Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

Mesin Es Balok Tanam dan Otomatis. Mana Lebih Efisien?

Mesin Es Balok Tanam dan Otomatis. Mana Lebih Efisien?

Zat pendingin dalam mesin es saat ini terdapat amonia dan freon. Sebuah fakta menunjukkan mana lebih efisien diantara mesin es balok tanam dan otomatis?

Dalam material mesin es balok tentu memerlukan zat pendingin dalam menyelesaikan proses pembekuan. Untuk dapat melihat fakta tersebut. Dalam artikel ini akan kami beberkan fakta mengenai mesin es balok tanam dan otomatis.

Mana Lebih Efisien Dalam Sistem Panen Es 

Mesin Es Balok Tanam

mesin es balok tanam

Sistem panen es pada mesin es balok amonia menggunakan sistem brine tank. Brine system merupakan sistem yang digunakan pada proses pembuatan es balok pada zat pendingin amonia.

Es balok pada sistem brine tank akan dicetak menggunakan cetakan es yang nantinya akan didinginkan menggunakan air garam. Penggunaan brine sistem sendiri membutuhkan brine tank yang berisi garam agar digunakan menjadi tempat penyimpanan air dan garam sebanyak 1:4 atau sebanyak 1 kg garam diikuti dengan 4 kg air.

Pada mesin es balok amonia, garam digunakan untuk menurunkan titik beku pada air untuk digunakan sebagai perantara antara pendinginan pada cetakan es. Sistem kerja brine tank juga dinilai sangat kolot/tradisional di masa kini. Mengingat bahwa cetakan es pada brine tank akan diangkat menggunakan crane, kemudian didinginkan terlebih dahulu, dimasukan ke dalam air hangat, dan harus menunggu sampai es balok terlepas dari cetakan es.

Lalu bagaimana dengan sistem pengerjaan mesin es balok freon? apakah tradisional seperti mesin es balok amonia?

Mesin Es Balok Otomatis

mesin es balok otomatis

Sistem panen es yang digunakan lebih modern dari mesin es balok amonia. Mesin es balok freon dalam memanen es balok menggunakan sistem automatic direct cooling

Automatic direct cooling merupakan sistem yang dinilai lebih mudah pengerjaannya. Selain lebih sederhana, efisien dan efektif dalam proses pengerjaannya. Sistem mesin es balok freon lebih menguntungkan dibandingkan dengan sistem brine tank miliki mesin es balok amonia.

Sistem kinerja pada mesin es balok freon akan didinginkan oleh refrigerant. Ketika selesai proses pendinginan, es balok dapat dikeluarkan secara otomatis dari cetakan atau moulding es, es bisa langsung disimpan atau digunakan tanpa harus didinginkan atau dimasukkan kedalam air hangat seperti sistem brine tank pada mesin es balok amonia.

Fakta bahwa dalam sistem panen es mesin balok freon lebih efisien? kemudian bagaimana dengan biaya instalasi dan produksi keduanya?

Mana Lebih Efisien Dalam Biaya Instalasi dan Produksi

Mesin Es Balok Tanam

Karena mesin es balok amonia menggunakan sistem brine tank. Biaya yang dikeluarkan untuk investasi alat (crane dan diptank) untuk mengangkat mesin es balok dalam brine tank. Biaya instalasi membuat kolam air garam yang mahal karena memakan lahan banyak agar proses produksi es dapat banyak terpanen.

Produksi mesin es balok amonia mengeluarkan biaya tambahan untuk pembelian garam yang akan digunakan dalam membantu proses pendinginan es. Terakhir, kebutuhan mengenai SDM/pekerja yang dibutuhkan pada proses produksi es tidak sedikit karena mengingat banyak proses yang dilalui saat proses panen es balok menggunakan mesin es balok amonia.

Kemudian bagaimana dengan biaya dan produksi mesin es balok freon apakah sama-sama mengeluarkan biaya banyak seperti mesin es balok amonia?

Mesin Es Balok Otomatis

Tak usah khawatir akan membutuhkan biaya yang membengkak. Karena sistem yang digunakan automatic direct cooling maka biaya instalasi dan produksi pada mesin es balok freon akan lebih hemat pengeluaran.

Mengapa bisa? Karena sistem operasi sudah secara otomatis maka proses produksi pun akan lebih praktis dalam segi penggunaan waktu dan tidak memakan lahan yang banyak. Dalam proses pembekuan es balok tidak menggunakan kolam air garam dan biaya pembelian garam.

Mesin es balok freon juga tidak membutuhkan alat bantu lain seperti crane/diptank karena sudah terpasang secara modern dengan body compact. SDM yang dibutuhkan pun tidak sebanyak pada mesin es balok amonia, karena proses produksi praktis dan efisien hanya tinggal menunggu tanpa melakukan proses lain maka es balok akan dipanen secara mudah dan cepat.

Lebih hemat bukan sistem biaya instalasi dan produksi pada mesin es balok freon?

Selain biaya instalasi dan produksi. Kualitas hasil produksi es diantara keduanya juga memiliki perbedaan lhoo. Apa saja ya?

Mana Lebih Efisien Dalam Kualitas Es

Mesin Es Balok Tanam

Mesin es balok amonia dalam menghasilkan produksi es akan memakan waktu panen yang lama. Karena diketahui bahwa produksi mesin es balok amonia melewati banyak proses agar menghasilkan sebuah es balok.

Selanjutnya, untuk ukuran hasil es sebesar 25 kg akan membutuhkan waktu selama 12 jam. Waktu yang sangat lama dalam proses panen es balok pada mesin es balok amonia, yang membuatnya tidak efisien dalam proses produksi.

Selain memakan waktu yang sangat lama, hasil es pada mesin es balok amonia juga tidak food grade, hal tersebut terjadi karena penggunaan air garam dalam membantu proses pendinginan.

Mesin Es Balok Otomatis

Selain biaya instalasi dan produksi yang lebih hemat. Kualitas es balok yang dihasilkan juga hanya memakan waktu yang lebih singkat. Untuk ukuran 25 kg hanya membutuhkan waktu selama 6-8 jam.

Hasil es balok yang dihasilkan melalui mesin es balok freon dijamin berkualitas karena tidak kontak dengan air garam. Bahan material mesin es balok freon memiliki standar food grade yang aman dalam menjaga hasil jual produk Anda.

Sejauh ini dalam kualitas es, terbukti bahwa mesin es balok freon lebih efisien dari mesin es balok amonia.

Mana Lebih Efisien Dalam Kebutuhan Lokasi

Tak hanya kualitas es dapat terpengaruhi. Kebutuhan lokasi penempatan mesin juga dapat dipertimbangan.

Mesin Es Balok Tanam

Brine Tank

Pada mesin es balok amonia pembekuan es dilakukan dengan sistem tanam, serta membutuhkan kolam garam, dan memerlukan lahan yang lebih luas dari mesin balok freon.

Mesin Es Balok Otomatis

mesin es balok

Pada mesin es balok freon pembekuan es tidak membutuhkan lahan yang luas. Karena desain body mesin yang compact dan integerasi sehingga akan menghemat tempat dari mesin es balok amonia.

Kesimpulan

Setelah mengetahui fakta diatas. Anda dapat menyimpulkan sendiri manakah yang lebih efisien dianatar mesin es balok tanam dan otomatis?

Merujuk dari fakta pada artikel ini. Dapat disimpulkan bahwa mesin es balok otomatis lebih efisien dibandingkan dengan mesin es balok tanam. Fakta menunjukkan bahwa efisien mesin es balok freon dapat dilihat melalui sistem panen es yang lebih cepat dan praktis, biaya instalasi dan produksi lebih hemat, serta kualitas es yang dihasilkan standar dengan food grade.

Anda bingung mencari distributor mesin es balok otomatis yang berkualitas? Tak usah khawatir karena kami akan merekomendasikan Anda distributor terpercaya yang menyediakan mesin es balok freon berstandar internasional.

______________________________________________________________________________

PND Menyediakan Es Balok Standar Internasional 

    PND Ice Making System adalah perusahaan penyedia mesin es yang telah berpengalaman selama 35 tahun di industri mesin es. Tak hanya menyediakan mesin es PND Ice juga menyediakan jasa konsultasi pembangunan pabrik es.

Mesin es balok dapat di custom sesuai keinginan karena tersedia berbagai kapasitas dan ukuran 1 hingga 20 Ton/perhari. Dilengkapi sistem panen es otomatis, bentuk mesin es compact, waktu panen es lebih cepat, evaporator berbahan plat alumunium tanpa menggunakan sistem las agar anti korosi, proses pembekuannya pun tidak memerlukan garam.

Partner PND Ice tentu akan mendapatkan pelayanan terbaik, gratis konsultasi dan after sales, serta gratis pemeliharaan mesin selama masa garansi 12 bulan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top