Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

pakan udang vaname

Pakan Udang Vaname: Nutrisi, Jenis, Rekomendasi, dan Takaran

Pakan udang vaname perlu Anda perhatikan sebelum melakukan budidaya udang ini. Pemberian pakan yang benar dapat membantu menunjang pertumbuhannya. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda mengetahui seputar pakan udang tersebut.

Ketersediaan pakan terhadap udang ini sangat penting untuk meningkatkan bobotnya. Jika udang vaname dapat tumbuh dengan baik, maka produktivitas udang vaname dan bisa mempengaruhi kualitas panen udang tersebut. Bagi pembudidaya udang vaname wajib mengetahui kandungan apa saja yang harus ada di dalamnya.

Nutrisi dalam pakan udang vaname

pakan udang vaname
(Freepik)

Pemberian pakan udang vaname dengan memperhatikan kandungan nutrisinya dapat membantu percepatan pertumbuhan ayam. Tujuan mengetahui nutrisinya adalah untuk menambah berat badan selama masa pertumbuhan. Ukuran udang vaname juga bisa lebih besar saat dipanen.

Supaya nutrisi udang vaname terpenuhi, dalam pakannya harus mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, air, abu, dan serat kasar. Kandungan utama pada pakan udang vaname, yaitu protein berfungsi sebagai sumber energi selama pertumbuhan berlangsung.

Jenis pakan udang vaname

pakan udang vaname
(Pixabay)

Pakan menjadi komponen penting dalam proses budidaya udang vaname. Pakan udang ini terdiri dari dua jenis, yaitu pakan alami dan buatan. Pada kedua jenis tersebut terdapat masing-masing macam yang bisa menjadi opsi bagi Anda dalam memberikan pakan udang tersebut.

Pakan alami berasal dari organisme hidup yang terdiri dari dua, yaitu fitoplankton dan zooplankton. Kedua macam pakan alami ini mengandung serat yang baik untuk udang vaname. Pakan alami juga berperan penting dalam memenuhi gizi saat awal pertumbuhan udang.

Berikutnya adalah pakan buatan. Pakan ini terbuat dari campuran bahan alami dan olahan yang terdapat kandungan nutrisi tertentu. Pakan buatan terdiri dari beberapa varian yang pemberiannya berdasarkan masa pertumbuhan udang, di antaranya adalah pakan tepung, crumble, dan pelet.

Demikian kedua jenis pakan udang vaname yang bisa Anda sesuaikan pemberian. Di bawah ini terdapat rekomendasi pakan yang bisa menjadi pilihan.

Rekomendasi pakan udang vaname

pakan udang vaname
(Pixabay)

Pakan alami dan buatan tentunya dapat membantu pertumbuhan udang. Namun terkadang pembudidaya merasa bingung dalam menentukan merk pakan. Bagi Anda yang sedang mencari pakan udang vaname yang sesuai dengan kebutuhan, PND merekomendasikan 3 varian pakan udang.

1. Feng Li Gold

pakan udang vaname

Feng-Li Gold merupakan pakan berkualitas tinggi untuk udang vaname. Terbuat dari bahan baku pilihan, nutrisi yang lengkap, dan nucleotides yang berguna untuk memperkuat daya tahan udang terhadap penyakit. Mengandung protein 38%, lemak 5%, serat 3%, abu 13%, kadar air 11%

Pakan ini memiliki keunggulan yaitu mempercepat pertumbuhan udang, meningkatkan daya tahan udang, membantu menjaga kualitas air selama budidaya, dan mendukung pengelolaan penggantian air yang minim dalam budidaya udang.

2. Beryl

Beryl adalah pakan udang yang diperuntukkan bagi udang vaname. Mengandung protein 36%, lemak 6%, air 12%, serat kasar 15%, dan abu 15% dapat memenuhi kebutuhan udang vaname selama budidaya. Pakan ini berbentuk pelet atau crumble yang bersifat tenggelam.

Keunggulannya adalah membantu menjaga kualitas pakan sehingga nutrisi dan kesegarannya terjaga. Selain itu, mengandung  mineral dan vitamin organik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi udang. Dan dilengkapi teknologi bio-fermentasi untuk menambah nilai fungsional dalam memelihara kesehatan umum udang.

3. Tata TC

Tata TC adalah pakan udang untuk budidaya tradisional. Dengan menggunakan bahan baku berkualitas, terdapat nutrisi lengkap sesuai dengan kebutuhan udang dan udang tumbuh lebih sehat. Tata TC tidak mencemari air kolam tambak sehingga sangat ramah lingkungan. Mengandung protein 26%, lemak 5 %, fiber 5%, ash 15%, dan moisture 11%.

Takaran pakan berdasarkan usia

pakan udang vaname
(Pixabay)

Pemberian pakan terhadap udang ini bisa Anda terapkan berdasarkan masa pertumbuhannya. Setiap tingkatan usia udang ini terdapat perbedaan jenis pakan yang diberikan karena daya cernanya yang menyesuaikan bahan pakan. Mengenai penjelasan lebih detailnya dapat Anda temukan di bawah ini.

1. Usia di bawah 15 hari

Benur udang berusia di bawah 15 hari membutuhkan pakan yang mudah dicerna. Bahan pakan yang tepat adalah jenis tepung. Tepung memiliki begitu halus dan terdapat kandungan nutrisi yang cocok untuk menunjang pertumbuhan udang vaname.

Anda dapat memberikan pakan tepung dengan dosis sebesar 15% sampai 75%. Pemberian pakan dilakukan sebanyak 3 kali sehari pada benur udang vaname yang memiliki bobot kurang dari 1 gram.

2. Usia 16 hingga 45 hari

Benur yang berusia 16 sampai 45 hari membutuhkan pakan yang berbeda, yaitu jenis crumble. Pada usia 16 sampai 30 hari, Anda dapat memberikan pakan dengan dosis 15% sampai 25%. Pemberian pakan dilakukan sebanyak 4 kali sehari pada benur yang berbobot 1 sampai 2,5 gram.

Lalu pada usia 31 sampai 45 hari, pemberian pakan jenis crumble dilakukan sebanyak 5 kali sehari. Ketentuan dosis yang tepat adalah sebesar 10% sampai 15% pada udang dengan bobot 2,6 sampai 5 gram.

3. Usia 46 hingga 120 hari

Benur pada usia rentang ini membutuhkan pakan sejenis pelet. Udang vaname berusia 46 sampai 60 hari yang berbobot 5,1 sampai 8 gram memerlukan pelet dengan dosis 7% sampai 10%. Berikutnya ialah udang vaname yang berusia usia 61 sampai 75 hari dengan bobot 8,1 sampai 14 gram diberi pakan dengan dosis 5% sampai 7%.

Selanjutnya bagi udang yang berusia 76 sampai 90 hari yang memiliki bobot 14,1 sampai 18 gram mendapatkan pakan dengan dosis 3% sampai 5%. Begitu pula pada udang vaname berusia 91 sampai 105 hari dengan bobot 18,1 sampai 30 gram membutuhkan besaran dosis yang sama.

Pada udang berusia 106 sampai 120 hari atau sampai masa panen tiba memerlukan pakan dengan kuantitas lebih sedikit. Dengan bobot sebesar 20,1 sampai 22,5 gram, udang vaname membutuhkan pakan dengan dosis 2 sampai 4%. Pemberian pakan pada benur berusia 46 sampai masa panen dilakukan sebanyak 5 kali sehari.


Perikanan dan hasil laut adalah produk segar yang perlu penyimpanan baik agar tetap segar dan tahan lama. Bila Anda pelaku usaha perikanan, Anda bisa menggunakan cold storage udang untuk mendinginkan hasil panen dan perikanan agar kualitasnya terjaga. Untuk penyimpanan lebih maksimal, gunakan pula mesin cold storage.

PND Ice Making System menyediakan berbagai mesin es berkualitas dan ruang pendingin yang dapat mendukung operasional bisnis Anda. Kami berkomitmen memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan dukungan layanan aftersales, garansi, dan kemudahan pembayaran melalui sistem kredit. Temukan solusi kebutuhan mesin es dan ruang pendingin Anda hanya di PND Ice!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top