Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

peluang bisnis es batu

Peluang Bisnis Es Batu beserta Analisa Usahanya

Bisnis es batu merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Meskipun demikian, masih banyak yang berpikir bahwa usaha es batu merupakan bisnis yang sepele. Pada akhirnya orang-orang lebih tertarik untuk memikirkan ide bisnis lain.

Padahal apabila melihat segmentasi pasar, berwirausaha es batu ternyata cukup menguntungkan. Hal ini karena target konsumen es batu yang luas dan jelas, hampir tidak mungkin jika tidak ada transaksi penjualan.

Selain itu, bisnis es batu dapat dikategorikan sebagai ide bisnis rumahan yang terbilang tidak memerlukan tempat yang luas. Tetapi, hasil yang Anda peroleh akan tetap menguntungkan alias bernilai cuan.

Apakah bisnis es menguntungkan?

Tentu saja, seiring dengan tingginya permintaan es batu sedangkan supply dari produsen es tidak mencukupi. Maka tidak salah lagi kalau berbisnis es batu akan sangat menguntungkan bagi pelakunya.

Sehingga, apabila Anda merupakan salah satu yang sedang mencari ide bisnis rumahan menguntungkan, usaha es batu adalah pilihan yang tepat. Mari kita ulas lebih dalam lagi mengenai bagaimana potensi bisnis es batu saat ini.

Target Konsumen Bisnis Es Batu

Sebelum memulai usaha apapun, penentuan target konsumen tentu saja menjadi yang pertama. Ini karena konsumen lah yang menjadi sumber pendapatan bisnis kita. Oleh karena itu, bijak rasanya jika mengetahui siapa target konsumen usaha es batu kita nanti.

1. Restoran, Cafe, Pengusaha Minuman

Jika berbicara mengenai es batu, tentu saja mempunyai ikatan erat dengan minuman dingin. Restoran, cafe dan pengusaha minuman tentu memerlukan pasokan es batu yang cukup untuk sajian mereka.

Kabar baiknya, tidak sedikit restoran, cafe dan pengusaha minuman memiliki mesin es batu sendiri. Sehingga untuk mencukupi kebutuhannya perlu peran supplier es batu. Disinilah bisnis es batu Anda akan berperan penting bagi beberapa restoran, cafe dan pengusaha minuman tersebut.

2. Nelayan dan Pengepul Ikan

Salah satu manfaat es batu selain untuk konsumsi adalah sebagai pengawet yang aman. Nelayan yang melaut tentu saja memerlukan cara agar ikan hasil tangkapannya tetap segar sebelum sampai ke pantai.

Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah mengawetkan ikan tangkapan dengan menyimpannya pada box berisi es batu. Bakteri pada ikan tidak akan mampu bertahan lama pada suhu dingin, sehingga ikan akan tetap segar.

Begitu juga di pengepul ikan, hasil tangkapan nelayan yang dijual ke pengepul akan diawetkan dengan cara yang sama. Hal ini karena caranya yang mudah, murah dan paling aman terutama untuk ikan konsumsi.

Oleh karena itu, permintaan pasokan es batu dari para nelayan dan pengepul ikan menjadi sangat tinggi. Bahkan di beberapa daerah terjadi kekurangan pasokan es batu, sehingga bisnis es batu Anda akan berperan penting pada sektor ini.

3. Rumah Potong Ayam

Seperti halnya pada ikan, es batu juga berguna untuk mengawetkan daging ayam terutama di rumah potong. Hal ini karena setelah ayam dipotong, maka sejak saat itu juga proses pembusukan dimulai.

Rumah potong ayam biasanya akan memerlukan es batu dalam jumlah yang banyak agar daging ayam tetap segar saat di perjalanan. Sehingga kerjasama dengan pengusaha es batu sebagai penyuplai es sangat diperlukan.

Persiapan Memulai Bisnis Es Batu

Setelah mengetahui segmentasi pasar, mungkin kini Anda mulai bertanya-tanya apa saja yang persiapan untuk memulai usaha es batu. Berikut ini penjelasan beberapa hal yang perlu Anda siapkan.1.

1. Menentukan Jenis Es

Terdapat macam-macam jenis es batu di pasaran. Maka sebelum memulai bisnis es batu sebaiknya Anda mengenali dulu es batu jenis apa yang akan Anda tawarkan. Hal ini tentu saja berhubungan dengan siapa target konsumen Anda.

Misalkan untuk target konsumsi, maka pilih jenis es yang biasanya aman dikonsumsi seperti es cube dan es tube. Jika untuk target pengawet, maka pilih es batu seperti es flake, es slurry dan es balok.

2. Mesin Es Batu

Setelah menentukan jenis es batu apa yang hendak dijual. Saatnya Anda mengetahui mesin es jenis apa yang tepat digunakan untuk memproduksi es batu tersebut. Hal ini karena setiap jenis es yang dibuat memerlukan mesin khusus.

Apabila masih bingung, Anda bisa mengkonsultasikan kepada PNDICE sebagai perusahaan penyedia mesin es berstandar Eropa. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan rekomendasi terkait jenis mesin es yang cocok untuk kebutuhan bisnis es batu Anda.

3. Tempat Produksi Es

Ketika persiapan sebelumnya sudah benar-benar siap, Anda kini perlu memikirkan di mana tempat produksi es batu dilakukan. Tentu saja untuk memulainya tidak harus memerlukan pabrik besar. Yang terpenting nantinya dapat menampung mesin es serta dapat menunjang proses kegiatan produksi.

Apa saja tantangan bisnis es batu?

Tantangan Usaha Es Batu

Dalam menjalankan usaha apapun tentunya akan selalu ada tantangan. Begitupun dalam menjalankan usaha es batu, terdapat beberapa tantangan yang perlu Anda hadapi kelak.

Tantangan pada saat musim penghujan, suhu yang dingin akibat hujan tentu dapat membuat permintaan pasokan es menurun. Hal ini karena pada saat musim hujan, pelanggan restoran atau cafe mungkin lebih memilih minum teh hangat dll.

Selanjutnya tantangan cuaca ekstrim pun menjadi tantangan bagi pelaku bisnis es batu. Di mana pada cuaca ekstrim seperti ombak tinggi, para nelayan mungkin tidak bisa pergi melaut.

Analisa Usaha Es Batu

Adapun untuk memulai usaha es batu, terdapat beberapa investasi awal agar Anda bisa segera menjalankan bisnis. Di antaranya yaitu

  1. Seperangkat mesin produksi es batu.
  2. Sumber daya listrik yang cukup.
  3. Instalasi sumber air bersih yang akan digunakan.
  4. Wadah box es batu untuk pengiriman.
  5. Alat transportasi untuk pengiriman pesanan.
  6. Gaji untuk karyawan
  7. Biaya pemeliharaan mesin.

Seperti itulah gambaran peluang usaha es batu mulai dari target pasar, persiapan serta tantangan yang akan Anda hadapi. Dengan mengetahui itu semua, harapannya Anda mendapatkan gambaran umum bahwa bisnis es batu cukup menjanjikan.

Sehingga ketika sudah memiliki tekad yang kuat, Anda bisa mulai memikirkan strategi usaha es batu yang akan Anda jalankan. Jika Anda benar-benar pemula dan membutuhkan seperangkat mesin produksi es batu berkualitas.

PNDICE adalah solusi terbaik untuk memulai usaha es batu Anda. Dengan pengalaman lebih dari 35 tahun, partner kami sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia pada berbagai sektor industri. Selain melayani pemesanan produk, perusahaan kami juga memberikan layanan konsultasi instalasi hingga pemasaran.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top