Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

es untuk ikan

3 Jenis Es Untuk Ikan

Bahan makanan komoditas perairan memang membutuhkan pendingingan, salah satunya es untuk ikan. Es ini tentunya akan berperan dalam operasional bisnis usaha untuk produk perikanan. Pemakaian es ini sangat berjumlah besar untuk meningkatkan kulaitas produk.

Banyak hal yang menjadi alasan mengapa pemakaian es pada produk laut ini penting dan sangat dibutuhkan. Bagi Anda yang memiliki usaha ataupun bisnisn yang menghasilkan produk ikan tentunya perlu memperhatikan artikel ini. Simak secara lengkap pembahasan es untuk ikan dalam artikel berikut ini.

Jenis Es Untuk Ikan

Es ini sendiri merupakan air yang dibekukan dan memiliki tekstur padat. Es memiliki banyak bentuk dan dapat terlihat transparan atau warna kebiru-biruan yang kurang lebih buram. Bentuk es yang terbentuk alami di alam bebas memiliki bentuk yang acak dan cenderung akan tajam.

Namun untuk es yang di cetak dari mesin es dapat membentuk es yang sesuai kita inginkan. Jenis es untuk ikan ini juga memiliki bentuk yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Begitu pula dengan mesin es yang digunakan dapat disesuaiakan dengn pengggunaannya.

Terdapat 3 jenis es untuk ikan yang dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi guna menjaga produk perikanan Anda. Berikut 3 jenis es untuk ikan, yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga:

Es balok untuk ikan

Es balok bukanlah jenis es untuk konsumsi, meskipun masih ada masyarakat yang menggunakannya sebagai es untuk minuman. Jenis es ini sangat populer di sektor perikanan dan kelautan karena biasa digunakan untuk menjaga kesegaran tangkapan hasil laut. Bagi Anda pelaku bisnis sektor perikanan seperti bisnis ekspor ikan laut, tentu tidak asing dengan mesin es balok.

Es untuk ikan
(pinterest.com)

Ukuran es balok dapat disesuaikan untuk pemakaian pada perikanan. Penggunaan es balok pada ikan umumnya menggunakan mesin crusher. Balok es tersebut dihancurkan terlebih dahulu supaya berat dari es tersebut tidak merusak ikan.

Es flake untuk ikan

Es ini berbentuk serpihan kering kecil, tidak menggumpal, dan tanpa tetesan air dengan ketebalan sekitar 1,8 mm – 2 mm. Bentuk es flake ini tumpul sehingga tidak akan merusak produk ikan yang disimpan.

Ukuran es serpih yang kecil juga membuat proses pendinginan menjadi lebih efektif karena dapat menutupi seluruh permukaan bahan. Es flake dapat langsung digunakan guna di tebar sehingga ikan tertimbun dan proses pendinginan lebih cepat.

es untuk ikan
(pinterest.com)

Penggunaan es flake termasuk cara jitu guna menjaga kualitas produk ikan. Jenis es ini merupakan es yang paling cocok guna mendinginkan produk laut segar hasil tangkapan yang siap dijual.

Es slurry untuk ikan

Es slurry ini berbentuk seperti bubur dengan ukuran kecil yang memiliki tekstur lembut.  Jenis es slurry cocok digunakan guna mendinginkan ikan karena dapat masuk ke bagian dalam produk ikan.

es untuk ikan
(pinterest.com)

Sehingga kualitas ikan akan terjaga karean pendinginan yang lebih optimal. Penggunaan es jenis ini dapat langsung digunakan di atas kapal saat proses menangkap ikan.

Mesin es slurry sangat fleksibel dan mudah diaplikasikan diatas kapal. Hal ini karena bahan baku pembuatan es untuk ikan ini dapat menggunakan air yang mengandung garam dengan kadar yang tinggi, seperti air laut.

Alasan Kenapa Harus Pakai Es Untuk Ikan

Ikan merupakan bahan pangan yang mudah rusak jika tidak ditangani dengan benar. Proses pembusukan ikan akan semakin cepat apabila kondisi suhu semakin tinggi. Setiap kenaikan suhu sekitar 5°C, laju pembusukan akan meningkat sekitar 2 kali lipat dari biasanya.

Proses pembusukan ikan sudah dimulai sejak ikan mati. Maka dari itu es batu digunakan guna mendinginkan ikan yang sudah ditangkap. Alasan lainnya kenapa harus menggunakan es untuk ikan, sebagai berikut:

Es adalah media pendingin yang aman

Mengawetkan ikan dengan es batu adalah salah satu cara yang paling aman karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya. Bentuk es batu juga dapat disesuaikan sehingga tidak merusak produk ikan.

Ketika es batu mencair pun tidak akan membahayakan ikan. Hal ini karena fungsi lelehan es batu yang cair berfungsi menghanyutkan bakteri, berfungsi menghanyutkan bakteri. Sehingga produk ikan akan menjadi lebih bersih sebelum dipasarkan.

Harga es yang murah

Selain itu, harga es batu jauh lebih murah dan mudah digunakan. Penggunaan es batu tidak akan menyebabkan kerusakan pada ikan apabila dilakukan dengan benar. Dengan es batu, kondisi tubuh ikan akan tetap terasa dingin dan lembap.

Es batu tidak hanya digunakan pada produk ikan yang dijual di swalayan ataupun menjaga kesegaran tangkapan ikan. Pemakaian es untuk ikan ini akan efisien dari segi harga karena harga yang murah serta dapat diproduksi secara cepat.

Fungsi Es Untuk Ikan

Fungsi ini dapat diaplikasikan ke berbagai kondisi produk ikan itu sendiri. Mulai dari ikan tangkapan langsung, ikan segar di etalase, produk ikan beku dan lain-lain.

Mengawetkan ikan dengan es batu sudah dilakukan sejak dahulu. Fungsi ini merupakan kegunaan yang paling penting. Berikut fungsi lainnya dari es untuk ikan:

  1. Menurunkan suhu ikan sampai mendekati 0 derajat C, sehingga kandungan nutrisi tetap terjaga
  2. Mempertahankan suhu ikan tetap dingin sehingga kesegaran ikan tetap terjaga
  3. Mempertahankan keadaan berudara aerobik pada ikan, selama pengemasaan.
  4. Menghambat perkembang biakan bakteri pembusuk yang ada pada ikan.
  5.  Menjaga kualitas ikan saat pendistribusian dan juga pemasaran etalase toko swalayan.

Itulah sekilas pembahasan mengenai 3 jenis es untuk ikan, bagi Anda yang memiliki bisnis di bidang perikanan dan ingin kualitas produk ikan anda terjaga, pastinya harus menggunakan mesin es berkulitas. PND menyediakan mesin es balok, mesin es slurry, dan mesin es flake yang siap menunjang operasional bisnis perikanan Anda.


PND Ice Making System adalah perusahaan penyedia mesin es dan ruang pendingin yang telah melayani project di seluruh Indonesia. Kami menyediakan mesin es tube dan mesin es cube untuk sektor konsumsi yang telah memenuhi standar food grade.

Bagi pelaku industri, PND juga menyediakan mesin es balok, mesin es slurry, dan mesin es flake yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim profesional kami sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top