Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

suhu cold storage

Pahami Suhu Cold Storage untuk Agrikultur

Suhu cold storage dapat disesuaikan dengan benar dengan kondimen atau bahan yang akan disimpan. Terutama untuk produk dari hasil pertanian baik itu sayuran maupun buah-buahan. Penyimpanan pada cold storage juga perlu disesuaikan dengan tujuan dari penyimpnanan serta lama masa penyimpanan.

Untuk buah dan sayuran, kisaran suhu yang ideal adalah antara 32 dan 40 derajat Fahrenheit. Kisaran ini dikenal sebagai “kisaran pendinginan”, dan ini membantu memperlambat respirasi dan proses pematangan, sekaligus menjaga produk tetap segar dan mencegah pembusukan.

Penting untuk diperhatikan bahwa tidak semua produk cocok untuk penyimpanan dingin dan beberapa perlu disimpan pada suhu cold storage. Simak penjelasan lengkap mengenai macam suhu cold storage untuk Agrikulutur!

Pahami Suhu Cold Storage Ideal

suhu cold storage
(pinterest)

Suhu pada setiap mesin storage memiliki suhu yang berbeda-beda, ada mesin penyimpanan dingin yang memiliki suhu rendah sampai dengan suhu tinggi. Berdasarkan penggunaanya cold storage memiliki jenis-jenis tertentu yang disesuaikan dengan produk yang akan disimpan.

Dengan adanya ragam dan jenis tersebut tentunya pasti suhu cold storage memiliki banyak pertimbangan yang perlu di pikirkan sebelum menggunakannya. Ada beberapa cara penyimpanan hasil panen pertanian yang sesuai dengan suhu cold storage yang sesuai untuk jenis tanaman tersebut:

Penyimpanan Controlled Atmosphere (CA)

Metode ini melibatkan modifikasi komposisi atmosfer penyimpanan untuk memperpanjang umur simpan produk. Ini dicapai dengan menyesuaikan kadar oksigen, karbon dioksida, dan etilen. Cara ini cocok untuk buah-buahan seperti apel, pir, dan kiwi.

Pengemasan Modified Atmosphere (MA)

Metode ini melibatkan pengemasan produk dalam wadah atau kantong kedap udara dengan atmosfer yang dimodifikasi yang disesuaikan dengan tanaman tertentu. Metode ini cocok untuk sayuran hijau dan produk yang mudah rusak lainnya.

Hydro Cooling Suhu Cold Storage

Metode ini melibatkan pendinginan produk secara cepat dengan merendamnya dalam air dingin atau menyemprotnya dengan kabut air dingin. Cara ini cocok untuk buah dan sayur yang sensitif terhadap tekanan dan mudah ancur.

Suhu Cold Storage Produk Pertanian

suhu cold storage
(pinterest.com)

Penting untuk dicatat bahwa tidak semua tanaman dapat disimpan dengan cara yang sama, dan pilihan metode penyimpanan akan bergantung pada jenis tanaman, jumlah yang disimpan dan lama penyimpanan, dan tentu saja persyaratan suhu penyimpanan khusus dari tanaman.

Suhu penyimpanan yang tepat untuk berbagai jenis produk pertanian dapat sangat bervariasi. Berikut adalah beberapa contoh umum:

  • Apel: 30 hingga 32 derajat Fahrenheit
  • Berries (stroberi, raspberry, blueberry, dll.): 34 hingga 38 derajat Fahrenheit
  • Melon (melon, melon, semangka): 55 derajat Fahrenheit
  • Jeruk, lemon, limau: 45 hingga 50 derajat Fahrenheit
  • Persik, nektarin: 30 hingga 32 derajat Fahrenheit
  • Pir: 30 hingga 32 derajat Fahrenheit
  • Sayuran (selada, brokoli, kol, dll.): 32 hingga 40 derajat Fahrenheit
  • Sayuran akar (wortel, lobak, bit, kentang): 32 hingga 40 derajat Fahrenheit
  • Bawang, bawang putih: 32 hingga 40 derajat Fahrenheit
  • Labu Musim Dingin: 50 hingga 55 derajat Fahrenheit

Baca juga: 

Perlakuan Khusus suhu cold storage

Perlu diingat bahwa daftar ini tidak lengkap, juga ada beberapa pengecualian, seperti tomat lebih baik disimpan di temperatur ruangan bukan di cold storage. Beberapa produk pertanian memerlukan suhu yang berbeda-beda untuk penyimpanan yang tepat. Beberapa contoh:

  • Buah-buahan segar seperti apel, pisang, dan jeruk perlu disimpan pada suhu yang dingin (sekitar 4-7 derajat Celcius) dan di udara yang lembab untuk menjaga kualitasnya.
  • Sayuran segar seperti kubis, wortel, dan kentang perlu disimpan pada suhu yang lebih tinggi (sekitar 10-15 derajat Celcius) dan di udara yang lembab untuk mencegah kerusakan.
  • Bawang merah dan bawang putih harus disimpan dalam ruangan yang sejuk dan kering untuk mencegah kerusakan.
  • Buah-buahan yang sudah dijemur seperti kacang-kacangan, kacang tanah, kacang-kacangan, jagung dan biji-bijian harus disimpan dalam ruangan yang kering dan bersuhu dingin untuk mencegah kerusakan.

Penting untuk diingat bahwa produk pertanian yang rusak atau tidak tepat disimpan dapat menyebabkan kerugian ekonomi yang signifikan dan juga dapat berbahaya bagi kesehatan konsumen.

Minimalisir kesalahan suhu cold storage

Selalu penting untuk memeriksa pedoman penyimpanan untuk tanaman tertentu yang ingin Anda simpan, dan menjaga kisaran suhu, kelembapan, cahaya, dan ventilasi yang tepat agar tetap segar. Beberapa cara untuk meminimalkan kesalahan suhu dalam penyimpanan produk pertanian di cold storage adalah:

Menjaga suhu cold storage yang sesuai

Pastikan untuk menyimpan produk pertanian pada suhu yang sesuai dengan jenis produk tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan termometer untuk memonitor suhu secara berkala.

Pengendalian suhu secara otomatis

Menggunakan sistem pengendali suhu yang otomatis akan membantu untuk menjaga suhu tetap stabil dan mengurangi risiko kesalahan suhu.

Maintenance cold storage

Melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin pada sistem pendingin dan peralatan lainnya dapat membantu untuk memastikan bahwa sistem tersebut berfungsi dengan baik dan mengurangi risiko kerusakan.

Menjaga cold storage tetap bersih

Menjaga cold storage tetap bersih dan kering dapat membantu untuk menjaga suhu yang stabil dan mengurangi risiko kerusakan pada produk pertanian.

Baca juga: Cold Room Berstandar Internasional, Percayakan Distributor PND!


Komoditas-komoditas panen yang unggul tentunya dihasilkan melalui sistem pertanian dan agrikulutur yang terbaik untuk kebutuhan pangan. Bila Anda memiliki usaha di sektor pertanian dan agrikultur, Anda bisa menggunakan mesin cold storage Kami untuk menjaga ketahanan kualitas hasil produk panen Anda.

PND Ice Making System menyediakan berbagai mesin es berkualitas dan ruang pendingin yang dapat mendukung operasional bisnis Anda. Kami berkomitmen memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan dukungan layanan aftersales, garansi, dan kemudahan pembayaran melalui sistem kredit. Temukan solusi kebutuhan mesin es dan ruang pendingin Anda hanya di PND Ice!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top