Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

Syarat Es Batu Konsumsi, Wajib Kamu Ketahui!

Syarat Es Batu Konsumsi, Wajib Kamu Ketahui!

Apakah Anda termasuk salah satu yang suka mengkonsumsi es batu? Jika iya, ada syarat es batu konsumsi yang wajib Anda ketahui lhoo.

Agar es batu yang dikonsumsi tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Kamu perlu mengetahui apa saja syarat es batu yang akan kamu konsumsi. Pemerintah pun telah memperhatikan ketentuan es batu konsumsi dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Para distributor es konsumsi dan pengguna es batu untuk keperluan komersial juga wajib menjaga keamanan es batu konsumsi agar ketika seseorang mengkonsumsinya tidak akan menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan.

Syarat Es Batu Konsumsi

Sesuai dengan Permenkes RI No. 1096 Tahun 2011 tentang Hygiene Sanitasi mengenai Hygiene air, Air yang digunakan untuk membuat es batu harus merupakan air yang tidak berbau, tidak berwarna, tidak berasa, dan tentu tidak mengandung bakteri.

Tak hanya diatur dalam Permenkes RI. Seseorang juga berhak mendapatkan hak aman ketika mengkonsumsi es batu. Karena dalam pasal 109 dalam Undang-Undang Pengamanan dan Minuman. Setiap orang dan/atau badan hukum yang memproduksi, mengolah, serta mendistribusikan makanan dan minuman yang diperlakukan sebagai makanan dan minuman hasil teknologi rekayasa genetik yang diedarkan harus menjamin agar aman bagi manusia, hewan yang dimakan manusia, dan lingkungan.

1. Tidak Berbau

Es batu konsumsi diharuskan tidak memiliki bau. Karena jika memiliki bau maka es batu perlu di curigakan, terlebih jika bau yang dihasilkan es batu aneh sampai mengganggu indra penciuman. Sebaiknya jangan dilanjutkan untuk mengkonsumsi es batu yang memiliki bau mencurigakan.

2. Tidak Berwarna

Selain tidak boleh menghasilkan bau. Es batu juga tidak boleh mengandung warna yang dihasilkan dari zat berbahaya. Semestinya es batu memiliki struktur es yang transparan agar tidak menghasilkan warna yang dapat mencurigakan. Jika ingin menghasilkan es batu yang berwarna, asal pewarna yang digunakan harus dapat dipertanggungjawabkan yang tidak mengandung zat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

3. Tidak Memiliki Rasa

Tak hanya tidak boleh memiliki warna. Es batu konsumsi yang dihasilkan juga tidak boleh memberikan sensasi rasa pada indera pengecapan. Karena jika es batu yang dihasilkan memiliki rasa seperti pahit, asin, dll maka dalam proses pembuatan atau mesin yang digunakan perlu dipertanyakan mengapa bisa sampai menghasilkan sebuah rasa pada es batu konsumsi. Apakah rasa yang dihasilkan tidak mengandung zat berbahaya yang dapat mempengaruhi kesehatan seseorang.

4. Tidak Mengandung Bakteri

Es batu konsumsi harus dipastikan tidak mengandung bakteri. Jika mengandung bakteri maka dapat membahayakan kesehatan seseorang yang menggunakan es batu konsumsi. Dalam menghasilkan es batu konsumsi, proses pembuatan es batu dan mesin yang digunakan sangat mempengaruhi hasil produksi es batu konsumsi. Jika proses pembuatan es batu tidak higienis dan dihasilkan dari air yang mentah atau belum melalui proses filterisasi maka es batu yang dihasilkan dapat mengandung bakteri yang dapat membahayakan kesehatan seseorang.

Selain pada proses pembuatan, yang harus diperhatikan dalam memproduksi es batu adalah mesin es batu yang wajib memiliki food grade agar es yang dihasilkan dapat dengan aman dikonsumsi oleh seseorang.

Penutup

Kesimpulan pada artikel ini difokuskan kepada syarat es batu konsumsi yang wajib diketahui agar pada saat mengkonsumi es batu anda dapat memilahnya terlebih dahulu agar es batu yang dikonsumsi tidak menghasilkan efek negatif bagi kesehatan tubuh.

Butuh mesin es yang dapat memenuhi syarat ketentuan di atas? Jangan khawatir karena artikel ini akan mengrekomendasikan distributor penyedia mesin es konsumsi yang berstandar internasional.

________________________________________________________________________________

PND Ice Menyediakan Mesin Es Konsumsi

PND Ice Making System merupakan perusahaan penyedia mesin es yang berstandar internasional. Tak hanya menjual mesin es, PND Ice Making System juga menyediakan jasa konsultasi, kontraktor pabrik es, dan penjualan suku cadang. PND Ice Making System memiliki komitmen untuk terus berinovasi menghadirkan layanan prima bagi partner PND.

Dengan pengalaman lebih dari 35 tahun pada bisnis pabrik Es. PND Ice hadir sebagai perusahan Ice Making System pertama di Indonesia yang menyediakan kebutuhan produk dan solusi industri pabrik es dari hulu hingga hilir. Kami akan membantu anda dalam memperoleh keuntungan memiliki mesin es sendiri.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top