Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

bisnis ayam frozen menguntungkan

Tips Memulai Bisnis Ayam Frozen Menguntungkan

Bisnis ayam frozen merupakan salah satu peluang usaha bahan pangan yang saat ini mulai banyak peminatnya dari kalangan pengusaha. Hal ini sebagai akibat dari semakin banyaknya konsumen yang menyukai frozen food untuk stok bahan lauk di rumah.

Apa arti ayam frozen?

Ayam frozen atau ayam beku merupakan karkas ayam yang sengaja dijual dalam bentuk beku, agar ayam awet tanpa pengawet kimia. Dengan begitu, kualitas daging ayam akan tetap terjaga dari kerusakan, sehingga tetap layak konsumsi.

Memulai bisnis ayam frozen tergolong sangat menjanjikan, mengingat ibu rumah tangga dan anak kos lebih menyukainya. Hal tersebut karena memasak ayam frozen dianggap lebih praktis daripada yang bukan frozen.

Di pasar tradisional atau pedagang keliling, pengawetan daging dengan cara pembekuan sudah sering ditemui. Hal ini seiring dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat akan manfaat es batu sebagai bahan pengawet yang aman.

Bagaimana memulai bisnis ayam frozen?

Tentukan Jenis Ayam

Sebagai persiapan awal, Anda perlu menentukan terlebih dahulu jenis ayam apa yang akan Anda jual. Mengingat terdapat jenis ayam kampung dan ayam broiler yang bisa Anda jual sebagai ayam frozen.

Kemudian jangan lupa untuk memikirkan bagian-bagian ayamnya, misalkan bagian paha, sayap, ceker, kepala atau dagingnya. Hal ini perlu Anda lakukan agar ketika menjalankan bisnis ayam frozen nanti menjadi lebih terarah target konsumennya.

Perhitungkan Modal Awal

Dalam melihat peluang usaha, perhitungan modal awal yang cermat dan teliti sangat perlu. Tujuannya agar Anda mendapatkan gambaran anggaran modal yang perlu dikeluarkan sehingga manajemen keuangan tetap terkontrol.

Selain itu, perhitungan modal awal yang mendetail dapat membantu Anda mengetahui apa saja kebutuhan yang belum dan sudah terpenuhi. Kemudian Anda juga bisa memprediksi kapan modal awal akan segera terganti nantinya.

Siapkan Peralatan Primer

Peralatan utama dalam menjalankan bisnis ayam frozen tentunya adalah mesin pendingin berkapasitas besar. Katakanlah Anda akan menjual ayam frozen sebanyak 1 ton, maka menggunakan pendingin kulkas tidak akan cukup.

Solusinya, Anda perlu Cold Room atau Cold Storage untuk mendinginkan daging ayam dalam kapasitas besar. Karena ayam frozen yang akan Anda jual untuk konsumsi, maka Anda harus memilih cold room yang berbahan standar food grade. Agar aman konsumsi.

Dengan mengetahui peralatan utama tersebut, maka ketika baru memulai usaha ayam frozen harus fokus untuk menyiapkannya terlebih dahulu. Peralatan lain yang sifatnya penunjang biarkan nanti seiring berjalannya bisnis.

Tentukan Cara Pengemasan

Menurut Packhelp, fungsi utama kemasan adalah untuk melindungi produk, sehingga tetap aman dan terlindungi dari pengaruh lingkungan luar. Dari segi promosional, menentukan cara pengemasan juga berfungsi sebagai branding bisnis ayam frozen Anda.

Sehingga Anda bisa memberikan polesan desain terbaik di kemasan agar konsumen mudah mengenali. Tentu saja tanpa mengurangi kualitas bahan dan cara pengemasannya ya. Karena secara alamiah konsumen lebih suka dengan kualitas yang baik.

Plastik yang perlu Anda gunakan juga harus menggunakan plastik khusus untuk frozen food agar saat di ruang pendingin tidak rusak. Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa di bagian dalam kemasan tidak ada udara (vacuum) supaya daging tidak busuk dalam kemasan.

Daftar Sertifikasi Halal

Di Indonesia, makanan konsumsi yang dijual wajib lolos sertifikasi halal. Sebagaimana dalam UU No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal, setiap produk yang masuk, beredar dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal.

Oleh karena itu, ketika Anda mulai menjalankan bisnis ayam frozen jangan menunda-nunda untuk daftar sertifikasi halal. Dengan begitu, usaha ayam frozen Anda menjadi lebih terjamin mutunya dan konsumen tidak akan meragukan kehalalan produk Anda.

Cari Partner Bisnis

Dalam memulai bisnis, agar produk Anda bisa cepat dikenali oleh calon konsumen mulailah mencari partner bisnis. Cara paling sederhana dengan mencoba menawarkan produk ayam frozen Anda ke pengusaha restoran, umkm yang memerlukan supplier daging ayam, dll.

Dengan mencari partner bisnis, harapannya bisnis ayam frozen Anda akan dikenal, kemudian menjalin kerjasama sebagai penyuplai daging untuk perusahaan tertentu.

Jika usaha Anda sudah mempunyai partner bisnis, perusahaan yang akan mulai menjalin kerjasama berikutnya akan semakin percaya terhadap bisnis Anda. Sehingga dalam waktu dekat usaha ayam frozen Anda akan dengan cepat berkembang dan menguntungkan.

Jual Produk Secara Online

Semakin gencarnya digitalisasi membuat transaksi jual beli secara online juga meningkat. Hl ini bisa menjadi peluang agar produk Anda selalu laku tiap harinya. Adapun platform yang bisa Anda manfaatkan sebagai tempat penjualan produk misalnya menggunakan marketplace maupun sosial media bisnis.

1. Gunakan Marketplace

Di Indonesia, penggunaan marketplace untuk jual beli daging ayam bisa menggunakan Tokopedia, Shopee dan Lazada. Untuk menjual di platform tersebut, Anda hanya perlu mendaftar sebagai penjual kemudian posting sampel gambar produk ayam frozen.

2. Pakai Sosial Media untuk Alat Promosi

Pengguna sosial media saat ini semakin banyak, tidak hanya remaja, ibu rumah tangga pun kini banyak menggunakan sosial media. Bahkan berbagai perusahaan sudah menggunakan sosial media khusus sebagai alat promosi gratis untuk menjangkau pelanggan lebih jauh.

Dalam memulai bisnis ayam frozen, Anda bisa menggunakan instagram, facebook, dan tiktok untuk bisnis sebagai alat promosi. Di dalamnya Anda bisa sekaligus melayani pemesanan dari konsumen melalui fitur chat yang tersedia.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai beberapa tips untuk memulai usaha ayam frozen yang sangat menjanjikan. Jika Anda tertarik memulai bisnis ini dan membutuhkan ruang pendingin untuk daging dalam kapasitas besar, PNDICE adalah solusi terbaik.

Kami menyediakan Cold Room dengan berbagai kapasitas mulai dari kapasitas 3 ton/hari sampai 9 ton/hari. Produk mesin pendingin kami telah mengikuti kriteria standar Eropa dan menggunakan bahan dengan material food grade. Sehingga terjamin kualitasnya dan aman untuk untuk konsumsi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top