Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

Masalah umum pada mesin es komersial

9 MASALAH PALING UMUM PADA MESIN ES KOMERSIAL

Mesin es komersial adalah mesin pendingin yang dirancang khusus untuk digunakan di lingkungan komersial seperti restoran, kafe, toko es krim dan lain sebagainya. Terdapat perbedaan dengan mesin es rumahan karena mesin es komersial dirancang untuk menghasilkan es dalam jumlah yang lebih besar dan secara konsisten untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Dan juga jenis es batu yang dihasilkan pun berbeda – beda

Ada beberapa jenis mesin es komersial yang tersedia, termasuk mesin es serut, mesin es batu, mesin es krim. Mesin es tersebut akan menghasilkan es sesuai dengan jenis mesinnya, seperti mesin es batu digunakan untuk membuat es batu yang biasanya digunakan untuk mengkreasikan minuman. Selain digunakan untuk restoran dan kafe, banyak pula yang melihat peluang bisnis es dan tertarik memiliki mesin es untuk usaha.

Biasanya mesin es komersil memiliki kapasitas yang bervariasi, mulai dari kapasitas kecil hingga kapasitas yang sangat besar tergantung pada kebutuhan bisnis. Beberapa mesin es komersial juga dilengkapi fitur – fitur tambahan seperti pengatur suhu otomatis, sistem pengisian air otomatis dan sistem pembuangan air otomatis untuk memudahkan penggunaan dan perawatan.

Baca Juga : Ingin Usaha Es Kristal? Pahami Persiapannya!!

Apa Saja Masalah Pada Mesin Es?

es cube
(pinterest)

Sebagaimana mesin, tentu tidak terlepas dari kendala atau masalah, Terlepas dari beberapa masalah khusus, satu masalah umum dengan mesin es komersial adalah perbaikan mesin es sering kali diperlukan akibat penggunaan yang terlalu sering atau tidak dirawat dengan benar. Sehingga pada akhirnya menyebabkan kerusakan yang lebih sering dibanding mesin es rumahan.

Namun dengan pemeliharaan yang tepat, akan memberikan layanan tanpa rasa khawatir selama bertahun – tahun. Mesin es Komersil dapat mengalami berbagai macam masalah. Beberapa masalah umum yang mungkin terjadi pada mesin es meliputi:

1. Mesin Es Tidak Menyala

Jika mesin es komersil tidak dapat menyala, biasanya masalah ini sering disebabkan oleh aliran kabel daya yang rusak, penghubung listrik yang tidak berfungsi atau komponen mesin es yang rusak.

2. Kualitas Air

Salah satu masalah yang paling umum adalah kualitas air. Filter air mesin es komersial dapat membantu menghilangkan kotoran dari suplai air, meningkatkan kualitas es, dan memperpanjang umur mesin mereka dirancang untuk mempertahankan kadar klorin yang ada di air masuk Anda.

Hal ini dapat membantu melindungi mesin es Anda dari penumpukan biofilm yang berpotensi membahayakan. Biofilm sendiri merupakan lapisan bakteri berlendir yang dapat terbentuk pada permukaan yang terus – menerus terpapar kelembapan. Jika dibiarkan, biofilm dapat menyebabkan mesin es Anda menghasilkan es yang kotor, berasa tidak enak dan berbau tidak sedap.

3. Mesin Es Lembab

Permasalahan ini biasanya karena kelembapan tinggi di sekitar mesin es, kelembapan yang tinggi dapat terjadi karena mesin es terletak di tempat yang kurang ventilasi atau terlalu dekat dengan sumber panas.

4. Penumpukan Kondensasi

Masalah umum lainnya adalah penumpukan kondensasi. hal ini dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk tingkat kelembapan yang tinggi dan segel pintu yang bocor. Kebocoran ini tidak hanya dapat menyebabkan kerusakan air, tetapi juga dapat menyebabkan pembentukan jamur dan lumut yang berbahaya. Jika Anda mencurigai adanya kebocoran pada mesin es komersil Anda, penting untuk memperbaiki sesegera mungkin. Meskipun tidak semua masalah kondensasi dapat dicegah perawatanya, dengan melakukan pembersihan rutin dapat membantu meminimalkan risiko kerusakan.

5. Mesin Es Bising

Mesin es yang terlalu bising, biasanya kebisingan tersebut timbul karena disebabkan oleh komponen internal yang bergesekan, penggunaan yang berlebihan tanpa pengecekan rutin.

6. Penumpukan Es

Kasus seperti ini sering ditemukan, penumpukan es yang terjadi juga disebabkan oleh siklus pencairan yang tidak berfungsi dengan baik. Siklus pencairan inilah yang membuat es tidak menumpuk dan akhirnya mengambil alih freezer Anda. Sebagai tindakan mitigasi, penting juga untuk membersihkan mesin es Anda secara teratur dan memeriksa suplai air dan filter untuk memastikan agar tidak tersumbat.

7. Es Terlalu Kecil

Es yang terlalu kecil sering terjadi akibat mesin es tidak cukup dingin atau tidak bekerja dengan baik dan efisien. akibatnya es yang dihasilkan menjadi berukuran kecil dari biasanya.

8. Filter Air Kotor

Permasalahan lain pada mesin es komersil adalah filter air yang kotor. Ketika filter air mesin es komersil tersumbat, hal itu dapat menyebabkan mesin berhenti bekerja sama sekali. Selain itu, penumpukan kotoran dan es juga dapat menyebabkan penurunan efisiensi dan tagihan energi yang lebih tinggi.

Dengan menjaga filter air tetap bersih, Anda dapat membersihkan dan melakukan penyaringan pasokan air mesin es Anda secara teratur akan dapat membantu meningkatkan rasa dan aroma es Anda.

9. Es Tidak Membeku

Es yang tidak membeku, jika mesin es tidak dapat membekukan air menjadi es, kemungkinan masalahnya terletak pada suhu ruangan yang terlalu tinggi, kurangnya pendingin dalam mesin es atau kebocoran pada sistem pendingin.

Baca Juga : Jenis- jenis Es Batu dan Kegunaanya

Perlu Adanya Perawatan

mesin es komersial
pinterest

Jadi penggunaan mesin es komersial dapat membatu bisnis es Anda dalam meningkatkan efisiensi dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Namun, mesin es komersial juga memerlukan perawatan rutin dan pemeliharaan agar tetap berfungsi dengan baik dan memastikan keamanan pangan.

Untuk mengatasi masalah – masalah pada mesin es, sebaiknya memanggil teknisi yang berpengalaman untuk membantu memperbaiki atau melakukan perawatan pada mesin es. Terkadang, masalah yang tampaknya kecil pada mesin es dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar jika tidak segera ditangani dengan benar.

Perlu diingat, untuk memperhitungkan biaya perbaikan dan pemeliharaan. Mesin es komersil ini bisa mahal untuk dijalankan jika tidak dirawat dengan benar. Dalam jangka panjang, hal itu juga bisa menjadi sumber frustrasi bagi pemilik dan operator.

PND sendiri memiliki jasa layanan maintenance dengan teknisi ahli yang sudah bersertifikat. Dengan menangani masalah – masalah umum ini, Anda dapat membantu memperpanjang umur mesin es Anda dan menjaganya tetap berjalan lancar selama bertahun – tahun yang akan datang.

Baca Juga : Peluang Bisnis Es Cube ala PND


Memiliki bisnis di dunia food & beverage tentunya membutuhkan penggunaan es batu konsumsi. Bagi pelaku usaha restoran dan kafe, Anda bisa menggunakan mesin es sendiri untuk menghasilkan es batu kristal yang berkualitas. Jika Anda membeli es di agen es batu, atau ingin menyimpan bahan baku, simpan maksimal dengan menggunakan cold storage PND.

PND Ice Making System menyediakan berbagai mesin es berkualitas dan ruang pendingin yang dapat mendukung operasional bisnis Anda. Kami berkomitmen memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan dukungan layanan aftersales, garansi, dan kemudahan pembayaran melalui sistem kredit. Temukan solusi kebutuhan mesin es dan ruang pendingin Anda hanya di PND Ice!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top