Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

Ketahui Apa Itu Urban Farming?

Ketahui Apa Itu Urban Farming?

Apa itu urban farming? sederhananya ini suatu konsep pertanian dibuat untuk menyesuaikan kondisi lingkungan. Dalam konteks ini pertanian urban atau urban farming dilakukan di area kota. Tren pertanian ini sangat digemari oleh masyarakat kota, terlebih lagi setelah pandemi melanda.

Masyarakat yang tidak bisa berkegiatan secara leluasa akibat pandemi, memulia tren urban farming sebagai kegiatan baru. Penanaman dalam konsep pertanian urban ini diawali dengan benih holtikultura.

Animo masyarakat sangat tinggi dengan tren merupakan dukungan untuk pertanian Indonesia, terutama subsektor hortikultura. Secara lebih lengkap, simak artikel berikut ini mengenai apa itu urban farming?

Mengenal apa Itu urban farming?

apa itu urban farming
(pinterest.com)

Konsep urban farming merupakan pertanian perkotaan yang menggunakan praktik menanam, memanen, dan mendistribusikan makanan di atau sekitar kota atau daerah perkotaan.  Urban farming cocok untuk masyarakat perkotaan yang mayoritas memiliki lahan terbatas. Pertanian perkotaan ini juga memerlukan pemupukan untuk hasil lebih baik.

Pertanian perkotaan telah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir kebelakang. Hal ini sebagai cara untuk meningkatkan kualitas makanan segar dan  untuk mempromosikan kelestarian lingkungan.

Baca Juga:

Manfaat dari urban farming

Kegiatan menanam pastinya akan ada banyaknya manfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Tentunya ada banyak beragam hal positif yang bisa diambil mengenai konsep pertanian ini. Berikut manfaat dari pertanian dengan konsep urban ini:

1. Peningkatan makanan segar dan sehat

Pertanian urban dapat menyediakan sumber produk segar yang ditanam secara lokal di daerah perkotaan, yang mungkin memiliki akses terbatas ke toko bahan makanan atau pasar petani. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah kerawanan pangan dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

2. Kelestarian lingkungan urban

Urban farming dapat mengurangi jarak yang dibutuhkan makanan untuk melakukan perjalanan dari pertanian ke meja makan, yang dapat mengurangi jejak karbon dari sistem pangan. Pertanian urban ini juga dapat mengurangi jumlah lahan dan air yang dibutuhkan untuk produksi pangan, dan dapat membantu mengurangi dampak urbanisasi terhadap lingkungan.

3. Urban farming meningkatkan perekonomian

Urban farming dapat menjadi sumber pendapatan bagi penduduk perkotaan yang berpartisipasi dalam produksi dan penjualan makanan. Ini juga dapat menciptakan lapangan kerja dalam sistem pangan lokal dan merangsang kegiatan ekonomi masyarakat sekitar.

4. Urban farming, sumber solidaritas

Pertanian urban dapat menyatukan orang dan menciptakan rasa kebersamaan di daerah perkotaan. Ini dapat memberikan ruang bagi orang untuk terhubung satu sama lain dan dengan alam, dan dapat menjadi sumber pendidikan dan pertumbuhan pribadi.

5. Kesehatan mental yang lebih baik

Pertanian urban dapat memberikan tujuan dan pencapaian, dan dapat menjadi bentuk penghilang stres. Itu juga dapat memberikan rasa terhubung dengan alam, yang telah terbukti memiliki efek positif pada kesehatan mental.

6. Urban farming mengurangi emisi karbon

Sebuah studi tahun 2019 menunjukkan bahwa rata-rata, 30% jarak yang digunakan untuk membeli makanan ke tempat penjualan makanan segar, menghasilkan emisi tahunan sebesar 3,3 juta metrik ton CO2. Dengan adanya pertanian urban, jarak tempuh membeli makanan berkurang secara signifikan karena makanan ditanam di dekat tempat tinggal Anda, yang mengurangi emisi karbon.

7. Urban farming menjadi media pembelajar

Pertanian perkotaan ini dapat menjadi media pembelajaran untuk murid-murid sekolahan. Hal ini memberikan kesempatan unik untuk mengajar siswa tentang produksi pangan dan pertanian.

Siswa mendapatkan pengalaman langsung dengan program “mengenal sistem pertanian modern”. Pembelajaran langsung juga melampaui pertanian dan ke dalam kelas, dengan konten kurikulum yang mendukung dikembangkan dalam praktek pembelajaran.

Jenis-jenis pertanian urban

Sistem pertanian kota ini terdapat beragam jenis yang bisa Anda jadikan pilihan untuk kegiatan baru. Beragam jenis sistem pertanian ini merupakan pengembangan dari pemanfaatan ruang dan media tanam di daerah perkotaan. Berikut ini jenis urban farming yang dapat Anda ketahui:

  1. Community gardens

    apa itu urban farming
    (pinterest.com)

    Ini adalah sebidang tanah dalam komunitas yang digunakan untuk menanam makanan dan tanaman lainnya. Urban farming ini dapat dikelola oleh individu, organisasi, atau sekelompok orang yang bekerja sama.

  2. Rooftop gardens

    apa itu urban farming
    (pinterest.com)

    Sistem pertanian ini adalah taman yang ditanam di atap gedung. Taman atap dapat digunakan untuk menanam berbagai tanaman yang berbeda, termasuk sayuran, herba, dan bunga.

  3. Vertical urban farming

    apa itu urban farming
    (pinterest.com)

    Ini adalah jenis pertanian urban yang melibatkan penanaman tanaman dalam orientasi vertikal, menggunakan lapisan atau kolom bertumpuk. Pertanian vertikal dapat dilakukan di dalam atau di luar ruangan, dan dapat digunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman.

  4. Aquaponic

    apa itu urban farming
    (pinterest.com)

    Ini adalah jenis urban farming yang menggabungkan akuakultur (budidaya ikan) dengan hidroponik (budidaya tanaman dalam air). Dalam sistem aquaponik, limbah yang dihasilkan ikan digunakan untuk menyuburkan tanaman, dan tanaman menyaring air untuk ikan.

  5. Urban orchards

    apa itu urban farming
    (pinterest.com)

    Ini adalah kebun pohon buah skala kecil yang ditanam di daerah perkotaan. Kebun buah-buahan di perkotaan dapat menyediakan sumber buah segar yang ditanam secara lokal dan dapat membantu meningkatkan keragaman sistem pangan lokal.

Penutup

Secara keseluruhan mengenai apa itu urban farming, sejauh ini terdapat banyak manfaat yang sangat positif yang dapat diambil untuk kehidupan manusia. Proses kegiatan urban farming juga dapat memiliki peluang bisnis yang menjajikan. Hal ini dikarenakan sistem pertanian ini dapat menghasilkan hasil pertanian yang dapat dipasarkan.

Untuk menunjang operasional dari hasil urban farming ini tentunya Anda membutuhkan ruangan pendingin untuk menjaga kualitas produk holtikultura ini. Jika Anda membutuhkan penyimpanan dingin untuk mempertahankan keunggulan produk bisnis Anda, Cold room PND hadir dan siap membantu petani urban farming untuk mempertahankan produk pertanian Anda.

Baca Juga:


Komoditas-komoditas panen yang unggul tentunya dihasilkan melalui sistem pertanian dan agrikulutur yang terbaik untuk kebutuhan pangan. Bila Anda memiliki usaha di sektor pertanian dan agrikultur, Anda bisa menggunakan mesin cold storage Kami untuk menjaga ketahanan kualitas hasil produk panen Anda.

PND Ice Making System menyediakan berbagai mesin es berkualitas dan ruang pendingin yang dapat mendukung operasional bisnis Anda. Kami berkomitmen memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan dukungan layanan aftersales, garansi, dan kemudahan pembayaran melalui sistem kredit. Temukan solusi kebutuhan mesin es dan ruang pendingin Anda hanya di PND Ice!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top