Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

7 fakta menarik ekspor udang

7 Fakta Menarik Ekspor Udang

Ekspor udang memiliki hasil dan produksi berupa udang-udang terbaik. Bagi lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia, ikan dan udang merupakan sumber utama protein makanan. Tentu hal ini menjadi alasan mengapa ekspor udang merupakan bisnis yang diminati banyak orang. Akibatnya, ada pasar yang bagus untuk mengekspor udang ke berbagai negara, yang bisa menjadi bisnis yang menguntungkan bagi mereka yang terlibat.

Selain itu, bisnis ekspor udang dapat menyediakan lapangan kerja dan peluang ekonomi bagi masyarakat di negara tempat udang dipanen atau dibudidayakan. Tak perlu lama-lama, mari simak selengkapnya penjelasan 7 fakta menarik ekspor udang!

Fakta Menarik Ekspor udang

ekspor udang
(Pinterest)

Dalam suatu bisnis, alasan untuk kegiatan bisnis itu sendiri dapat berkembang tidak hanya berpusat pada kualitas hasil penjualan saja. Terdapat banyak juga temuan-temuan yang menarik dalam eskpor udang. Eskpor udang sebenernya bukan suatu hal yang bisa dianggap remeh. Beragam proses yang panjang selalu terjadi dalam bisnis ekspor, berlaku juga dalam bisnis ekspor benih udang.

Memang seluas itu ekspor udang memiliki fakta menarik dan unik di dalamnya sama seperti eskpor alpukat dan eskpor nanas. Ekspor produk laut ini juga merupakan industri yang signifikan di banyak negara di dunia. Beberapa fakta menarik tentang bisnis ekspor udang antara lain:

1. Nilai Ekspor Udang Sangat Tinggi

Udang adalah makanan laut yang paling banyak diperdagangkan di dunia, dengan nilai ekspor udang global lebih dari $30 miliar per tahun. Alasan yang paling utama karena hasil laut ini merupakan makanan laut populer.

Alasan lain dikarenakan dalam buddidaya udang diperlukan modal input yang cukup besar seperti pakan, tenaga kerja dan perawatan. Faktor lain yakni adanya nilai tukar mata uang yang fluktuatif sehingga harga udang sangat tinggi di pasaran.

2. Asia Menjadi Raja Budidaya Udang

Mayoritas udang dibudidayakan, dengan China, Indonesia, dan Thailand menjadi negara produsen utama. Salah satunya Indonesia yang memiliki garis pantai yang panjang merupakan lingkungan yang ideal untuk budidaya udang. Dengan iklim yang mendukung dan peran pemerintah yang mendukung petambak udang di Indonesia.

3. Negara Adidaya, Importir Udang Terbesar

Amerika Serikat adalah importir udang terbesar, diikuti oleh Jepang dan Uni Eropa. Pastinya sangat menarik negara besar seperti Amerika dapat menjadi importir terbesar. Hal ini dikarenakan Amerika Serikat tidak memiliki industri udang dalam negeri yang besar, sehingga bergantung pada impor untuk memenuhi permintaan makanan laut jenis ini.

Akhirnya, Amerika Serikat adalah negara besar dan maju secara ekonomi dengan daya beli yang tinggi, yang memungkinkannya mengimpor udang dalam jumlah besar dari negara lain.

4. Dampak Negatif Ekspor Udang

Budidaya udang dapat menimbulkan dampak lingkungan yang negatif, termasuk perusakan habitat, polusi, dan penyebaran penyakit. Dampak negatif ekspor udang ini terasa siginifikan di negara-negara berkembang yang mayoritas memproduksi udang.

Ketergantungan pada ekspor udang dapat menyebabkan ketergantungan ekonomi suatu negara. Satu komoditas ekspor, yang dapat membuat perekonomian suatu negara rentan terhadap gejolak ekonomi global.

5. Sisi Buruk Tambak Udang

Ada sejumlah sisi buruk yang terkait dengan ekspor udang, yaitu kegiatan dalam produksi dalam tambak udang. Perluasan tambak udang dapat menyebabkan kerusakan hutan bakau dan perlindungan garis pantai serta penyaringan air alami. Tambak udang juga dapat menyebabkan pencemaran air karena penggunaan bahan kimia dan pelepasan air limbah yang tidak diolah ke saluran air terdekat.

Ada juga dampak sosial dan ekonomi yang terkait dengan ekspor hasil laut ini. Dalam beberapa kasus, tambak udang dikaitkan dengan pelanggaran tenaga kerja, termasuk penggunaan tenaga kerja anak dan eksploitasi pekerja.

6. Ratusan Sertifikasi Ekspor Udang

Dalam bisnis ekspor tentu terdapat standar yang harus dipenuhi baik pengimpor maupun eskportir. Ekspor udang sendiri memiliki banyak aturan terkait kualitas produk, pendistribusian, hingga kemasan.

Ada berbagai program dan standar sertifikasi yang bertujuan untuk mempromosikan produksi udang yang berkelanjutan dan beretika, seperti Aquaculture Stewardship Council dan sertifikasi Best Aquaculture Practices.

7. Makanan Laut yang Populer

Alasan udang menjadi makanan laut yang populer karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan jenis makanan laut lainnya, seperti lobster atau scallop. Udang sangat serbaguna dan bisa dimasak dengan berbagai cara, termasuk dipanggang, digoreng, dan direbus.

Selain itu, udang merupakan sumber protein, vitamin, dan mineral yang baik, dan umumnya dianggap sebagai pilihan makanan yang sehat. Semua faktor ini berkontribusi pada popularitas udang sebagai salah satu jenis makanan laut di pasar.

Baca Juga:

Penutup

Pada akhirnya ekspor udang merupakan industri yang kompleks dan multifungsi yang memiliki beragam sisi menarik. Ekspansi industri ekspor udang dapat membawa perkembangan ekonomi dan lapangan kerja bagi negara produsen, tetapi juga dapat menimbulkan dampak lingkungan dan sosial yang negatif, seperti perusakan hutan bakau dan eksploitasi pekerja. Namun tentunya cold room dapat mengurangi eksploitasi pekerja, terutama cold room PND yang menggunakan sistem otomatis dan dapat dioperasikan dengan 1-2 orang saja.


Perikanan dan hasil laut adalah produk segar yang perlu penyimpanan baik agar tetap segar dan tahan lama. Bila Anda pelaku usaha perikanan, Anda bisa menggunakan mesin es balok atau mesin es flake untuk mendinginkan produk perikanan atau hasil panen agar kualitasnya terjaga. Untuk penyimpanan lebih maksimal, gunakan pula cold storage.

PND Ice Making System menyediakan berbagai mesin es berkualitas dan ruang pendingin yang dapat mendukung operasional bisnis Anda. Kami berkomitmen memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan dukungan layanan aftersales, garansi, dan kemudahan pembayaran melalui sistem kredit. Temukan solusi kebutuhan mesin es dan ruang pendingin Anda hanya di PND Ice!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top