Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

Kincir Air Tambak

Budidaya Secara Maksimal dengan Kincir Air Tambak

Budidaya ikan ataupun udang dapat berjalan di tambak dengan baik jika ditunjang dengan peralatan yang memadai. Namun tahukah Anda bahwa ada satu alat yang memiliki peranan penting dalam menunjang produktivitas budidaya. Alat tersebut adalah kincir air tambak. 

Kincir air tambak menjadi alat yang sangat penting untuk dimiliki pemilik tambak karena alat tersebut merupakan penjaga kestabilan ekosistem perairan dalam siklus budidaya.

Alat ini sangat berguna untuk menciptakan aerasi (proses peningkatan kandungan oksigen di dalam air). Bagi Anda yang ingin memaksimalkan kegiatan budidayanya dapat mengetahui fungsinya di bawah ini.

Fungsi kincir air tambak

Memilih benda yang digunakan untuk suatu kegiatan haruslah memiliki fungsi yang sesuai. Itulah yang patut Anda perhatikan ketika memilih benda untuk kegiatan budidaya. Kincir air tambak ini memiliki lima fungsi yang wajib Anda ketahui, yaitu

1. Memproduksi air buatan menjadi lebih alami dan menjaga tingkat DO supaya tetap konstan untuk menstabilkan proses biologis di sekitar tambak.

2. Membantu pendistribusian obat bagi binatang budidaya ketika sedang menggunakan perawatan kimia.

3. Membantu pada saat proses pencampuran karakteristik antara perairan tambak lapisana tas dan bawah yang dapat menjagai kehidupan binatang budidaya.

4. Membantu ketika proses pemupukan air dilakukan sebagai upaya membentuk kualitas air menjadi lebih stabil.

5. Membantu dalam pengarahan kotoran dasar tambak ke arah pembuangan yang selanjutnya memudahkan proses pembersihan dasar tambak.

Inilah 3 produk kincir air tambak terbaik

Setelah mengetahui fungsi dari kincir air tambak, Anda juga perlu mengetahui bagaimana caranya memilih produk yang memiliki kualitas maksimal.

Anda harus memperhatikan aspek di dalamnya, yaitu kualitas kipas yang memiliki banyak lubang untuk memaksimalkan proses aerasi, penghematan energi untuk mengoptimalkan kincir air tambak, dan juga penggunaan pelampung pada bagian alat tersebut.

PND merangkum 3 kincir tambak air terbaik yang dapat menjadi referensi Anda ketika ingin membelinya, di antaranya adalah

1. Olimpia

Kincir Air Tambak
(Tokopedia)

Merk kincir air tambak pertama ialah Olimpia. Alat ini dilengkapi dengan kipas yang memiliki lubang-lubang yang berdiameter sama. Lalu, alat ini dilengkapi dengan gearbox yang membantu penghematan energi sehingga kegiatan budidaya dapat berjalan maksimal dengan energi yang minim.

Alat ini juga disertai dengan pelampung yang menggunakan bahan HDPE yang dipercaya karena ketahanannya yang tinggi serta menggunakan lapisan anti sinar UV sehingga tahan terhada korosi. Harga alat ini adalah Rp5.200.000.

2. ACT

Kincir Air Tambak
(Tokopedia)

ACT (Asia Cahaya Teknik Prima) adalah merk selanjutnya yang menjadi bagian dari list ini. Merk ini berasal dari Indonesia. Kincir air tambak dari merk ini menggunakan bahan yang ramah lingkungan, terutama pada bagian penutup mesinnya yang menggunakan bijih plastik murni.

Selanjutnya alat dari merk ini juga memiliki mechanical seal yang berkualitas sehingga fungsinya sebagai penghalang keluar masuknya cairan dapat berjalan dengan baik. Harga yang dibanderol adalah Rp4.516.750.

3. Wang Jia

Kincir Air Tambak
(Tokopedia)

Merk terakhir dalam list ini adalah Wang Jia. Merk ini memiliki tenaga 1 HP yang digerakan dengan motor yang berdaya 750 W (320-400 V). Alat ini juga didukung dengan 2 unit kincir dengan material terbaik dan juga proteksi dari UV.

Sebagai bagian dari kegiatan budidaya, alat dari Wang Jia ini dapat bekerja dengan cepat menghasilkan kadar oksigen terlarut (DO) teratur hingga menstabilkan proses biologi di kolam ataupun tambak. Alat ini dapat diperoleh dengan harga Rp4.732.000.

Begini tips merawat kincir air tambak

Alat yang merupakan penunjang produktivitas kegiatan budidaya sudah seharusnya dijaga sebaik mungkin. Sebagai pemilik tambak, memastikan alat yang digunakan berfungsi secara optimal sangatlah penting. Mengenai hal tersebut, terdapat empat tips merawat kincir air tambak yang dapat dicoba.

1. Setelah memanen hasil budidaya, pentingnya menyeka pasir yang menempel pada permukaan alat. Caranya adalah dengan membersihkan dari padatan-padatan pasir yang menempel sehingga permukaan alat tidak mudah berkarat.

2. Memastikan tegangan listrik selalu stabil bila alat sedang digunakan. Hal tersebut bertujuan untuk memperpanjang usia motor penggerak alat.

3. Mengganti minyak pelumas roda gigi setelah digunakan selama 300 jam pada pemakaian pertama dan selanjutnya pada 3.600 jam kemudian di pemakaian selanjutnya. Upaya tersebut bertujuan untuk mengurangi kerusakan akibat gesekan.

4. Membersihkan organisme pada pelampung secara teratur untuk menjaga pelampung tetap mengambang secara normal dan membuat proses aerasi yang maksimal.

Penutup

Kegiatan budidaya dapat berjalan dengan maksimal jika menggunakan alat yang sesuai dengan peruntukannya. Kincir air tambak menjadi alat yang tepat untuk itu. Memiliki fungsi sebagai pencipta aerasi, alat ini dapat membantu meningkatkan kadar oksigen di dalam air sehingga sirkulasi air dapat terjaga. Penggunaan alat ini akan tetap optimal jika dirawat sebaik mungkin dan selalu dijaga kebersihannya.


PND Ice Making System adalah perusahaan penyedia mesin es dan ruang pendingin yang telah melayani project di seluruh Indonesia. Kami menyediakan mesin es tube dan mesin es cube untuk sektor konsumsi yang telah memenuhi standar food grade.

Bagi pelaku industri, PND juga menyediakan mesin es balok, mesin es slurry, dan mesin es flake yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim profesional kami sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top