Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

cara membuat es batu bening

Cara Membuat Es Batu Bening dengan Mudah

Pertanyaan yang acap kali muncul ketika hendak membuat es batu adalah bagaimana cara membuat es batu agar tampak bening? Membuat es batu tergolong mudah, tapi seringkali kita temukan beberapa es batu ternyata ada yang tidak bening.

Bahkan beberapa mungkin berwarna putih, dan terdapat gelembung-gelembung udara di dalamnya. Tentu saja tampilan es batu yang seperti itu menjadi kurang bagus bukan? Nah, untuk mengetahui cara membuat es batu bening, silahkan simak artikel berikut sampai selesai ya!

Kenapa harus es batu bening?

Selain tidak menarik, ada alasan lain kenapa harus bening. Es batu bening cenderung lebih susah meleleh karena tidak terdapat gelembung-gelembung udara, sehingga menjadi lebih padat. Sedangkan tipe es batu putih dan agak bergelembung lebih mudah meleleh seperti ditulis oleh Zika dalam artikel merdeka.com.

Ciri Es Batu yang Sehat

Cukup banyak manfaat es batu dalam kehidupan sehari-hari. Tapi bagaimana ciri es batu yang sehat itu?

Es batu yang sehat tentu saja akan aman dikonsumsi baik untuk campuran pendingin minuman maupun sekedar untuk mengunyah. Bahan utama untuk membuat es batu sendiri yaitu menggunakan air, baik menggunakan air mentah maupun air matang.

Untuk konsumsi, es batu dari air matang lebih sehat daripada air mentah, karena resiko mengandung bakteri E.Coli lebih kecil. Cara membedakannya menurut BPOM yang dilansir dari klikdokter.com, es batu yang terbuat dari air matang akan terlihat bening.

Hal ini karena gas di dalamnya terlepas saat proses perebusan. Sedangkan air mentah masih mengandung banyak gas, dan gas inilah yang berkontribusi terhadap warna putih es batu.

Namun untuk mengetahui kualitas es batu tentu saja tidak bisa hanya dengan mengamati dari warnanya saja. Melainkan juga perlu adanya uji laboratorium untuk memastikan tidak ada bakteri di dalamnya.

Bagaimana cara membuat es batu bening?

Cara Membuat Es Batu agar Bening

Setelah membaca penjelasan sebelumnya, tentu kamu sudah bisa menebak bagaimana cara membuat es batu supaya tampak bening dan jernih. Terdapat 5 cara agar es batu buatan Anda tampak lebih jernih, bening transparan.

1. Gunakan Air Matang

Jika selama ini Anda membuat es batu dan hasilnya berwarna putih serta terdapat gelembung di bagian tengahnya. Ingat kembali, apakah Anda membuatnya dengan air matang atau air mentah.

Seperti pada penjelasan di atas, air matang ternyata bisa membuat es batu yang kita buat tampak lebih bening. Selain air matang, Anda juga bisa menggunakan air kemasan yang telah mengalami penyulingan.

2. Pakailah Air Mendidih

Menurut Lea dalam artikel Kompas, air mendidih mengandung lebih sedikit oksigen daripada air biasa. Oksigen merupakan gas, seperti penjelasan sebelumnya bahwa gas lah yang menyebabkan es batu menjadi tidak bening dan mengandung gelembung.

Oleh karena itu, cara membuat es batu agar tampak jernih dan bening bisa Anda lakukan dengan menggunakan air mendidih. Namun jika Anda menggunakan kulkas untuk membuat es batu, maka perlu berhati-hati, karena air mendidih dapat menyebabkan kulkas cepat rusak.

4. Rebus Air Terlebih Dahulu

Apabila Anda memilih menggunakan air kemasan untuk membuat es batu, maka rebuslah terlebih dahulu air kemasan tersebut. Jika memungkinkan, rebus air tersebut sebanyak dua kali, seperti yang disampaikan oleh kompas.com yang melansir The Kitchn.

Apabila air kemasan sudah direbus, Anda sudah bisa membekukannya langsung. Tetapi untuk mencegah kulkas cepat rusak, Anda bisa mendinginkannya terlebih dahulu di suhu ruang. Setelah air tersebut tidak terlalu panas lagi, Anda bisa mulai membekukannya di kulkas.

5. Bekukan Air dengan Durasi 12-24 Jam

Salah satu penyebab es batu bergelembung adalah durasi pembekuan yang terlalu lama. Oleh karena itu, cara membuat es batu agar hasilnya bening transparan bisa Anda lakukan dengan melakukan pembekuan selama 12-24 jam.

Agar proses ini lebih cepat, Anda juga bisa menggunakan plastik sebagai penutup cetakan es batu. Hal ini bertujuan agar air dalam cetakan es batu tidak terkontaminasi molekul lain, yang mungkin dapat memperlambat pembekuan.

6. Gunakan Air yang Berkualitas

Selain menggunakan cara-cara di atas, untuk membuat es batu yang bening dan transparan gunakan juga air yang berkualitas. Air berkualitas bisa Anda peroleh dari hasil distilasi, di mana kadar gas di dalamnya lebih sedikit.

Air berkualitas yang dipilih tentu harus jernih serta memiliki kadar pH yang normal. Sehingga, warna es batu yang Anda buat tidak menjadi putih dan bergelembung, melainkan bening dan jernih.

Penutup

Itulah sedikit ulasan mengenai cara membuat es batu agar hasilnya menjadi bening transparan. Sekarang Anda bisa mencobanya di rumah dengan mudah bukan.

Jika Anda membutuhkan mesin es berkapasitas besar, PNDICE merupakan perusahaan penyedia mesin es berstandar Eropa di Indonesia. Untuk mesin es konsumsi, kami memiliki mesin es cube dan mesin es tube.

Dengan mengacu pada kriteria standar di Eropa, mesin es cube dan es tube kami dapat menghasilkan es bening transparan. Selain itu, punya daya tahan yang lama, bersih dan aman untuk konsumsi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top