Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

molting pada udang

Intip Proses Molting pada Udang

Molting pada udang merupakan proses akan terjadi alami oleh setiap udang. Kejadian ini mirip dengan ular yang mengganti kulit maupun kepiting yang mengganti cangkang. Sama-sama menarik untuk diperhatikan bagi Anda pecinta hewan air tawar ini.

Namun pada masa molting, udang akan mudah diserang oleh berbagai jenis penyakit. Pembudidaya udang sangat memperhatikan fase ini untuk mempertahankan kualitas hasil budidaya. Tak perlu lama-lama mari kita simak dan ulas artikel di bawah ini.

Mengenal Molting pada Udang?

molting pada udang
(pinterest)

Molting adalah proses dimana udang melepaskan cangkang lama dan membentuk cangkang baru. Proses ini dikendalikan oleh hormon yang disebut ecdyson. Pada saat molting, udang akan melepaskan diri dari cangkang lama dan membentuk cangkang baru yang lebih besar dan kuat.

Proses ini biasanya terjadi secara berkala dan dibutuhkan waktu beberapa hari sampai beberapa minggu untuk selesai. Pada saat molting, udang akan menjadi lemah dan rentan terhadap serangan predator dan berbagai penyakit. Petambak wajib memperhatikan siklus ini karena penyakit udang vaname siap datang kapan saja.

Baca Juga: Ekspor Benih Udang, Kenapa Enggak?

Kapan periode molting udang?

Periode molting pada udang bervariasi tergantung jenis spesiesnya. Namun, umumnya terjadi setelah fase pertumbuhan (post-larva) dan sebelum fase dewasa. Pada beberapa spesies, molting dapat terjadi setiap beberapa hari atau minggu, sementara pada spesies lain dapat terjadi setiap bulan atau bahkan setiap beberapa bulan.

Petambak juga harus memperhatikan bagaimana cara antisipasi perawatan saat produk udang ekspor berada pada fase molting. Untuk lebih lengkapnya, Partner PND bisa melihat ulasan berikut ini.

Bagaimana cara merawat fase molting?

Proses ini sangat menentukan kesuksesan budidaya udang, karena umumnya udang yang gagal molting akan mati dan menjadi limbah. Udang yang mati saat molting akan menjadi limbah bersama dengan pakan ikan tenggelam. Berikut cara pasti merawat udang saat fase molting.

  1. Memberikan makanan yang bergizi: Udang membutuhkan nutrisi yang cukup selama proses molting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Makanan yang diberikan harus mengandung protein tinggi dan vitamin yang diperlukan untuk proses molting.
  2. Menjaga suhu air yang stabil: Suhu air yang stabil sangat penting selama proses molting, karena udang membutuhkan lingkungan yang konsisten untuk mengalami perubahan yang sehat.
  3. Menjaga kualitas air yang baik: Kualitas air yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan udang selama proses molting. Pastikan untuk menjaga pH, kadar oksigen, dan kadar amonia dalam batas normal.
  4. Menjaga keamanan: Udang yang sedang dalam proses molting lebih rentan terhadap serangan predator. Pastikan untuk menjaga keamanan udang dengan menyediakan tempat yang aman dan menghindari adanya predator di dalam akuarium.
  5. Memberikan perlindungan: Udang yang sedang dalam proses molting membutuhkan perlindungan dari cahaya yang terlalu terang dan dari arus air yang kuat. Pastikan untuk memberikan perlindungan yang cukup dengan menyediakan tempat yang teduh dan mengurangi kecepatan arus air.

Tahapan proses molting udang

Proses molting pada udang memiliki tahapan-tahapan tertentu yang nantinya menentukan cara perawatannya. Biasanya fase ini terjadi pada kisaran 3-8 minggu. Ada beberapa tahapan saat proses molting pada udang seperti berikut ini:

1. Post-Molting

Tahapan ini merupakan proses yang sama seperti reptil mengganti kulit, udang saat molting juga melepaskan kulit lamanya. Kulit baru pada udang akan muncul bersamaan dengan penyerapan air. Proses ini berlangsung dengan hitungan jam saja.

2. Fase Molting

Ini merupakan proses yang mengakibatkan udang akan mati dan resiko kematiannya cukup tinggi. Proses ini memerlukan otot-otot udang dan melepas kulit dengan eksoskeletonnya.

3. Inter-Molt

Kulit udang semakin mengeras dengan adanya protein dan mineral dalam tubuh udang. Selain itu, bobot udang dalam proses peningkatan, sehingga nafsu makannya meningkat.

4. Pre-Molt

Udang mempersiapkan diri untuk molting selanjutnya. Nafsu makan udang menurun dan lapisan kulit baru mulai tumbuh.

Faktor udang gagal Molting

Jika udang gagal dalam proses molting, ia akan tetap dalam cangkang lama dan tidak dapat tumbuh atau berkembang. Ini dapat menyebabkan masalah kesehatan dan kematian pada udang. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan gagal molting antara lain:

  1. Nutrisi yang tidak cukup: Udang yang tidak memperoleh nutrisi yang cukup selama proses molting dapat mengalami masalah dalam perkembangan dan perubahan cangkang.
  2. Kualitas air yang buruk: Kualitas air yang buruk dapat menyebabkan masalah kesehatan pada udang dan menghambat proses molting.
  3. Lingkungan yang tidak stabil: Lingkungan yang tidak stabil dapat menyebabkan stres pada udang dan menghambat proses molting.
  4. Penyakit: Penyakit dapat menyebabkan masalah kesehatan pada udang dan menghambat proses molting.
  5. Kelebihan populasi: Kelebihan populasi dapat menyebabkan kompetisi untuk makanan dan ruang, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada udang dan menghambat proses molting.

Penutup

Itulah informasi seputar molting pada udang. Mari kita persiapkan tambak kita untuk fase molting selanjutnya! Jika Partner PND ingin mempelajari tahap lanjutan dari bisnis tambak udang ini, Anda bisa menghubungi PND untuk konsultasi bisnis menggunakan mesin es dan ruang penyimpanan dingin. Anda juga bisa mempelajari budiaya produk tambak lainnya melalui artikel kami selengkapnya!

Baca Juga:


Perikanan dan hasil laut adalah produk segar yang perlu penyimpanan baik agar tetap segar dan tahan lama. Bila Anda pelaku usaha perikanan, Anda bisa menggunakan cold storage udang untuk mendinginkan hasil panen dan perikanan agar kualitasnya terjaga. Untuk penyimpanan lebih maksimal, gunakan pula mesin cold storage.

PND Ice Making System menyediakan berbagai mesin es berkualitas dan ruang pendingin yang dapat mendukung operasional bisnis Anda. Kami berkomitmen memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan dukungan layanan aftersales, garansi, dan kemudahan pembayaran melalui sistem kredit. Temukan solusi kebutuhan mesin es dan ruang pendingin Anda hanya di PND Ice!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top