Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

Kandang Ayam Rumahan

Kandang Ayam Rumahan Ideal

Apa yang terpikir ketika mendengar kandang ayam rumahan. Pastinya terpikir banyak hal mengenai bagaimana bentuk, dan seberapa besar ukuran kandang ayam sederhana tersebut.

Beragam kandang ayam rumahan bisa Anda jadikan pilihan untuk ayam yang dipelihara. Mulai kandang yang terbuat dari bambu sampai besi, dan banyak juga bahan lainnya yang bisa digunakan untuk membuat kandang ayam rumahan.

Namun apapun jenis kandang ayamnya, pastikan ayam nyaman dalam kandang. Untuk lebih lengkapnya mari kita simak selengkapnya kandang ayam rumahan ideal di artikel berikut ini!

Kandang Ayam Rumahan

Kandang ayam secara sederhana adalah bangunan kecil yang dirancang untuk menampung dan melindungi ayam. Ini biasanya mencakup area berpagar untuk ayam berkeliaran dan akses ke makanan dan air, serta tempat berlindung kecil bagi mereka untuk tidur dan bertelur.

Kandang ayam rumahan
(Pinterest.com)

Kandang ayam rumahan yang dimaksud disini adalah kandang yang menampung ayam untuk dipelihara di sekitar rumah bukan untuk skala industri ternak ayam. Maka dari itu ukuran dan desain kandang rumahan bisa sangat bervariasi.

Kandang ayam rumahan berbeda dengan kandang ayam broiler yang terdapat berbagai jenis kandang. Tetapi pembuatan kandang sebenarnya memiliki tujuan yang sama. Tujuannya adalah menyediakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi ayam untuk ditinggali.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Kandang Ayam Rumahan

kandang ayam rumahan
(pinterest.com)

Terdapat banyak jenis kandang ayam sederhana yang bisa Anda buat sesuai dengan kemauan Anda. Untuk ternak ayam kampung pastikan membuatkan area umbaran disekitar kandang.  Sebelum membuat kandang ayam rumahan, perlu diperhatikan beberapa hal berikut:

1. Ukuran 

Sebelum membuat kandang ayam minimalis, pastikan anda telah menghitung jumlah ayam yang dimiliki. Karena kandang rumahan ini umumnya dibuat dengan lahan yang terbatas dan pastinya tidak menampung banyak ayam. 

2. Posisi

Pastikan ketika Anda membuat kandang ayam sederhana tidak berada dekat dengan rumah-rumah sekitar. Bau tak sedap dari kotoran ayam dapat menggangu warga sekitar bahkan Anda sendiri.

Pastikan juga agar kandang rumahan ini menhadap ke arah datangnya sinar matahari. Sinar matahari sangat bagus untuk pertumbuhan ayam.

3. Material

Pahami dengan baik bahan apa yang akan digunakan untuk membuat kandang ayam rumahan Anda. Bisa menggunakan bahan-bahan seperti triplek atau bambu. Selain murah, bahan tersebut mudah diolah sedemikian rupa agar menjadi kandang ayam yang layak pakai. 

Cara Membuat Kandang Ayam Rumahan

Untuk cara membuat kandang ayam sederhana dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Bahan dasar pembuat kandang ayam jawa juga dapat berupa kayu bambu dan besi.

Kandang ayam rumahan
(pinterest.com)

1. Siapkan alat dan bahan kandang rumahan

Anda perlu menyiapkan berbagai alat yang digunakan untuk memotong bahan kandang rumahan. Siapkan amplas, palu, paku ukuran kecil dan sedang, meteran, serta pensil. Tak lupa alat-alat tajam seperti gergaji. pisau, dll. 

Bahan yang digunakan juga perlu disiapkan seperti triplek, kayu, besi, alas litter. Semuah bahan dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda. Persiapkan juga sarung tangan, sebab tetap saja ada risiko tangan terkena serat dari kayu atau bambu dan bisa membuat luka.

2. Buat pola kerangka Kandang Ayam

Umumnya kandang ayam skala rumahan tidak berukan besar dan hanya menampung 2-5 ekor ayam saja. Tinggi kaki kandang bisa didirikan dengan tinggi sekitar 10 cm untuk bentuk panggung.

Namun Anda juga bisa menyesuaikan apakah kandang ayam langsung menyentuh tanah atau memiliki jarak dengan tanah. Jangan lupa untuk mengukur tinggi dari alas sampai ke atap kandang. Ayam harus memiliki ruang bebas ketika berada dalam kandang.

3. Membuat lantai kandang ayam

Langkah selanjutnya adalah membuat lantai kandang ayam. Anda perlu mengukur bagian dalam kandang untuk menempatkan alas yang tepat sesuai jenis kandang yang diinginkan.

Bagi Anda yang memiliki ayam kampung, perlu diperhatikan bahwa ayam kampung tidak nyaman dengan alas buatan. Lantai yang digunakan haruslah diamplas hingga halus dan tidak menggunakan bahan yang tajam.

4. Membuat dinding kandang ayam 

Umumnya, dinding kandang ayam rumahan dibuat dari bambu atau akayu  yang berukuran sekitar 2-3 cm. lalu untuk panjangnya akan menyesuaikan dengan desain yang Anda buat sebelumnya.

Pastikan dinding ini tidak terlalu tinggi,  sebab akan mengurangi daya topang dari atap kandang ayam yang Anda buat. Dinding kandang tidak boleh terlalu rapat, guna menjaga sirkulasi udara tetap mengalir.

5. Membuat atap kandang

Material yang dapat Anda gunakan yaitu triplek yang cukup kuat dan mampu menahan terpaan hujan. Bahan lain yang bisa Anda gunakan yaitu menggunakan bahan asbes maupun seng yang memiliki daya tahan lebih tinggi.

Tapi pastikan jika atap kandang ayam ukurannya lebih besar dari kerangka. Hal ini bertujuan agar saat hujan turun, air hujan tidak rembes ke arah kandang.

Penutup

Itulah ulasan lengkap mengenai kandang ayam rumahan yang bisa Anda jadikan referensi dalam membangun kandang ayam minimalis. Jika Anda berniat mendalami lebih jauh tentang bisnis potong ayam, Anda akan memerlukan mesin es untuk menjaga ketahanan produk ayam potong. PND menyediakan mesin es balok, mesin es flake, dan ruang pendingin cold room dapat Anda pilih dan sesuaikan sesuai kebutuhan operasional bisnis Anda.

Baca Juga:

PND Ice Making System adalah perusahaan penyedia mesin es dan ruang pendingin dengan berbagai project di sekuruh Indonesia. Kami menyediakan Mesin es balok, mesin es flake, dan cold room untuk sektor daging dan perternakan, serta produk lainnya.

Bagi pelaku industri, PND juga menyediakan mesin es cube, mesin es tube, dan mesin es slurry yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor industri. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim profesional kami sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top