Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

Perawatan Mesin Es

Dijamin Mudah, Ini 7 Tips Perawatan Mesin Es Kristal dari PND

Perawatan mesin es merupakan upaya yang wajib dilakukan oleh pelaku usaha di bidang konsumsi ketika menjadikan mesin es sebagai alat esensial dalam kegiatan bisnisnya. Jenis mesin es yang biasa digunakan dalam bidang usaha tersebut adalah mesin es kristal. Penggunaan mesin es kristal secara rutin tentunya dapat berpengaruh pada kualitas mesinnya. Maka dari itu, perlu diketahui perawatan seperti apa yang baik bagi mesin es kristal.

Mesin es ini menghasilkan berbagai jenis es batu, di antaranya adalah es cube dan es tube. Sebagai mesin yang digunakan untuk memproduksi es yang biasa dikonsumsi manusia, alangkah baiknya Anda mengetahui bagaimana cara merawat mesin tersebut agar dapat bertahan lama dan tetap berkualitas optimal. Mengenai hal itu, Anda dapat memperoleh tips perawatan mesin es kristal di bawah ini.

INI 7 TIPS PERAWATAN MESIN ES KRISTAL ALA PND

Perawatan Mesin Es
(PND Ice Making System)

Penggunaan mesin es kristal setiap saat memerlukan upaya untuk menjaganya agar dapat tetap berfungsi semestinya dan bisa digunakan seterusnya. Sebagai usaha menjaga sumber produktivitas es batu, Anda perlu mengetahui tujuh tips mudah melakukan perawatan mesin es kristal dari PND.

1. Melihat air baku pada Reverse Osmosis (RO)

RO memiliki peranan penting dalam proses penyaringan air karena dapat menghasilkan air yang aman dikonsumsi. Oleh karena itu, jangan lupa memperhatikan air baku di dalamnya untuk mengetahui apakah alirannya lancar atau tersumbat. Kalau alirannya lancar, maka suplai airnya bagus sehingga mempengaruhi penyaringannya.

Baca juga: Fungsi Reverse Osmosis Dalam Mesin Es Konsumsi

2. Membersihkan mesin es dengan sikat khusus

Membersihkan mesin es adalah hal yang patut dilakukan sesering mungkin untuk menjaga kualitasnya tetap sama saat menggunakannya secara rutin. Hal itu yang harus dilakukan oleh pemilik es kristal jika ingin mesinnya bisa digunakan seterusnya.

Anda dapat membersihkan mesin ini dengan cara menggunakan sikat khusus (sikat nilon) pada bagian dalam dan luarnya. Penggunaan sikat tersebut dapat membantu menjangkau bagian-bagian mesin yang sulit dibersihkan.

Ketika membersihkan bagian-bagian mesin, diharuskan untuk mematikan mesinnya terlebih dahulu. Pembersihan mesih dapat dilakukan setelah tiga bulan pemakaian agar bagian pipa tidak bocor.

3. Memperhatikan suplai tegangan listrik

Mesin es dapat aktif digunakan pada tegangan tertentu. Dalam penggunaan mesin es kristal, penting sekali untuk memperhatikan suplai tegangan listriknya. Mesin tersebut dapat hidup pada tegangan 380 volt dan harus dalam keadaan stabil. Jika misalkan listrik tidak stabil, maka Anda dapat menggunakan stabilizer.

4. Mengecek hasil es batu

Mesin es menghasilkan es batu pada waktu tertentu dengan kuantitas tertentu. Misalkan saja pada mesin es kristal dari PND yang berkapasitas 1 ton dapat menghasilkan es batu sebanyak 1 ton dalam waktu 24 jam.

Anda dapat melakukan pengecekan pada mesin es kristal dalam jangka waktu tiga bulan untuk mengetahui apakah masih menghasilkan produktivitas tinggi atau tidak. Anda juga perlu memperhatikan settingan pada mesinnya agar melihat apakah hasil esnya sesuai atau tidak. Pengecekan tersebut berupaya untuk menjaga mesin es kristal tetap menghasilkan es batu sesuai dengan kapasitasnya.

5. Memastikan sirkulasi pada mesin es

Memastikan sirkulasi pada mesin es menjadi hal yang patut dilakukan pada mesin es kristal Anda, terutama pendinginannya yang mengunakan air cooling, sedangkan pada water cooling dilakukan pembersihan lumut pada cooling tower. Dan juga memastikan kelancaran sirkulasi air pendinginan pada cooling tower berjalan dengan lancar.

6. Menentukan peletakan mesin es yang sesuai

Meletakkan mesin es pada tempat yang tepat dapat membantu mesin es bertahan lama. Mesin es kristal harus diletakkan di tempat yang dingin karena akan dapat memaksimalkan produktivitasnya. Jika diletakkan dekat dengan panas matahari, maka terjadi penyerapan panas sehingga produktivitas mesin dapat kurang maksimal.

Selain itu, penting juga untuk melakukan pengaturan temperatur pada ruangan lokasi mesin es kristal berada. Temperatur ruangan maksimal di suhu 21°C. Lalu, untuk pengaturan temperatur airnya berada pada suhu 16°C.

7. Mengatur percikan air dari dalam mesin es

Selain mesin es, menjaga bagian rangkanya tidak kalah penting. Ketika mesin es kristal berproduksi, seringkali terdapat percikan air yang keluar bersamaan dengan es batu. Jika tidak segera diatur percikannya, hal yang terjadi adalah timbulnya karat pada rangka mesin. Itulah mengapa mengatur percikan air yang keluar dari dalam mesin es perlu diperhatikan.

Untuk mengaturnya, Anda dapat membuat jalan air atau sambungan khusus untuk mengalirkan percikan air yang dihasilkan dari dalam mesin. Hal tersebut bertujuan agar bagian rangka mesin es kristal tetap kering dan tidak mudah berkarat. Lalu, bagian yang tidak kalah penting adalah memastikan mesin tetap kering dan terbebas dari percikan air yang membuat daerah sekitar mesin menjadi basah.

Penutup

Demikian ketujuh tips perawatan mesin es kristal yang dapat dicoba pada mesin Anda untuk memperpanjang umur mesin es kristal Anda. Bagi Anda yang berencana untuk membangun usaha dan membutuhkan mesin es kristal, Anda dapat membelinya di PND Ice Making System. Sebagai penyedia mesin es, PND memberikan pelayanan secara penuh mengenai keadaan mesin dan juga kelancaran usaha customer. PND juga memberikan kemudahan bagi customer yang melakukan pembelian mesin es kristal di sini.


PND Ice Making System adalah perusahaan penyedia mesin es dan ruang pendingin yang telah melayani project di seluruh Indonesia. Kami menyediakan mesin es tube dan mesin es cube untuk sektor konsumsi yang telah memenuhi standar food grade.

Bagi pelaku industri, PND juga menyediakan mesin es balok, mesin es slurry, dan mesin es flake yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim profesional kami sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top