Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

ukuran es kristal

Kenali Berbagai Ukuran Es Kristal di Sini

Es kristal adalah salah satu jenis es batu yang fungsinya menambah sensasi dingin pada minuman dan juga untuk mengawetkan makanan. Biasanya es batu jenis ini digunakan dalam sektor bisnis konsumsi, salah satunya bisnis es kristal. Bagi Anda selaku pemilik bisnis, Anda perlu memahami berbagai jenis dan ukuran es kristal.

Jenis es kristal

ukuran es kristal
(Pixabay)

Sebelum Anda mengenal lebih jauh seputar ukuran es kristal, apakah Anda mengetahui apa saja jenis dari es kristal? Es kristal memiliki dua jenis es, yaitu es cube dan es tube. Kedua es tersebut menggunakan air matang sebagai bahan bakunya maka warna dari kedua es ini bening seperti kristal.

Perbedaan antara kedua jenis es kristal itu adalah pada bentuk dan penggunaannya. Es cube adalah jenis es kristal yang berbentuk seperti kubus, sedangkan es tubu berbentuk seperti tabung. Penggunaan es cube biasanya sebagai pendingin minuman. Kalau es tube penggunaannya untuk mengawetkan bahan makanan juga.

Es kristal juga memiliki berbagai macam ukuran yang disesuaikan dengan peruntukannya. Bagi Anda yang penasaran ukuran dari setiap es kristal, Anda dapat mengetahuinya pada penjelasan di bawah ini.

Ukuran Es Cube

ukuran es kristal
(Pixabay)

Es cube terdiri dari berbagai tipe yang memiliki variasi ukuran yang berbeda. Semua tips es cube itu juga memiliki bentuk yang berbeda-beda. Tipe-tipe tersebut adalah es cube biasa, es cube setengah, dan es cube penuh, es cube bulan sabit, es cube gourmet, dan es cube nugget.

1. Es Cube Biasa (Regular Cube Ice)

Es cube dikenal juga dengan sebutan es cube besar dengan struktur es yang kokoh dan mengandung hampir 100% rasio es terhadap air. Biasanya es cube jenis ini berukuran 1 1/8″ x 1 1/8″ x 7/8″ (2.85 cm x 2.85 cm x 2.22 cm).

2. Es Cube Setengah (Half Cube Ice)

Es cube setengah dikenal dengan sebutan es cube kecil dengan berstruktur kokoh dan juga mengandung hampur 100% rasio es terhadap air. Ukuran yang dimiliki lebih kecil dibanding es cube biasa, yaitu 7/8″ x 7/8″ x 3/8″ (2.22 cm x 2.22 cm x 0.95 cm).

3. Es Cube Penuh (Full Cube Ice)

Es cube penuh memiliki nama lain yaitu es cube kotak. Seperti namanya, es cube penuh berbentuk seperti kotak atau dadu yang mengandung hampir 100% rasio es terhadap air. Es cube memiliki ukuran lebih besar dari es cube setengah namun lebih kecil dari es cube biasa, yaitu 7/8″ x 7/8″ x 7/8″ (2.22 cm x 2.22 cm x 2.2 cm).

4. Es Cube Bulan Sabit (Crescent Cube Ice)

Es cube bulan sabit memiliki bentuk yang ramping seperti bulan sabit. Hal yang membedakan es cube jenis ini dengan yang lain adalah membutuhkan lebih banyak air dalam proses pembekuannya. Es cube bulan sabit berukuran 1 1/2″ x 1 1/8″ x 1/2″ (3.81 cm x 2.85 cm x 1.27 cm).

5. Es Cube Gourmet (Gourmet Cube Ice)

Es cube gourmet juga diketahui dengan nama es cube berbentuk oktagonal. Bentuknya yang unik membuat es cube jenis ini terlihat berbeda dengan es cube jenis lain. Ukurannya pun tergantung dari bentuknya, yaitu 1 3/8″ x 1 3/8″ (3.49 cm x 3.49 cm) atau 1 1/4″ x 1 1/8″ x 7/8″ (3.17 cm x 2.85 cm x 2.2 cm).

6. Es Cube Nugget (Nugget Cube Ice)

Nama lain dari es cube nugget adalah es nugget tubular atau es kerikil. Tekstur dari es cube nugget ialah lunak sehingga mudah untuk mengunyahnya. Es ini memiliki ukuran panjang dan lebar sebesar 3/8″ – 1/2″ (0.95 cm – 1.27 cm).

Seperti itulah ukuran dari berbagai macam es cube. Selain itu, terdapat juga ukuran es tube yang tentunya berbeda dibanding ukuran es cube.

Ukuran Es Tube

ukuran es kristal
(Youtube)

Jika es cube memiliki ukuran yang berbeda tergantung dari jenisnya, hal yang berbeda terlihat pada es tube. Es tube terdiri atas diameter dan kedalaman yang berbeda.

Diameter bagian luar pada es tube masing-masing berdiameter 22 mm, 25 mm, 29 mm, dan 35 mm (2.2 cm, 2.5 cm, 2.9 cm, dan 3.5 cm). Kemudian, diameter pada lubang bagian tengah es tube biasanya adalah 6 mm (0.6 cm).

Penutup

Es kristal terdiri atas es cube dan es tube. Es cube memiliki enam jenis dengan ukuran yang bervariasi. Lalu, es tube memiliki ukuran dengan diameter dan kedalaman yang berbeda. Kedua jenis es kristal ini diproduksi dengan menggunakan mesin es cube dan mesin es tube.

Kedua mesin es tersebut dapat Anda temukan di PND selaku penyedia mesin es yang dapat membantu bisnis Anda. Dilengkapi dengan material stainless steel 304 yang memenuhi standar food grade dan memiliki kualitas hasil yang terbaik, Anda dapat menjadikan mesin es dari PND sebagai pilihan yang tepat untuk bisnis Anda.

Baca Juga:


PND Ice Making System adalah perusahaan penyedia mesin es dan ruang pendingin yang telah melayani project di seluruh Indonesia. Kami menyediakan mesin es tube dan mesin es cube untuk sektor konsumsi yang telah memenuhi standar food grade.

Bagi pelaku industri, PND juga menyediakan mesin es balok, mesin es slurry, dan mesin es flake yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim profesional kami sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top