Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

mesin pendingin ikan penghasil es slurry

Mesin Pendingin Ikan agar Tetap Segar

Bagi pengusaha ikan dengan jumlah besar, memiliki mesin pendingin ikan sendiri terbilang menjadi suatu keharusan untuk menjaga ikan tetap segar. Kesegaran ikan harus tetap terjaga baik ketika saat masih dalam kapal maupun setelah sampai di darat.

Berbagai metode pun banyak digunakan agar ikan tangkapan di atas kapal bisa tetap segar. Mulai dari menyimpannya di tempat penyimpanan berisi es balok yang telah disiapkan maupun dalam es slurry yang diproduksi di kapal.

Begitu juga untuk ikan yang sudah berada di darat, banyak cara untuk mengawetkan ikan tanpa pengawet kimia. Seperti menggunakan es balok, es flake atau bahkan secara khusus menggunakan mesin pendingin ikan berkapasitas besar.

Berapa suhu untuk pengawetan ikan?

Menurut Diyantoro, pada suhu 15-20 derajat celcius ikan dapat bertahan hingga 2 hari. Sedangkan pada suhu 5 derajat celcius ikan dapat bertahan selama 5 sampai 6 hari. Pada suhu 0 derajat celcius ikan bisa bertahan hingga 9 sampai dengan 14 hari.

Tampak bahwa pada suhu yang lebih rendah, ikan bisa bertahan lebih lama. Hal ini karena proses pendinginan dapat menghambat aktivitas bakteri serta enzimatis pada tubuh ikan. Akan tetapi pada suhu 0 derajat celcius tidak sampai menghentikan aktivitas bakteri.

Menurut Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan, aktivitas bakteri pada ikan baru bisa dihentikan saat suhu ikan -12 derajat celcius.

Apakah ikan beku masih segar?

Berdasarkan video singkat dari Totally Awesome, ikan yang masih hidup dibekukan ternyata tidak mati. Ketika ikan yang telah mengalami pembekuan itu dicairkan, nyatanya masih bisa bergerak seperti ikan hidup biasanya. Hal tersebut mengkonfirmasi bahwa ikan beku masih segar.

Mesin Pendingin Ikan di Atas Kapal

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, untuk mengawetkan ikan di atas kapal bisa menggunakan berbagai jenis es. Akan tetapi, karena ikan tangkapan yang berasal dari laut tidak sama dengan ikan air tawar.

Bahkan beberapa ikan laut mudah rusak jika salah memperlakukan, pada akhirnya bisa menurunkan kualitas dan harga. Sehingga ketika mengawetkan ikan laut di kapal menggunakan es, perlu pemilihan jenis es yang tidak merusak kondisi ikan.

Pilihan yang paling tepat adalah menggunakan es slurry yang memiliki bentuk menyerupai bubur. Sehingga proses pendinginan ikan menjadi merata dan tidak merusaknya. Namun masalahnya adalah jenis es batu ini tidak bisa tahan lama, sehingga untuk menghasilkannya harus produksi setiap saat.

Kabar baiknya, mesin es slurry sebagai mesin pembuat es untuk mendinginkan ikan laut di atas kapal bisa diinstall di kapal. Sehingga selama proses berlayar, produksi es tetap bisa dilakukan dan ikan tetap dalam kondisi segar walaupun waktu melaut masih lama.

Oleh karena itu, memilih mesin pendingin ikan di atas kapal dengan menggunakan mesin pembuat es slurry menjadi pilihan yang tepat. Bahkan bahan air untuk dapat memproduksi es jenis ini cukup dengan air laut langsung.

Selain itu, tipe mesin ini sangat mudah pengoperasiannya dan hemat daya. Pada akhirnya dengan keberadaan mesin ini di kapal, Anda tidak perlu khawatir terhadap kualitas ikan laut hasil tangkapan. Kemudian waktu melaut Anda bisa menjadi lebih lama, sehingga ikan tangkapan menjadi semakin banyak.

Mesin Pendingin Ikan di Darat

Jika sebelumnya berkaitan dengan pengawetan ikan tangkapan di laut, bagaimana dengan mengawetkan ikan di darat tanpa pengawet kimia?

Pada dasarnya cara sebelumnya bisa juga Anda lakukan di darat karena mesin pembuat es slurry pun bisa diinstall di darat. Namun jumlah ikan yang sudah sampai di darat kemungkinan lebih banyak dan persediaan air terbatas.

Untuk menjawab masalah tersebut, Anda bisa menggunakan mesin pendingin ikan di darat dengan Cold Room atau Cold Storage. Cold room merupakan tempat penyimpanan yang bisa diatur suhu ruangnya.

Dengan mengatur di suhu rendah, maka setiap bahan makanan mudah rusak yang berada di dalamnya bisa menjadi tahan lama. Tidak terkecuali terhadap hasil tangkapan ikan. Penggunaan mesin pendingin ikan ini harapannya bisa menjaga kualitas ikan dalam jumlah besar.

Adapun kapasitas cold room sendiri bermacam-macam, mulai dari kapasitas 3 ton/hari hingga 9 ton/hari. Sehingga apabila jumlah ikan yang perlu pengawetan lebih banyak dari kapasitas tersebut, Anda bisa melakukan kombinasi tiap kapasitas cold room.

Penutup

Itulah sedikit penjelasan mengenai mesin pendingin ikan yang bisa Anda gunakan agar kondisi ikan tetap dalam keadaan segar. Jika Anda membutuhkan mesin pendingin untuk ikan berupa cold room dengan kapasitas besar, atau mesin es slurry untuk di kapal.

PNDICE Making System adalah jawabannya. Kami menyediakan cold room mulai dari kapasitas 3 ton/hari 6 ton/hari hingga 9 ton/hari. Juga menjual mesin es slurry dengan kapasitas 3 ton/hari sampai 20 ton/hari.

Keunggulan cold room dari PNDICE yaitu bersifat customizable sehingga dapat Anda bangun sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, bahan panel ruang pendinginnya terbuat dari Polyurethane sehingga produk akan terjaga dengan baik sesuai pengaturan suhu.

Untuk sistem pendinginan, produk kami menggunakan Programmable Logic Controller (PLC). Sehingga pengaturan suhu bisa Anda lakukan dengan mudah dari luar ruangan.

Adapun keunggulan mesin es slurry kami yaitu menggunakan kompresor merek asal Jerman. Sedangkan rangkanya menggunakan bahan Stainless Steel SUS316 yang kuat dan tidak mudah korosi.

PNDICE – Solusi terbaik mesin es.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top