Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

bisnis potong ayam

Kunci Sukses Bisnis Potong Ayam

Bisnis potong ayam dengan keuntungan yang besar merupakan impian semua orang yang sedang menjalankan suatu usaha. Profit yang besar dari modal yang kecil hingga jangkauan market yang mencakup pasar Internasional layaknya tujuan hidup dari para pelaku usaha.

Tak terkecuali bisnis di sektor bahan pangan seperti bisnis potong ayam. Bisnis ini merupakan bagian dari usaha rumah potong ayam yang berkegiatan merubah ayam hidup menjadi bentuk karkas yang siap dipasarkan atau dimasak.

Bisnis ini mengacu pada SNI 01-6160-1999, yaitu suatu kompleks bangunan dengan desain dan konstruksi khusus yang memenuhi persyaratan teknis dan higienis tertentu, serta digunakan sebagai tempat memotong unggas bagi konsumsi masyarakat umum.

Alasan Penting Kenapa Harus Mulai Bisnis Potong Ayam

Bisnis potong ayam merupakan bisnis tersembunyi yang memiliki potensi berkembang dengan pesat seiring dengan perkembangan industri food and beverage. 

bisnis potong ayam
(pinterest.com)

Fakta di lapangan menunjukan bahwa daging ayam merupakan jenis daging dengan minat tertinggi untuk di konsumsi di masyarakat. Dengan fakta tersebut, sudah sangat jelas seberapa besar tingkat permintaan pasar yang ada.

Bisnis ini cocok untuk untuk partner PND yang ingin punya bisnis dengan perputaran modal yang cepat. Jenis ayam yang biasa digunakan adalah ras pedaging yang  memerlukan waktu cukup singkat sekitar 5-8 minggu saja untuk memiliki berat standar ayam potong, yaitu bobot 1,5 – 2,8 kg/ekor.

Baca Juga:

Kunci Sukses Bisnis Potong Ayam

Kini, Anda telah mengenal secara singkat mengenai usaha daging unggas konsumsi ini. Selanjutnya adalah mengetahui bagaimana membangun bisnis tersebut agar berjalan sesuai rencana dan mencapai target.

Namun sebelum jauh masuk ke tahap selanjutnya, PND Ice punya sedikit info nih tentang 5 kunci sukses bisnis potong ayam. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Pahami Kebutuhan Pasar

Bisnis yang berkembang adalah bisnis yang memiliki potensi permintaan pasar yang luas dan terus dibutuhkan target market. Untuk bisnis ini sendiri ini, partner PND tidak perlu khawatir. Perputaran keuntungan dari modal yang dikeluarkan akan sebanding dengan permintaan pasar.

Maka dari itu, sebelum mulai untuk berbisnis kita perlu untuk melakukan riset mendalam terkait target market dan kebutuhan pasar. Ada beberapa faktor yang membuat bisnis ayam potong sangat dibutuhkan daripada usaha ternak lainnya, yakni:

  1. Permintaan pasar cenderung stabil.
  2. Market yang luas hingga menjangkau UMKM seperti pedagang sayur keliling, hingga warung pinggir jalan.
  3. Sumber bahan baku yang mudah didapat dan dikembangkan.

Berbicara mengenai kebutuhan pasar, maka kita perlu mengetahui jenis produk yang kita pasarkan, misal ayam beku dll. Mengetahui produk ayam yang yang paling dibutuhkan oleh market artinya kita dapat memperkirakan jumlah ton yang akan dijual.

Baca juga: 

2. Jenis Ayam Tepat, Untung Makin cepat

Jenis ayam yang paling dibutuhkan akan mempengaruhi perkembangan bisnismu. Ayam broiler merupakan jenis ayam dengan jumlah konsumsi terbanyak di Indonesia.

Harga yang terjangkau dan proses pertumbuhan ayam yang relatif singkat dibanding jenis ayam lainnya membuat ayam broiler menjadi aset penting dalam ayam potong.

 

Bisnis potong ayam
(Sumber Gambar: Freepick.com)

Pelaku bisnis potong ayam perlu melakukan riset yang tepat untuk mengetahui jenis ayam yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari kelangkaan produk seiring dengan permintaan pasar.

Baca Juga: Wajib Ada: Peralatan Kandang Ayam Broiler 

3. Siapkan Modal Awalmu

Modal adalah kunci penting dalam memulai bisnis. Bisnis  ini merupakan bisnis dengan modal yang tidak sedikit, namun besaran modal akan berpengaruh pada biaya operasinal dan margin keuntungan.

Penting untuk partner PND ketahui bahwa dalam membangun bisnis, pencatatan terkait modal sangat diperlukan. Pencataan dana modal mempermudah dalam kelancaran operasional dalam membangun suatu usaha tak terkecuali bisnis potong ayam.

Selain itu, persiapan untuk modal awal sangat diperlukan. Bagaimanapun, bisnis ini merupakan industri yang tidak bisa dijalankan dengan mudah oleh 1-2 orang saja, perlu melibatkan karyawan lain.

4. Siapkan Tempat Strategis Bisnis Potong Ayam

Membangun usaha potong ayam  memang diperlukan lahan yang luas dan jauh dari pemukiman. Hal ini dikarenakan bisnis potong ayam ini memiliki dampak yang kurang nyaman untuk masyarakat.

Terdapat aturan dengan standar nasional yang mengatur tempat pengembangan usaha ayam potong. Menurut SNI 01-6160-1999, syarat utama dari lokasi rumah potong ayam diantaranya:

  1. Jauh dari pemukiman padat dan pusat polusi
  2. Tidak melanggar aturan rencana detail tata ruang wilayah kota
  3. Tidak berlokasi di dekat industri kimia atau logam atau berada di daerah banjir
  4. Memiliki lahan yang cukup luas untuk pengembangan kegiatan operasionalnya.

Lokasi bisnis yang bagus akan sangat berpengaruh dengan perkembangan ayam yang diternakan. Ayam tidak akan mudah stress karena kebisingan dari aktivitas sehari-hari manusia.

5. Kualitas Daging Ayam Siap Jual

Bisnis ayam potong merupakan usaha yang berkaitan dengan kualitas daging dan daya tahan daging untuk siap di distribusikan. Ketahanan gizi daging ayam juga perlu diperhatikan ketika memulai usaha di industri ini. Dalam usaha ini adanya mesin pendingin menjadi kunci yang paling penting dalam alur proses usaha ayam potong yang tidak bisa diabaikan.

Daging ayam harus dibekukan sebelum didistribusikan kepada konsumen. Beragam mesin pendingin dapat dipilih untuk proses penyimpanan dan pembekuan. Namun, mesin yang diperlukan juga harus disesuiakan dengan tempat usaha serta jumlah produksi.

Umumnya bisnis ini menggunakan Mesin es flake dalam proses penyimpanan dan pembekuan. Mesin es flake atau mesin e serpih menghasilkan es dengan ketebalan sekitar 1,8 mm – 2 mm. Es berbentuk serpihan kering yang kecil, tidak menggumpal, dan tanpa tetesan air.

Penutup

Memang banyak hal yang perlu disiapkan untuk memulai bisnis potong ayam. Jika partner PND ingin berkarir dan mengembangkan usaha di bidang ini, maka kalian perlu memperhatikan uraian diatas.

Kunci kesuksesan dari bisnis potong ayam terletak pada 2 hal, yaitu paham akan kebutuhan pasar dan proses ketahanan produk. Bila partner PND telah menguasai hal tersebut, maka Anda sudah bisa memulai mengembangkan bisnis.


PND Ice Making System adalah perusahaan penyedia mesin es dan ruang pendingin yang telah melayani project di seluruh Indonesia. Kami menyediakan mesin es tube dan mesin es cube untuk sektor konsumsi yang telah memenuhi standar food grade.

Bagi pelaku industri, PND juga menyediakan mesin es balok, mesin es slurry, dan mesin es flake yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim profesional kami sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top