan terlihat pucat.

dubur
(pinterest.com)

13. Badan ikan utuh

Jika membeli ikan Anda harus memperhatikan kelengkapan badan ikan. Jika badan ikan sudah ada yang terkoyak atau tidak lengkap, artinya ikan tersebut sudah dalm keadaan yang tidak segar karena proses penyimpanan yang salah.

14. Lendir ikan segar terlihat bening

Perlu diperhatikan ciri ikan segar dengan melihat lendir ikan. Lendir ikan yang merata di atas ikan, bening dan tidak berbau menandakan ikan masih segar. Namun jika lendir ikan keruh, kotor dan berbau asam menandakan ikan itu sudah masuk ke tahap pembusukan.

15.Tidak berformalin

Ikan yang diawetkan menggunakan formalin memiliki bola mata yang tenggelam, keruh dan berlendir. Insangnya bewarna pucat agak keputihan. Jika ikan tidak dalam kondisi tersebut maka ikan bebas dari formalin.

Nah, itu dia beberapa ciri ikan segar yang layak Anda beli dan dimasak. Semoga Partner PND dapat terbantu dari informasi tersebut, namun jika Anda memiliki bisnis yang perlu untuk menjaga kesegaran produk ikan agar tahan lama.

Tak perlu khawatir, PND menyediakan berbagai macam mesin es untuk menunjang operasional bisnis di sektor perikanan. Cek mesin es untuk perikanan hanya di PND.

Baca Juga:


PND Ice Making System adalah perusahaan penyedia mesin es dan ruang pendingin yang telah melayani project di seluruh Indonesia. Kami menyediakan mesin es tube dan mesin es cube untuk sektor konsumsi yang telah memenuhi standar food grade.

Bagi pelaku industri, PND juga menyediakan mesin es balok, mesin es slurry, dan mesin es flake yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim profesional kami sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top