Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

Pertimbangan memilih cold storage

7 Pertimbangan Memilih Cold Storage di Tahun 2023

Pertimbangan memilih cold storage perlu dilakukan saat Anda ingin membeli alat penyimpanan produk di suhu yang rendah. Hal ini dikarenakan cold room sangat penting untuk bisnis yang menyimpan produk, bahan mentah, barang dagangan di ruangan dingin.

Tujuannya tidak lain yaitu untuk menjaga kualitas dan kesegaran serta masa simpan dari produk yang akan disimpan. Cold room mengurangi laju pertumbuhan bakteri serta penyebaran penyakit yang mungkin terkandung dalam bahan-bahan mentah.

Memilih cold room perlu banyak pertimbangan demi menunjang operasional bisnis Anda. Cold storage juga dapat memberikan kemudahan dalam pengiriman produk. Simak secara lengkap pertimbangan memilih cold room ala PND!

Tips Pertimbangan Memilih Cold Storage

pertimbangan memilih cold room
(PND Ice Making System)

Kebutuhan akan lemari pendingin dalam jumlah banyak membuat cold room diminati oleh banyak perusahaan untuk menyimpan berbagai produk mereka agar tetap awet dalam jangka waktu yang lama. Untuk pertimbangkan memilih cold room, ada beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan:

1. Ukuran dan kapasitas cold Storage

Ukuran dan kapasitas merupakan pertimbangan penting saat memilih cold storage untuk bisnis Anda. Ini menentukan berapa banyak produk yang dapat Anda simpan dan untuk berapa lama. Jika Anda memiliki bisnis kecil dengan sejumlah kecil produk, maka Anda memerlukan penyimpanan dingin yang lebih kecil

Namun, jika Anda memiliki bisnis yang lebih besar dengan volume produk yang lebih tinggi atau jika Anda perlu menyimpan produk untuk jangka waktu yang lebih lama. Anda memerlukan cold storage yang lebih besar dengan kapasitas yang lebih besar. Berbicara mengenai ukuran, Anda juga dapat melihat artikel lain dibawah ini!

Baca Juga: 

2. Memilih kisaran suhu cold storage

Kisaran suhu merupakan pertimbangan penting saat memilih cold storage untuk bisnis karena produk yang berbeda memiliki persyaratan suhu yang berbeda. Jika suhu di unit cold storage terlalu tinggi atau terlalu rendah, dapat mempengaruhi kualitas dan keamanan produk.

Temperatur yang tinggi dapat menyebabkan produk lebih cepat rusak atau rusak, sementara temperatur yang rendah dapat menyebabkan produk membeku dan menjadi rusak. Oleh karena itu, penting untuk memilih unit penyimpanan dingin yang dapat mempertahankan kisaran suhu yang sesuai untuk produk tertentu yang Anda simpan.

3. Memilih notifikasi alarm cold storage

Cold storage yang menggunakan metode control yang bisa mengontrol suhu lebih akurat dan konsisten sehingga dapat diandalkan ketika proses pengujian waktu. Sistem ini memungkinkan pengendalian jarak jauh menggunakan PC serta memberikan notifikasi berupa alarm ketika peralatan ini bermasalah atau tidak berfungsi.
Saat ini sudah PND sebagai distributor cold storage mengutamakan desain serta teknologi sistem control. Cold storage room tersebut dibuat untuk berbagai industri yang membutuhan ruangan pendingin sehingga dapat menjaga standar mutu bahan makanan yang tersimpan di dalamnya.

4. Memilih bahan material cold storage

Bahan material merupakan pertimbangan penting saat memilih cold room untuk bisnis Anda karena dapat memengaruhi daya tahan, kebutuhan perawatan, dan efisiensi energi unit. Setiap jenis bahan memiliki sifat dan karakteristik uniknya masing-masing, dan bahan yang tepat akan bergantung pada kebutuhan khusus bisnis Anda.

Secara keseluruhan, bahan konstruksi yang digunakan dalam cold room dapat berdampak signifikan pada kinerja, efisiensi energi, dan kebutuhan perawatannya, jadi penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor ini saat memilih unit untuk bisnis Anda.

5. Memilih sistem pendingin yang tepat

Sistem pendingin adalah komponen penting dari unit penyimpanan dingin, dan merupakan pertimbangan penting saat memilih unit untuk bisnis Anda. Cooling system pada cold room bertanggung jawab untuk menjaga suhu yang sesuai di dalam unit dan mencegah produk rusak atau rusak.

Sistem pendingin merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan saat memilih unit penyimpanan dingin untuk bisnis Anda karena berperan penting dalam menjaga suhu yang sesuai dan memastikan kualitas dan keamanan produk yang disimpan. Terlebih lagi untuk penyimpanan margarin,  hasil pertanian, dan bisnis sayuran potong.

6. Memastikan terdapat pemeliharaan dan perbaikan

Pemeliharaan dan perbaikan merupakan pertimbangan penting saat memilih cold storage untuk bisnis Anda karena dapat berdampak signifikan pada kinerja dan efisiensi unit. Perawatan yang tepat dan perbaikan tepat waktu dapat membantu memastikan bahwa unit beroperasi dengan sebaik-baiknya dan dapat membantu mencegah kerusakan atau kegagalan yang mahal.

Cari media penyimpanan dingin dengan layanan maintenance mesin serta teknisi yang andal. Distributor mesin es PND menyediakan teknsisi dan maintenance mesin di setiap layanan produk cold storage.

7. Mempertimbangkan anggaran

Anggaran merupakan pertimbangan penting saat memilih cold storage untuk bisnis Anda karena dapat memengaruhi jenis media pendingin yang Anda beli. Harga unit penyimpanan dingin dapat sangat bervariasi, tergantung pada faktor-faktor seperti ukuran, kapasitas, lokasi, dan jenis peralatan yang digunakan.

Saat mempertimbangkan anggaran, penting untuk mempertimbangkan tidak hanya biaya di muka unit. Akan tetapi juga biaya operasional yang berkelanjutan, seperti energi, pemeliharaan, dan perbaikan.

Penutup

Terdapat alasan penting mengapa para pebisnis perlu pertimbangan memilih cold room untuk kebutuhan bisnisnya. Cold room yang tidak mampu mengatur suhu dan tingkat kelembapan yang tepat, dapat mengakibatkan pembusukan atau kerusakan produk yang disimpan.

Hal ini berakibat pada kerugian finansial bagi bisnis Anda, karena produk akan rusak dan memakan biaya besar. Namun, tak perlu bingung Anda hanya perlu memilih cold room PND yang sudah memiliki alasan terbaik untuk menunjang operasional bisnis Anda. Kembangkan bisnismu dengan memilih cold room PND sebagai partner juara bisnis Anda.

Baca Juga:


PND Ice Making System adalah perusahaan penyedia mesin es dan cold room yang telah melayani project di seluruh Indonesia. Kami menyediakan mesin es tube dan mesin es cube untuk sektor konsumsi yang telah memenuhi standar food grade.

Bagi pelaku industri, PND juga menyediakan mesin es balok, mesin es slurry, dan mesin es flake yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim profesional kami sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top