Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

es balok

Yuk, Kenalan Sama Sistem Pembuatan Es Balok!

Sistem pembuatan es balok yang efektif tentu sangat penting bagi perusahaan yang membutuhkan es balok untuk kegiatan bisnis. Selain dapat menghemat waktu, sistem produksi es balok yang efektif juga akan menghemat biaya operasional. Hal ini bisa terjadi karena adanya penghematan tenaga kerja, konsumsi listrik, maupun hasil panen es balok.

Tapi, bagaimana dengan sistem pembuatan es balok itu sendiri? Pada artikel berikut, kita akan membahas jenis dan perbedaan cara produksi es balok. Mari simak selengkapnya, yuk!

Apa itu sistem pembuatan es balok?

Sistem pembuatan es balok

Secara umum, sistem pembuatan es balok merupakan sebuah proses produksi es yang melibatkan proses pendinginan atau pembekuan. Anda mungkin menemukan beberapa cara produksi es balok, baik berupa direct cooling maupun indirect cooling. 

Sebenarnya, perbedaan proses terletak pada prinsip pendinginan yang digunakan. Proses produksi es balok indirect cooling biasa dikenal juga dengan sistem brine tank atau tipe air garam. Sementara sistem produksi menggunakan mesin es balok otomatis dikenal dengan tipe direct cooling.

Keduanya memiliki kesamaan dalam hal prinsip pendinginan, yakni menurunkan suhu air baku hingga membeku dalam sebuah cetakan es. Tetapi, ada beberapa perbedaan antara sistem direct cooling dan brine tank.  Perbedaan tersebut terlihat dari sisi alat produksi, cara kerja, hingga mekanisme panen es.

Perbedaan Sistem Pembuatan Es Balok

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cara produksi es balok dapat dibedakan menjadi dua kategori. Berikut adalah penjelasannya.

Baca juga: Mesin Es Balok Freon dan Amonia, Mana yang Lebih Untung?

Sistem Brine Tank

sistem pembuatan es balok
(Infonews)

Cara pembuatan es balok ini dilakukan secara manual. Sistem pembuatan es balok ini dikenal dengan berbagai istilah. Masyarakat umumnya mengenal tipe ini dengan sebutan sistem air garam, sistem tanam, atau produksi es balok sistem amonia.

Mengapa disebut dengan sistem air garam? Alasannya karena prinsip pembekuan es menggunakan garam untuk menaikkan titik beku air. Karakteristik lain dari sistem ini yaitu memakai amonia sebagai media pendingin serta cetakan es balok yang terletak di dalam tanah.

Namun, jenis pembuatan es balok ini memiliki beberapa kekurangan. Hasil es balok tidak higienis dan proses pembekuan es balok membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu, juga membutuhkan investasi perlengkapan yang cukup memakan biaya.

Proses manual yang membutuhkan banyak tenaga kerja dan tidak praktis akhirnya membuat banyak orang mulai beralih ke mesin es balok otomatis, atau sistem direct cooling.

Sistem Direct Cooling

sistem pembuatan es balok
(Sumber: PND)

Berbeda dengan sistem sebelumnya, direct cooling menggunakan freon sebagai refrigeran. Selain itu, proses pencetakan es juga tidak membutuhkan air garam.

Dengan demikian, hasil es yang diproduksi lebih bersih, higienis, dan cepat. Penggunaan dan pengoperasian mesin juga dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Anda juga tidak memerlukan crane untuk mengangkut cetakan es balok dari dalam tanah seperti pada sistem brine tank.

Tidak hanya itu, mesin es balok otomatis juga mampu memproduksi es balok dalam skala dari kecil hingga besar. Bahkan, Anda dapat memproduksi es dari kapasitas sebesar 1 ton saja per hari. Hal ini tentu berbeda jauh dengan sistem amonia yang hanya bisa memproduksi skala besar.

Baca juga: Fungsi Es untuk Perikanan

Perawatan Sistem Pembuatan Es Balok

Perawatan Sistem Pembuatan Es Balok

Memelihara sistem pembuat es balok sama pentingnya dengan memilih mesin es berkualitas tinggi. Mesin harus dikontrol dan dirawat secara berkala agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan. Hal ini karena setiap kelemahan dalam berdampak buruk pada kinerja sistem dan hasil produksi.

Perawatan mesin tidak bisa dilakukan secara asal dan waktu servis perlu dilakukan secara berkala. Umumnya, pengecekan mesin dilakukan sebanyak dua kali dalam setahun. Saat melakukan maintenance mesin es, Anda perlu teknisi berpengalaman yang telah tersertifikasi agar perawatan lebih maksimal.

Baca juga: Mesin Pembuat Es Batu

Manfaat Memiliki Sistem Es Balok Direct Cooling

Seiring perkembangan jaman, tentunya semua manusia akan beralih pada teknologi yang lebih efisien. Termasuk pula dalam proses produksi es balok bagi kepentingan individu maupun bisnis.

Sistem ini merupakan ide yang cukup baru dan tentunya berarti bagi kalangan pebisnis seperti Anda, baik industri makanan, maupun minuman. Berikut manfaat dari sistem pembuatan es balok yang bisa Anda dapatkan, diantaranya:

1. Panen Es Lebih Cepat

Dengan menggunakan sistem ini, Anda dapat memproduksi es balok dengan lebih cepat dan efisien. Sebagai perbandingan, Anda hanya memerlukan waktu 6-8 jam untuk panen es balok berukuran 25 kg. Hal ini tentu berbeda jauh dengan sistem brine tank yang membutuhkan waktu hingga 12 jam.

2. Kapasitas Produksi Fleksibel

Ingin memproduksi es balok dengan kapasitas lebih kecil? Anda dapat mewujudkannya dengan menggunakan mesin es balok otomatis. Sistem amonia atau brine tank mengharuskan Anda memproduksi es balok dalam skala besar. Namun dengan sistem direct cooling, Anda dapat memillih mesin dengan kapasitas produksi mulai dari 1 ton.

3. Praktis dan Mudah Digunakan

Mungkin Anda akan berpikir bahwa sistem ini dirancang untuk pengguna yang ahli dalam bidang permesinan. Akan tetapi, faktanya sistem pembuatan es balok ini sangat mudah dioperasikan. Apalagi, adanya sistem PLC juga sangat membantu Anda dalam memperhatikan kondisi mesin.

4. Hasil Es Balok Lebih Higienis

Apakah Anda menggunakan es balok untuk komoditas pangan seperti perikanan atau daging beku? Jika iya, maka Anda perlu memperhatikan kebersihan proses produksi dan higienitas es yang dihasilkan. Dengan menggunakan mesin es balok direct cooling, es balok yang diproduksi lebih aman untuk digunakan.

Itu dia penjelasan mengenai sistem pembuatan es balok. Bagi Anda yang masih asing dengan mesin es balok otomatis, jangan khawatir. Bersama PND Ice Making System, Anda dapat konsultasi secara gratis mengenai kebutuhan bisnis Anda. Semoga bermanfaat!


PND Ice Making System adalah perusahaan penyedia mesin es dan ruang pendingin yang telah melayani project di seluruh Indonesia. Kami menyediakan mesin es tube dan mesin es cube untuk sektor konsumsi yang telah memenuhi standar food grade.

Bagi pelaku industri, PND juga menyediakan mesin es balok, mesin es slurry, dan mesin es flake yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim profesional kami sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top