Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

jenis es batu

Jenis Jenis Es Batu beserta Bentuknya

Berbicara mengenai es batu, tentu saja Anda akan berpikir tentang minuman dingin, tapi tahukah Anda mengenai jenis jenis es batu? Betul sekali, terdapat paling tidak 6 macam es batu yang biasa kita temukan di kehidupan sehari-hari.

test

Namun ternyata masih banyak di antara kita yang sering kebingungan dalam membedakan macam macam es batu tersebut. Terutama ketika membedakan Cube Ice dan Block Ice, untuk lebih jelas silahkan simak sampai selesai.

Sejarah Es Batu

Menurut Wikipedia, es batu merupakan salah satu penemuan seorang fisikawan Amerika bernama John Gorrie pada tahun 1844. Melalui kulkasnya yang mempunyai perlengkapan pendingin udara, ia berhasil membuat es batu untuk pendingin ruangan.

Pada waktu itu, Gorrie tidak membuat es tersebut dengan tujuan konsumsi. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, es batu kini dibuat agar bisa dikonsumsi bahkan banyak manfaat es batu untuk kehidupan sehari-hari.

Dengan berkembanganya teknologi, macam-macam es batu berdasarkan bentuknya sudah bisa kita temui sebagai akibat dari pengembangan mesin es. Apa saja macam macam es batu yang banyak di pasaran saat ini?

Jenis Es Batu

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, paling tidak terdapat 6 macam es batu sesuai dengan bentuknya. Bentuk es batu yang berbeda-beda tentu saja dihasilkan oleh mesin yang berbeda pula sesuai peruntukannya.

Cube Ice

Seperti namanya, cube ice merupakan jenis es batu yang memiliki bentuk seperti kubus. Biasanya es cube berukuran standar 2 cm x 2 cm x 2 cm dan sering kita gunakan sebagai pendingin minuman.

jenis es batu

(Freepik)

Untuk membuat es kubus ini terdapat mesin khusus yaitu mesin es cube. Di mana mesin tersebut biasa digunakan oleh industri yang memerlukan es konsumsi sebagai pendingin minuman seperti teh, jus, dll.

Tube Ice

Jenis tube ice adalah jenis es batu yang berbentuk tabung. Tube ice biasanya memiliki ukuran diameter bermacam-macam yaitu sekitar 2.2 cm, 2.8 dan 3.5 cm. Adapun panjangnya kisaran 3 – 4.5 cm.

jenis es batu tube

(Youtube)

Es batu jenis ini menjadi favorit di pasaran terutama pada bidang bisnis kuliner yang menyajikan menu minuman dingin. Hal ini karena bentuknya yang tidak biasa menjadi terkesan unik dari es batu jenis lain.

Sama halnya seperti es cube, untuk membuat es tube juga ada mesin khusus yaitu mesin es tube. Namun penggunaanya lebih luas, karena jenis es ini sering digunakan untuk pengawet ikan, daging serta pendingin sayur dan buah.

Block Ice

Block ice atau sering kita sebut sebagai es balok merupakan jenis es batu yang memiliki kemiripan dengan es cube. Bedanya ukuran es balok lebih besar dan panjang dengan ukuran yang variatif, tergantung kebutuhan.

jenis es batu balok

(PixelSquid)

Selain itu, es balok juga memiliki tekstur yang lebih keras dan jarang untuk konsumsi. Penggunaannya lebih kepada pengawetan ikan dan daging agar tetap segar. Terutama pada tempat penyimpanan tangkapan ikan nelayan tradisional dan di industri rumah potong ayam.

Adapun ukuran es berdasarkan mesin es balok yang PNDICE produksi terdapat beberapa jenis ukuran. Mulai dari 9.5 cm x 12.3 cm x 50 cm, hingga 18 cm x 48 cm x 71 cm. Karena ukurannya yang besar, jenis es batu ini biasanya sering dihancurkan sebelum digunakan.

Flake Ice

Flake ice merupakan es batu jenis serpihan seperti kaca yang tidak beraturan, ukuran ketebalan es flake antara 1 – 2 mm. Jenis es batu ini perlu segera digunakan, karena tidak bisa disimpan terlalu lama.

jenis es batu flake

(Wikipedia)

Bentuk serpihan pada es flake bertujuan agar tidak perlu proses penghancuran terlebih dahulu ketika hendak digunakan. Karena bentuknya serpihan, jenis es ini tentunya sulit dibuat di mesin pendingin biasa seperti kulkas.

Oleh karena itu terdapat mesin es flake khusus untuk membuatnya. Penggunaannya pun tidak untuk konsumsi, melainkan sebagai pengawet ikan, daging dan makanan yang mudah busuk.

Slurry Ice

Pernahkan Anda mendengar mengenai es serut? Benar, es serut merupakan sebutan lain dari slurry ice. Bentuk es slurry adalah seperti bubur es karena berupa larutan-larutan kristal mikroskopik yang dihasilkan dari proses pendinginan yang cepat.

jenis es batu slurry

(Argonne National Laboratory)

Es slurry merupakan jenis es batu yang tidak cocok untuk penyimpanan jangka panjang, karena bentuknya yang seperti bubur. Sehingga cenderung lebih mudah mencair.

Untuk membuat es slurry Anda bisa menggunakan mesin es slurry. Es slurry ini cocok digunakan untuk mengawetkan segala jenis produk ikan. Hal ini karena bentuknya yang menyerupai bubur, sehingga terjadi kontak yang merata pada permukaan ikan.

Ice Ball

Sesuai namanya ball berarti bola, ice ball adalah jenis es batu yang memiliki bentuk menyerupai bola. Ukuran terbesar biasanya berdiameter sekitar 5 cm, Anda bisa membuatnya dalam kulkas dengan menggunakan cetakan khusus.

jenis es batu yang berbentuk bola

(manofmany.com)

Es bola ini bisa untuk konsumsi dengan tujuan agar membuat minuman dingin menjadi terlihat lebih unik. Sehingga akan cocok untuk pengusaha kafe dan hotel.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai macam-macam es batu beserta bentuknya yang harus Anda ketahui. Semoga dengan itu bisa menambah pengetahuan Anda terkait dengan es batu.

Bahkan jika Anda melihat peluang bisnis es batu, mudah-mudahan dapat menjadi referensi jenis mana yang mungkin akan Anda kembangkan.

Apabila Anda memerlukan mesin es berkualitas, jangan ragu untuk menghubungi PNDICE. Kami merupakan perusahaan yang bergerak sebagai produsen mesin es berkualitas dengan mengacu pada standar Eropa.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top