Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

5 Tips Panen Ayam Broiler di Tahun 2023

5 Tips Panen Ayam Broiler

Panen ayam broiler pada awal tahun 2023 ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Namun, pada awal Januari ini harga pangan terus melonjak ke harga yang cukup tinggi. Harga kebutuhan pokok tersebut tidak mempengaruhi harga ayam broiler di pasaran. Meskipun ada sedikit kenaikan harga pada daging ayam, tetap tertutupi dengan panen ayam broiler yang stabil dalam pemasaran.

Proses pengembangan berkualitas dari peternakan ayam broiler menghasilkan panen ayam potong yang melimpah. Manajemen yang baik secara proses mulai dari bibit ayam broiler sampai dengan ayam pedaging siap jual, menjadi kunci sukses bisnis ayam potong. Simak tips lengkap panen ayam broiler berikut ini!

Tips Panen Ayam Broiler

panen ayam broiler
(pinterest.com)

Tentunya dalam pemeliharaan dan dunia peternakan memiliki trik dan tips khusus yang dapat menjadi kunci kesuksesan bisnis mereka. Banyak dari pebisnis ayam broiler yang bertanya mengenai apa ada tips yang tepat saat proses panen. Tenang, PND berikan 5 tips panen ayam broiler yang berkualitas, sebagai berikut!

Berikut adalah beberapa tips untuk memanen ayam broiler:

1. Pertimbangkan Kegemaran Konsumen

Umumnya saat ini kebanyakan peternak menjual ayam broiler dengan bobot sekitar 1,5-2,0 kg per ekor ayam. Namun di beberapa daerah ada juga konsumen yang gemar membeli ayam dengan bobot kurang dari 1kg maupun lebih dari 2kg.

Terdapat juga tren ayam beku atau ayam frozen. Faktor-faktor tersebut harus dipertimbangkan oleh pelaku bisnis atau peternak ayam broiler untuk masa panen.

Baca Juga: Pabrik Ayam Frozen, Jual Ayam Probiotik?

2. Gunakan Peralatan Panen Ayam Broiler yang Tepat

Gunakan peralatan yang tepat seperti pemanen ayam yang manusiawi atau jaring penangkap untuk memastikan bahwa ayam ditangani dengan lembut dan manusiawi selama proses panen. Peralatan yang tepat akan berdampak hasil kualitas daging ayam yang higienis dan bergizi.

Hal ini juga tidak cuma berlaku pada proses panen saja namun juga pada pemeliharaan. Peralatan kandang ayam broiler juga diperlukan dalam menunjang operasional.

3. Perhatikan Sanitasi yang Tepat

Untuk mencegah penyebaran penyakit, penting untuk mengikuti prosedur penanganan dan sanitasi yang tepat saat memanen ayam. Ini termasuk mencuci tangan, mengenakan pakaian pelindung, dan membersihkan dan mensanitasi peralatan dengan benar.

Kualitas dari karkas ayam broiler dalam segi kebersihan juga menjadi kunci bisnis ayam broiler. Konsumen akan merasa produk daging tersebut berkualitas dan aman dikonsumsi.

4. Perhatikan Umur Panen Ayam Broiler

Menentukan umur panen ayam broiler tidak boleh ditentukan asal-asalan. Pasalnya, waktu panen yang tepat akan mempengaruhi besar keuntungan yang diperoleh untuk peternak. Umur panen ayam broiler yang normal itu saat sudah 32 hari, karena bobot ayam sudah mencapai 1,8 – 2 g.

Namun untuk pemasaran yang lebih baik. Ayam broiler lebih baik di panen saat umur 22 tahun karena masa panen lebih cepat dan menekan biaya operasional menjadi lebih sedikit. Perputaran keuntungan akan lebih cepat didapat juga.

5. Lakukan Grading Broiler Untuk Pemasaran

Grading adalah mengelompokkan ayam sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan ukurannya. Tujuannya agar ayam menjadi seragam karena seleksi akan membatasi persaingan dalam mendapatkan pakan. Dengan demikian, ayam besar maupun yang lebih kecil mendapatkan pakan yang proporsional.

Dalam pemeliharaan ayam broiler, keseragaman menentukan kualitas karkas dan keseragaman yang baik harus lebih dari 85%. Artinya, dari 100 ekor minimal terdapat 85 ekor ayam yang berat badannya lebih dari 10% terhadap standar.

Proses panen ayam broiler

Proses panen ayam broiler disebut juga dengan budidaya ayam pedaging yang merupakan proses pemeliharaan ayam. Pemeliharaan ayam tersebut juga merupakan bentuk proses untuk menghasilkan nantinya kualitas daging karkas broiler untuk dipasarkan. Ada beberapa langkah yang terlibat dalam proses panen ayam pedaging:

a. Penetasan bibit ayam broiler

Langkah pertama dalam proses beternak ayam broiler adalah menetaskan telur di tempat penetasan. Bibit yang baik mempunyai ciri : sehat dan aktif bergerak, tubuh gemuk (bentuk tubuh bulat), bulu bersih dan kelihatan mengkilat, hidung bersih, mata tajam dan bersih serta lubang kotoran (anus) bersih

b. Brooding anak ayam broiler

Setelah telur menetas, anak ayam ditempatkan di brooder. Masa brooding adalah masa pemeliharaan broiler dari DOC sampai lepas penghangat. Sedangkan tujuan dari brooding untuk memberikan keadaan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan anak ayam sebelum dibesarkan.

c. Fasilitas pembesaran ayam pedaging

Ketika anak ayam sudah cukup besar, mereka dipindahkan ke fasilitas pembesaran, di mana mereka dibesarkan hingga mencapai ukuran yang diinginkan untuk dipanen. Fasilitas pembesaran harus disesuaikan, Anda dapat memilih jenis kandang ayam broiler dengan bebas.

Baca Juga: 

c. Pemberian pakan untuk broiler

Selama masa pertumbuhan, ayam diberi pakan-pakan khusus yang diformulasikan untuk membantu mereka tumbuh secepat dan seefisien mungkin. Presentasi pemberian pakan dapat disesuaikan dengan perbandingan pakan nutrisi dan pakan pabrik dengan komposisi yang sesuai.

d. Masa panen ayam broiler

Ketika ayam telah mencapai ukuran yang diinginkan, mereka diangkut ke pabrik pengolahan tempat mereka disembelih dan diproses untuk diambil dagingnya. Masa panen yang baik biasanya dilaksanakan saat pagi, sore, atau malam hari. Pengaturan waktu panen juga harus diperhatikan dengan melihat riwayat catatan bobot harian rata-rata kandang, sehingga dapat ditentukan urutan hari panen untuk setiap kandang.

e. Pengolahan pasca panen broiler

Pengolahan ayam broiler meliputi kegiatan seperti penyembelihan, pengeluaran jerohan (pembuangan organ dalam), dan pendinginan. Ayam-ayam tersebut kemudian dipotong menjadi beberapa bagian dan dikemas untuk didistribusikan ke supermarket dan restoran. Dalam hal ini manajemen rumah potong ayam sangat menjaga proses tersebut.

penutup

Proses panen yang tepat ditambah dengan tips yang diaplikasikan ke dalam kegiatan panen tentunya akan menghasilkan hasil ternak yang baik. Hasil ternak yang baik untuk ayam broiler tentunya akan dimanfaat dagingnya. Maka dari PND menawarkan mesin es balok dan mesin es flake untuk menjaga kualitas karkas ayam pedaging, serta cold room untuk produk olahan beku unggas ini.


Daging dan peternakan menghasilkan produk-produk pangan yang berperan penting untuk kebutuhan konsumi. Bila Anda pelaku usaha sektor daging dan peternakan, Anda bisa menggunakan mesin tubebalok, dan flake untuk menjaga kualitas produk Anda sebelum siap dipasarkan.

PND Ice Making System menyediakan berbagai mesin es berkualitas dan ruang pendingin yang dapat mendukung operasional bisnis Anda. Kami berkomitmen memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan dukungan layanan aftersales, garansi, dan kemudahan pembayaran melalui sistem kredit. Temukan solusi kebutuhan mesin es dan ruang pendingin Anda hanya di PND Ice!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top