Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

cold room pndice

Jenis Jenis Mesin Pendingin Beserta Kegunaannya

Terdapat banyak jenis jenis mesin pendingin yang biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Mesin pendingin sering kita temui sebagai mesin pembuat es batu dan pendingin ruangan.

Pengertian mesin pendingin adalah suatu rangkaian mesin yang mampu bekerja untuk menghasilkan temperatur rendah. Sehingga suhu di sekitarnya diharapkan dapat menjadi turun melalui proses rekayasa.

Masing-masing jenis mesin pendingin mempunyai kegunaan tertentu. Sebagai contoh mesin pendingin es yang berguna dalam memproduksi es, pada akhirnya manusia memperoleh manfaat es batu.

Kemudian mesin pendingin ruangan, di mana kegunaannya untuk merekayasa temperatur udara di dalam ruangan. Sehingga walaupun suhu lingkungan panas, di suatu ruangan tertentu masih bisa terasa sejuk.

Sejarah Teknik Pendinginan

Menurut artikel elearning IPB, teknik pendinginan secara ilmiah mulai berkembang sejak abad ke-17. Diawali dengan eksperimen Robert Boyle di Inggris dan Mikhail Lomonossov di Rusia terkait pemantulan efek panas dan dingin.

Kemudian berkat tulisan Sadi Carnot pada tahun 1824, menginspirasi para ilmuwan untuk melakukan penelitian mengenai termodinamika dan sistem pendinginan.

James Horrison (1816-1893) kemudian berhasil membuat mesin pendingin sistem kompresi uap berskala industri yang bekerja dengan baik. Ia pun mematenkannya tahun 1855, 1856 dan 1857.

Dari penemuan-penemuan tersebutlah cikal bakal munculnya jenis jenis mesin pendingin yang banyak kita temukan saat ini. Bahkan dalam hal mesin pembuat es, telah banyak berkembang mesin es yang dapat membuat jenis es batu yang bermacam-macam.

Siklus Mesin Pendingin

Secara termodinamika, siklus mesin pendingin yang paling ideal adalah siklus mesin carnot terbalik. Namun sayangnya dalam kasus nyata, siklus mesin carnot yang bisa menghasilkan efisiensi tinggi sangat sulit dicapai.

Konsep siklus carnot sebagai mesin pendingin mengubah energi mekanik untuk menyerap panas dari suatu tempat kemudian membuangnya di tempat lain. Oleh karena itu, dalam beberapa kasus mungkin Anda mendapati udara panas di bagian pembuangan mesin pendingin.

Jenis Jenis Mesin Pendingin

Seperti yang telah disampaikan di awal, terdapat beberapa jenis mesin pendingin yang biasa digunakan. Berikut ini penjelasan macam macam mesin pendingin beserta kegunaanya yang perlu Anda ketahui, simak sampai selesai.

1. Kulkas

Di masyarakat secara umum, kulkas sering juga disebut sebagai lemari es dan menjadi perangkat elektronik untuk rumah tangga. Walaupun demikian, kegunaan kulkas hanya untuk mendinginkan terutama untuk bahan makanan ataupun minuman. Tujuannya agar bahan makanan yang cepat rusak menjadi lebih tahan lama.

Jenis mesin pendingin kulkas ini tidak bisa untuk pembekuan. Menurut panduan badan obat dan makanan Amerika, batas aman suhu kulkas adalah 4 derajat celcius. Sedangkan titik beku air menurut LiveScience adalah 0 derajat celcius.

2. Freezer

Banyak yang tertukar antara kulkas dan freezer, padahal keduanya sangat berbeda. Jika kulkas digunakan untuk peralatan elektronik rumah tangga, freezer lebih sering digunakan oleh warung atau toko yang menjual minuman beku. Hal ini karena jenis mesin pendingin freezer berfungsi untuk mendinginkan dan membekukan berbagai jenis minuman.

Menurut badan obat dan makanan Amerika (FDA) temperatur freezer harus di 0 derajat Fahrenheit atau setara dengan -18 derajat celcius. Dengan begitu jelas segala minuman yang berada di dalamnya akan membeku karena di bawah titik beku air.

3. Air Conditioner (AC)

Jenis mesin pendingin berikutnya adalah AC atau kepanjangannya Air Conditioner dalam bahasa Indonesia berarti pendingin ruangan. Tentu saja Anda sudah mengetahui jenis pendingin ini karena sudah terkenal sebagai pendingin ruangan.

AC sendiri memiliki dua bagian utama, yaitu AC bagian indoor dan AC outdoor. Bagian AC indoor adalah perangkat yang berada di dalam ruangan berfungsi untuk pendingin.

Sedangkan bagian AC outdoor biasanya terletak di luar ruangan berbentuk seperti kipas angin. Fungsinya sebagai tempat pembuangan udara panas.

4. Cold Room

Terakhir, yang termasuk ke dalam jenis mesin pendingin adalah cold room. Cold room atau sering juga disebut cold storage dalam bahasa Indonesia berarti ruang dingin. Biasanya digunakan untuk mengawetkan bahan makanan seperti ikan, sayur, daging, minuman bahkan es krim dalam jumlah yang banyak.

Cold room sangat berguna bagi kapal penangkap ikan di laut yang memerlukan waktu berhari-hari di tengah laut. Selain itu, juga sangat berguna bagi pengusaha supplier daging sebelum mendistribusikannya. Tujuan utamanya tentu agar hasil ikan tangkapan, daging ayam atau sapi tidak cepat busuk.

Kapasitas cold room mulai dari 3 ton sampai 10 ton, bahkan juga bisa lebih dari itu. Suhu yang biasa digunakan dari 10 sampai -25 derajat celcius dan tergantung desain cold room-nya.

Penutup

Nah itulah penjelasan terkait dengan jenis-jenis mesin pendingin beserta kegunaannya. Semoga dengan adanya penjelasan tersebut Anda sudah tidak kebingungan lagi membedakan antara kulkas dan freezer. Serta membedakan antara cold room dan air conditioner.

Jika Anda mencari cold room sebagai penyimpanan kapasitas besar untuk mengawetkan bahan makanan, ikan, daging, sayuran, maka PNDICE adalah solusinya. Kami merupakan perusahaan yang bergerak sebagai distributor cold room berkapasitas 3 ton atau lebih dengan mengacu kriteria standar Eropa.

Selain itu, perusahaan kami telah melayani lebih dari 100 project yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga terjamin aman serta memiliki kualitas yang tinggi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top