Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

cara mencari ayam pelanggan potong

7 Cara Mencari Pelanggan Ayam Potong Yang Wajib Anda Coba

Pelanggan adalah komponen utama dalam bisnis atau usaha, tidak terkecuali pada bisnis ayam potong. Memahami cara mencari pelanggan pada bisnis ayam potong merupakan hal yang penting bagi keberlangsungan bisnis Anda. Jika tidak ada pelanggan yang mengetahui bisnis Anda, maka bisnis tersebut tidak akan berjalan dengan baik.

Keberadaan pelanggan juga membantu Anda dalam meningkatkan kualitas dari bisnis ayam potong sehingga pada akhirnya bisnis Anda semakin bertumbuh. Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis ayam potong, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mencari pelanggan ayam potong.

Baca Juga: Kunci Sukses Bisnis Ayam Potong

INILAH 7 CARA MENCARI PELANGGAN AYAM POTONG

cara mencari pelanggan ayam potong
(Pinterest)

Dalam upaya menemukan pelanggan untuk keberlangsungan bisnis Anda, terdapat tujuh cara yang bisa anda coba ketika mencari pelanggan ayam potong pada artikel ini.

1. Menentukan pangsa pasar

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah menentukan pangsa pasar. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui siapa calon pelanggan yang potensial bagi bisnis ayam potong Anda. Calon pelanggan yang tepat dengan target bisnis Anda tentu dapat membuat bisnis ayam potong Anda tepat sasaran.

Biasanya calon pelanggan yang mencari ayam potong ini adalah semua orang yang menyukai daging ayam, pedagang ayam potong, pelaku usaha rumah makan dan restoran yang menyediakan ayam sebagai bagian dari menu mereka, dan juga pelaku usaha produk kuliner yang membutuhkan daging ayam sebagai bahan dasar pada bisnis mereka.

2. Memasarkan bisnis ayam potong ke calon pelanggan

Memasarkan di sini lebih kepada Anda mendatangi secara langsung calon pelanggan yang menjadi target pasat bisnis ayam potong Anda. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menawarkan kepada individu, penjual ayam potong yang biasa berjualan di pasar tradisional dan pinggir jalan, dan juga pemilik usaha. Dari situlah Anda pun mengetahui secara langsung pelanggan potensial bisnis Anda.

3. Menawarkan diskon atau promo

Siapa yang tidak menyukai diskon ketika membeli suatu barang? Tentu saja semua orang menyukai itu. Anda dapat menawarkan diskon untuk menarik pelanggan baru agar membeli ayam potong di toko Anda. Penawaran diskon bertujuan supaya pelanggan baru melakukan transaksi pembelian ayam potong di tempat Anda.

Penawaran diskon atau promo memberikan dampak bagi penjualan ayam potong Anda karena adanya ketertarikan dari calon pelanggan untuk membeli ayam potong lebih banyak disebabkan adanya potongan harga.

4. Menggencarkan promosi

Anda bisa melakukan promosi dengan beberapa cara, di antaranya adalah menyebar pamflet dan brosur yang berisi tentang rincian dari bisnis ayam potong Anda dari satu tempat ke tempat lain yang sesuai dengan target pasar Anda.

Anda juga dapat mempromosikan secara mulut ke mulut (word of mouth) agar semakin banyak orang yang mengetahui bisnis ayam potong tersebut. Cara ini dinilai cukup ampuh untuk mendatangkan calon pelanggan.

5. Memanfaatkan media sosial dan e-commerce

Media sosial adalah platform yang menjangkau berbagai segmen konsumen tanpa batas. Anda dapat menggunakan Facebook, Instagram, dan bahkan Twitter untuk memasarkan bisnis ayam potong Anda sehingga dapat memperoleh pelanggan dari berbagai daerah, tidak terbatas pada lokasi bisnis ayam potong Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Pada e-commerce tersebut Anda dapat memasarkan ayam potong Anda secara online untuk mendatangkan lebih banyak calon pelanggan.

6. Menargetkan hari perayaan tertentu

Mempromosikan produk atau bisnis dalam suatu event atau bazaar pada momen tertentu dapat mendatangkan lebih banyak calon pelanggan bagi bisnis Anda. Biasanya menjelang hari perayaan tertentu, terjadi peningkatan permintaan terhadap ayam potong.

Adanya perayaan hari-hari besar keagamaan dan acara Tahun Baru tentunya membutuhkan lebih ayam potong dibanding hari-hari biasa. Sebagai pelaku usaha bisnis ayam potong, Anda perlu memproduksi lebih banyak untuk memenuhi permintaan ayam potong.

7. Mengetahui apa yang pelanggan inginkan

Cara terakhir yang dapat Anda coba untuk mencari pelanggan ayam potong adalah dengan mengetahui apa yang pelanggan inginkan. Pelanggan adalah pihak yang menjadi tumpuan atas bisnis Anda. Tanpa pendapat mereka, maka bisnis Anda hanya berada di situ-situ saja.

Anda dapat meminta feedback dari pelanggan yang berhasil mengetahui bisnis ayam potong. Mendengar apa yang diinginkan pelanggan sangat bagus untuk perkembangan bisnis Anda. Cara tersebut juga dapat diterapkan pada bisnis ayam potong.

Demikian ketujuh cara mencari pelanggan ayam potong yang dapat Anda terapkan untuk keberlanjutan bisnis ayam potong Anda. Setelah Anda berhasil mendapatkan pelanggan untuk bisnis ayam potong, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan mengetahui bagaimana memperlakukan pelanggan tersebut. Sikap ramah tamah dan melayani begitu dibutuhkan dalam menjaga hubungan antara Anda dengan pelanggan.


PND Ice Making System adalah perusahaan penyedia mesin es dan ruang pendingin yang telah melayani project di seluruh Indonesia. Kami menyediakan mesin es tube dan mesin es cube untuk sektor konsumsi yang telah memenuhi standar food grade.

Bagi pelaku industri, PND juga menyediakan mesin es balok, mesin es slurry, dan mesin es flake yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim profesional kami sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top