Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

usaha sampingan untung besar

10 Ide Usaha Sampingan Untung Besar di Tahun 2023

Dalam memenuhi kebutuhan hidup, terkadang tidak bisa mengandalkan satu sumber penghasilan saja. Banyak orang yang memutuskan mencari penghasilan tambahan. Namun seringkali mereka merasa bingung bagaimana cara memulainya. Artikel ini akan memberikan sejumlah ide untuk memulai usaha sampingan untung besar.

Idealnya usaha sampingan dapat dijalankan tanpa mengganggu kegiatan lainnya. Usaha ini juga memberikan  keuntungan yang besar. Bidang usaha yang bisa Anda mulai di tahun 2023 ini adalah bidang Food and Beverage (FnB) yang menjadi kebutuhan setiap manusia.

Usaha sampingan di bidang Food and Beverage (FnB) memiliki peluang yang tinggi untuk dijadikan sebagai usaha sampingan karena tingginya permintaan oleh konsumen. Selain itu, usaha ini juga terbukti stabil selama pandemi. Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan 10 ide usaha sampingan untung besar di bawah ini.

1. Usaha warung makan

bisnis sampingan untung besar
(Pixabay)

Warung makan bisa menjadi usaha sampingan andalan mengingat banyak orang yang singgah di warung tersebut pada waktu-waktu makan. Anda tetap dapat melakukan pekerjaan utama Anda sambil menjalankan usaha warung makan.

Usaha sampingan ini membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Namun usaha warung makan bisa bertahan lama dan pastinya memberikan keuntungan yang besar. Anda dapat mendirikan warung dekat di tempat yang strategis dan tentunya menyediakan lauk pauk yang sesuai dengan selera konsumen.

2. Usaha katering

bisnis sampingan untung besar
(Pixabay)

Makanan adalah kebutuhan pokok bagi siapa pun. Namun seringkali manusia dilanda kesibukan yang membuat mereka tidak sempat memasak makanan. Maka dari itu, Anda dapat menjadikan usaha katering sebagai peluang dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Anda bisa memulai usaha katering untuk berbagai kebutuhan sesuai dengan modal yang Anda miliki, seperti katering harian sampai bulanan, katering untuk program diet, katering untuk orang kuliahan dan kantoran, serta katering khusus acara-acara tertentu.

3. Usaha frozen food

bisnis sampingan untung besar
(Pixabay)

Frozen food adalah aneka olahan makanan yang dibekukan pada suhu tertentu. Olahan makanan ini bisa menjadi makanan instan yang bisa dimasak dengan cepat. Kelebihan frozen food adalah dapat bertahan lama tanpa penggunaan pengawet.

Dalam memilih lauk pauk, terkadang orang membutuhkan kepraktisan untuk mengonsumsinya. Anda bisa menjadikan usaha frozen food sebagai opsi usaha sampingan. Frozen food yang biasa dijual adalah nugget, sosis, bakso, dimsum, dan kentang.

4. Usaha ayam potong

bisnis sampingan untung besar
(Pixabay)

Ayam potong adalah komponen utama dalam berbagai bisnis konsumsi saat ini. Banyak sekali tempat makan yang menjadikan ayam sebagai lauk utama karena dapat diolah menjadi berbagai macam lauk. Hal ini bisa menjadi ide bagi Anda dalam memulai usaha sampingan.

Usaha ayam potong cocok bagi Anda yang ingin memulai usaha dengan modal yang minum tetapi perputaran modalnya cepat. Anda bisa menggunakan ayam pedaging sebagai komoditas usaha ayam potong ini.

5. Usaha sayuran potong

bisnis sampingan untung besar
(Pixabay)

Dalam berbagai masakan biasanya terdapat sayuran. Keberadaan sayuran yang begitu vital bagi masakan Indonesia dapat menjadikan usaha sayuran sebagai ide. Memasak sayuran terkadang membutuhkan waktu untuk memotong sayuran. Kepraktisan dalam memasak menjadi kebutuhan banyak orang.

Anda dapat menjadikan sayuran sebagai usaha sampingan yang selanjutnya bisa dijual dalam keadaan segar. Besaran modal yang dibutuhkan bergantung pada kuantitas sayuran. Anda perlu menyiapkan kemasan yang sesuai dengan ukuran sayuran potong.

6. Usaha bumbu masak instan

bisnis sampingan untung besar
(Pixabay)

Apa pun yang berada di sekitar Anda bisa menjadi peluang usaha, termasuk usaha bumbu masak. Saat proses memasak sajian, pasti membutuhkan bumbu sebagai penyedap rasa. Namun dalam memasak satu menu saja terkadang tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk menyiapkan bumbu masak.

Usaha sampingan ini tentunya menjadi peluang besar bagi Anda dalam menyiapkan berbagai bumbu menjadi bumbu instan. Penggunaan bumbu masak instan dapat terbukti lebih praktis dari segi waktu.

7. Usaha kue kering

(Pixabay)

Kue kering menjadi kesukaan semua orang maka terjadi kenaikan permintaan saat perayaan tertentu. Mengenai hal itu, Anda dapat menjadikan momentum ini untuk memulai usaha sampingan kue kering. Jenisnya yang beraneka ragam dapat Anda tentukan sesuai dengan selera konsumen.

8. Usaha jajanan pasar

(Pixabay)

Usaha sampingan dengan modal minim tetapi keuntungan besar yang bisa Anda coba adalah usaha jajanan pasar. Biasanya jenis makanan ini dicari di waktu pagi hari. Keberadaan jajanan pasar sebagai camilan menjadikannya begitu dibutuhkan oleh konsumen dari berbagai kalangan.

Untuk memulai usaha jajanan pasar, Anda dapat menjajakan berbagai varian jajanan yang paling disukai para konsumen. Varian dari jajanan pasar yang biasa dicari adalah lontong, klepon, lemper, risol, kue sus, pastel, dan semacamnya. Waktu terbaik dalam memasarkan usaha sampingan ini adalah di waktu pagi hari.

9. Usaha minuman kekinian

(Pixabay)

Minuman sebagai pendamping dari makanan bisa menjadi peluang untuk dijadikan sebagai usaha sampingan. Saat ini banyak orang yang menyukai minuman kekinian karena rasanya yang lezat dan bisa ditemukan di manapun. Minuman kekinian menjadi kesukaan penikmat rasa manis.

Anda perlu mengetahui apa saja jenis minuman kekinian yang dibutuhkan di sekitar. Lalu siapkan juga modalnya sesuai dengan target konsumen Anda.

10. Usaha es kristal

(Pixabay)

Es kristal adalah jenis es yang dibutuhkan dalam bisnis konsumsi. Jenis es ini selalu digunakan dalam minuman dengan fungsi memberikan efek dingin. Kebutuhan es kristal yang selalu meningkat dapat memberikan peluang usaha sampingan, yaitu usaha es kristal.

Hal yang perlu Anda ketahui sebelum memulai usaha sampingan es kristal adalah mengetahui jenis-jenis es kristal. Es ini memiliki dua jenis, yaitu es cube dan es tube. Kedua jenis es ini dihasilkan melalui mesin es kristal yang berbeda, yaitu mesin es cube dan mesin es tube.

Pemilihan mesin es kristal perlu dilakukan dengan cermat karena dapat mempengaruhi kualitas hasil es. Mesin es kristal yang berkualitas harus terbuat dari material food grade. Untuk menemukan mesin es dengan ciri tersebut, Anda dapat menghubungi PND sebagai penyedia mesin es terbaik.

Baca Juga


PND Ice Making System adalah perusahaan penyedia mesin es dan ruang pendingin yang telah melayani project di seluruh Indonesia. Kami menyediakan mesin es tube dan mesin es cube untuk sektor konsumsi yang telah memenuhi standar food grade.

Bagi pelaku industri, PND juga menyediakan mesin es balok, mesin es slurry, dan mesin es flake yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim profesional kami sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top