Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

Fermentasi dedak untuk pakan ayam

FERMENTASI DEDAK UNTUK PAKAN AYAM, SIMAK CARANYA DISINI!

Fermentasi dedak untuk pakan ayam adalah proses fermentasi dedak (ampas tepung) dengan bakteri seperti Aspergillus oryzae atau Rhizopus oligosporus. Proses ini membantu meningkatkan kualitas dedak dengan mengurangi kandungan anti-nutrien seperti inhibitor trypsin dan fitat, serta meningkatkan kandungan asam amino dan vitamin.

Pakan ayam sendiri adalah bahan makanan yang diberikan kepada ayam untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Pakan ayam terdiri dari berbagai macam bahan baku seperti dedak, jagung, konsentrat protein dan bahan pakan lainnya. Komponen – komponen tersebut diformulasikan dan dicampur dengan proporsi yang tepat untuk memastikan bahwa ayam memperoleh nutrisi yang seimbang dan cukup agar menghasilkan daging berkualitas.

Cara Fermentasi Dedak Untuk Pakan Ayam

Fermentasi dedak untuk pakan ayam
(Pinterest)

Melakukan fermentasi dedak untuk akan ayam dengan EM4, Anda perlu wajib mengetahui karena kualitas dedak untuk pakan ayam ternak Anda akan jauh lebih baik. EM4 merupakan singkatan dari Effective Microorganisme 4 yang dimana berbentuk cairan dengan warna coklat agak kuningan dan bisa terbentuk dengan campuran mikroorganisme hidup atau bahan organik.

Jadi, bagaimana cara melakukan fermentasi dedak untuk pakan ayam untuk menghasilkan yang terbaik? tentunya perlu ada upaya dalam peningkatan pertumbuhan yang optimal, untuk menghasilkan ayam yang berkualitas.

Perlu adanya dedak berkualitas juga yang mengandung banyak gizi seimbang, dengan dedak yang berkualitas dapat mempercepat pertumbuhan ayam juga. Nah berikut ini persiapan serta langkah yang siapkan terlebih dahulu sebelum memulai, yaitu:

Alat

  • Siapkan terpal untuk mencampur dedak
  • Siapkan ember untuk wadah untuk mengaduk larutan
  • Siapkan gentong untuk penampungan

Bahan

  • 12 liter air bersih
  • 40 Kilogram dedak padi
  • 250 ml air tebu atau bisa juga diganti dengan 12 sdm gula pasir
  • Larutan EM4 untuk mengaktifkan mikroorganisme

Cara Fermentasi

  • Siapkan ember yang berisi air bersih, kemudian campurkan air dengan larutan cairan EM4 dengan takaran 1 sampai 2 cc per 1 – 1,5 liter air.
  • Lalu campurkan air tebu. Akan tetapi jika tidak ada air tebu bisa diganti dengan gula pasir, kemudian aduk hingga semua bahan tercampur merata.
  • Siapkan terpal yang sudah dibentangkan, setelah itu campurkan dedak diatas terpal untuk mempermudah proses pencampuran. Lalu semprotkan larutan EM4 yang sebelumnya sudah disiapkan sambil diaduk hingga merata. Perhatikan jangan sampai terlalu basah dengan mengatur kadar air 20 – 40% saja.
  • Setelah semua sudah merata, bisa langsung dimasukan ke dalam gentong sambil dipadaatkan. Tutup rapat dan didiamkan selama kurang lebih 5 hari. Setelah itu, fermentasi dedak dapat digunakan untuk pakan ayam ternak Anda.

Baca Juga : 5 Cara Ternak Ayam Kampung Pemula

Fungsi Penggunaan EM4

Fermentasi dedak juga dapat membantu meningkatkan digestibilitas dan efisiensi pakan untuk ayam. Hal ini karena dedak yang sudah difermentasi lebih mudah dicerna oleh ayam, sehingga nutrisi yang terkandung dalam dedak lebih mudah diserap oleh tubuh ayam.

Dengan demikian, pakan yang terbuat dari dedak yang sudah difermentasi dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh ayam. Berikut ini fungsi yang didapatkan dari penggunaan EM4 untuk meningkatkan kesehatan ayam ternak:

  • Untuk penyeimbang mikroorganisme sebagai saluran pencernaan ayam
  • Mengurangi tingkat kematian ayam kampung
  • Dapat mencegah stres kepada ayam ternak
  • Dapat meningkatkan kesehatan hewan ternak dan dapat diperbaiki
  • Menciptakan daging ayam dengan kualitas tinggi pada ayam kampung

Baca Juga : Pabrik Ayam Frozen, Jual Ayam Probiotik?

Mengapa Harus Dengan Fermentasi EM4?

peternakan ayam
(Pinterest)

Bioteknologi untuk fermentasi EM4 merupakan solusi untuk meningkatkan kualitas yang tinggi serat serta protein dan bersumber dari multiplikasi biomassa sel mikroorganisme. Sehingga, bioteknologi fermentasi ini menjadi salah satu yang dapat membantu proses EM4.

Anda perlu tahu, fermentasi EM4 ini sangat bermanfaat dalam proses penguraian yang bisa menguntungkan para peternak, khususnya peternak ayam. Kira – kira apa saja? ini dia selengkapnya

1. Menambah Nafsu Makan dan Minum

Dengan mengandalkan aroma cairan EM4 yang nantinya akan menambah nafsu makan dan minum jadi meningkat. Dengan begini, ayam yang Anda ternak akan tumbuh dan berkembang dengan sehat dan baik.

2. Tanpa Campuran Bahan Kimia

keuntungan lain yang Anda bisa dapatkan dengan menggunakan EM4 ini adalah tanpa adanya bahan kimia yang aman digunakan dan dapat membantu meningkatkan kesehatan ayam. Utamanya pada saluran pencernaan ayam dan juga bau yang dihasilkan dari kotoran ayam yang menyengat dan sangat mengganggu kesehatan manusia akan teratasi dengan lebih baik.

3. Dapat Dijadikan Cairan Kebersihan Kandang Ayam

Fermentasi dedak untuk pakan ayam dengan EM4 juga dapat dijadikan sebagai  kebersihan sanitasi kandang ayam loh! dengan membuat larutan sama seperti pada saat membuat larutan untuk limbah ternak. Cara penggunaanya disemprotkan sebanyak 1 Р2 liter per meter persegi.

Sebagai peternak, Anda tentunya ingin hewan ternak tumbuh dengan sehat. Saat melarutkan cairan EM4, Anda perlu gunakan air dari sumur atau tanah. Anda juga dilarang mencampuri pemakaian dengan bahan kimia, seperti larutan urea atau pestisida kimia. Jangan mencampurkan bahan tersebut dengan cairan EM4 untuk fermentasi.

Kesimpulan

Beberapa nutrisi penting dalam pakan ayam antara lain protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan pembentukan jaringan, sementara lemak dan karbohidrat digunakan sebagai sumber nergi.

Vitamin dan mineral juga sangat penting untuk menjaga kesehatan ayam dan membantu memproses metabolisme dalam tubuh ayam.

Namun, selalu diingat bahwa fermentasi dedak untuk pakan ayam tidak dapat mengatasi semua masalah nutrisi pada pakan ayam.

Oleh karenanya, perlu dilakukan formulasi yang sangat tepat dan seimbang antara dedak yang sudah difermentasi dan bahan pakan lainnya untuk memastikan agar ayam dapat memperoleh nutrisi yang tercukupi.

Nah, itu dia cara fermentasi dedak untuk pakan ayam dengan EM4. Perlu diperhatikan juga ada hal penting saat proses pembuatan maupun pemakaian EM4 pada ternak ayam. Semoga berhasil!

Baca Juga : Ini Dia 10 Jenis Ayam Petelur dan Fase Pemeliharaannya


Daging dan peternakan menghasilkan produk-produk pangan yang berperan penting untuk kebutuhan konsumi. Bila Anda pelaku usaha sektor daging dan peternakan, Anda bisa menggunakan mesin penyimpan daging ayam untuk menjaga kualitas produk Anda sebelum siap dipasarkan.

PND Ice Making System menyediakan berbagai mesin es berkualitas dan ruang pendingin yang dapat mendukung operasional bisnis Anda. Kami berkomitmen memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan dukungan layanan aftersales, garansi, dan kemudahan pembayaran melalui sistem kredit. Temukan solusi kebutuhan mesin es dan ruang pendingin Anda hanya di PND Ice!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top