Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

ciri daging kerbau cover

Cermati 8 Ciri Daging Kerbau Sebelum Konsumsi

Ciri daging kerbau perlu Anda kenali secara menyeluruh, terutama jika Anda adalah pemilik bisnis pangan. Tujuannya supaya Anda bisa membedakan jenis-jenis daging yang berada di pasaran. Setiap daging memiliki karakteristiknya masing-masing yang bisa langsung terlihat.

Daging merupakan bahan pangan yang bernutrisi dan dapat dikonsumsi oleh siapapun. Daging kerbau memiliki ciri khas yang berbeda dibanding daging sapi, kambing, dan domba. Untuk mengetahui bagaimana ciri daging kerbau, simak penjelasan 8 cirinya di sini.

Ciri daging kerbau

ciri daging kerbau
(Pixabay)

Daging kerbau memiliki 8 ciri yang perlu Anda ketahui dari segi warna, tekstur, serat, lemak, aroma, cita rasa, durasi waktu masak, dan kandungan nutrisinya. Mengenai ciri daging kerbau lebih rincinya terdapat di bawah ini.

1. Daging berwarna lebih pekat

Bagi Anda yang baru pertama kali mencari daging kerbau, hal yang paling mudah dikenali adalah dari warnanya. Warna daging kerbau lebih pekat daripada jenis daging lain.

Mengapa bisa terjadi? Karena pigmen pembentuk dagingnya berbeda. Pada daging kerbau, pigmen merah lebih dominan sehingga warna daging lebih gelap dan kecoklatan.

2. Tekstur daging lebih liat

ciri daging kerbau
(Pixabay)

Tekstur daging dapat Anda lihat sebelum mengolahnya. Pada daging kerbau, tekstur daging cenderung liat. Hal tersebut terjadi sebab kerbau disembelih di usia yang tua, yaitu pada usia 8 sampai 10 tahun.

Ada beberapa hal yang menentukan tekstur daging kerbau, yaitu kandungan air dan kandungan lemak, umur ternak, jenis kelamin, tingkat stres, dan waktu istirahat sebelum pemotongan.

Pengaruh tekstur pada daging kerbau disebabkan oleh genetik. Serat otot pada daging kerbau lebih besar dibanding jenis daging lain maka teksturnya lebih liat saat Anda memegangnya.

3. Serat daging kasar

ciri daging kerbau
(Pixabay)

Serat daging terasa ketika Anda menyentuh permukaan daging. Daging kerbau memiliki serat yang lebih kasar dan padat dibanding jenis daging lain. Permukaan serat daging kerbau dapat terlihat jelas. Rata-rata daging kerbau mempunyai serat yang kurang bagus karena daging kerbau berasal dari kerbau tua.

4. Lemak berwarna putih susu

Lemak timul karena senyawa organik tubuh. Bagian ini tidak dapat larut dalam air sehingga Anda akan menemukan lemak menempel pada daging. Lemak pada daging kerbau berwarna putih susu. Daging kerbau memiliki kadar lemak lebih rendah sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumsi manusia dewasa.

5. Aroma daging tajam

Aroma pada daging biasanya memiliki ciri khas yang mudah dkenali. Hal yang mempengaruhi aroma pada daging kerbau adalah jenis pakan yang diberikan pada kerbau saat hewan tersebut hidup. Bau daging juga dipengaruhi oleh umur daging, jenis kelamin, lama dan waktu penyimpanan.

Daging kerbau memiliki aroma yang tajam. Dalam artian, aroma daging kerbau lebih kuat dibanding jenis daging lait dan aromanya dapat terhirup ketika Anda memegangnya.

6. Proses masak lebih lama

ciri daging kerbau
(Pixabay)

Waktu yang dibutuhkan untuk memasak daging kerbau lebih lama dibanding memasak jenis daging lain karena tekstur daging kerbau yang lebih keras. Dalam mencapai keempukan daging kerbau membutuhkan waktu sampai dua jam.

7. Cita rasa daging

Cita rasa pada daging kerbau dipengaruhi dari proses memotong dan memasak daging yang baik. Faktor lainnya adalah nilai susut masak yang rendah saat proses memasak. Susut masak berhubungan dengan kadar jus daging yang terikat di dalamnya.

Rasa daging berasal dari kandungan air di dalamnya sehingga saat kandungan airnya semakin banyak maka rasanya semakin lezat. Cita rasa pada daging kerbau tidak kalah lezat daripada jenis daging lain asal dengan pengolahan yang tepat.

8. Kandungan nutrisi pada daging

ciri daging kerbau
(Pixabay)

Daging kerbau memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Dalam 100 gram daging kerbau terdapat kandungan air, energi, lemak, kalsium, dan zat besi. Selain itu, dalam daging kerbau dengan bobot yang sama terdapat kandungan protein sebesar 18,7 gram. Tingginya protein pada daging kerbau baik untuk kesehatan.

Daging kerbau juga mengandung kalori sebesar 79 kkal. Kandungan kalori yang lebih rendah bagus bagi mereka yang sedang melakukan diet kalori. Nutrisi yang terkandung pada daging kerbau dapat menunjang kebutuhan gizi pada komsumsi pangan.

Cara menyimpan daging kerbau

ciri daging kerbau
(Unsplash)

Setelah Anda mengetahui ciri daging kerbau, Anda juga perlu memahami bagaimana cara menyimpan daging. Proses penyimpanan daging bertujuan supaya daging dalam keadaan tetap segar. Daging yang disimpan tidak perlu dicuci agar tidak membusuk.

Anda perlu menyimpan sesuai dengan porsi dan menggunakan wadah kedap udara sebagai tempat menaruh daging kerbau. Selanjutnya, Anda bisa meletakkan daging kerbau di ruang pendingin pada suhu yang tepat supaya daging tidak mengalami mutung beku.

Bagi Anda yang ingin menggunakan Cold Room sebagai tempat penyimpanan produk daging, Anda bisa menghubungi PND Ice Making System sebagai penyedia berbagai mesin es dengan kualitas unggulan dan pastinya food gradeSelain itu, Anda juga bisa menyesuaikan penggunaan listriknya jadi sudah pasti lebih hemat.

Baca Juga:


Daging dan peternakan menghasilkan produk-produk pangan yang berperan penting untuk kebutuhan konsumi. Bila Anda pelaku usaha sektor daging dan peternakan, Anda bisa menggunakan mesin pembeku daging (3 mesin tube, balok, flake) untuk menjaga kualitas produk Anda sebelum siap dipasarkan.

PND Ice Making System menyediakan berbagai mesin es berkualitas dan ruang pendingin yang dapat mendukung operasional bisnis Anda. Kami berkomitmen memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan dukungan layanan aftersales, garansi, dan kemudahan pembayaran melalui sistem kredit. Temukan solusi kebutuhan mesin es dan ruang pendingin Anda hanya di PND Ice!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top