Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

Probiotik untuk Ikan

Kegunaan Probiotik untuk Ikan

Fungsi probiotik untuk ikan secara umum dibutuhkan untuk perkembangan ikan baik budidaya kolam maupun tambak. Potensi yang cukup menggiurkan untuk berbisnis budidaya ikan mengacu para pembudidaya menggunakan probiotik.

Dengan adanya penggunaan suplemen alami tersebut pembudidaya akan mendapatkan kualitas ikan unggulan dan terhindar dari penyakit akibat limbah kolam. Simak secara lengkap penjelasan probiotik yang bergunna untuk budidaya perikanan sebagai berikut.

Apa Itu Probiotik Ikan

Secara sederhana probiotik ikan adalah sejenis mikroba yang dapat mengatasi permasalahan kesehatan pada lingkungan kolam. Dengan kata lain probiotik adalah mikroba yang menguntungkan bagi ikan yang dibudidayakan.

probiotik untuk ikan
(pinterest.com)

Kandungan dari suplemen ikan ini sendiri terdiri dari akteri asam laktat seperti Lactobacillus, Carnobacterium, beberapa kelompok Bacillus, dan Pseudomonas. Bakteri ini berfungsi untuk menguraikan sisa pakan pellet serta kotoran ikan. Terdapat juga penggunaan probiotik untuk ayam frozen.

Suplemen mikroba ini memiliki beragam jenis yang dapat dikombinasikan serta digunakan berdsarkan jenisnya. Adapun jenis-jenis probiotik dapat Anda simak dibawah ini.

Jenis-jenis probiotik untuk ikan

Berikut beberapa jenis bakteri yang paling sering digunakan untuk budidaya ikan yang dapat dijadikan sebagai bahan pembuat suplemen mikroba untuk kesehatan ikan.

  1. Bakteri Escherichia colli, yaitu bakteri yang dapat menguraikan sisa-sisa mahluk hidup, termasuk kotoran dan keringat (lendir).
  2. Bakteri Nitrosococcus dan Nitrosomonas, yaitu bakteri yang mampu menyuburkan atau menjadi pupuk di tanah dengan mengubah nitrit menjadi nitrat (nitrifikasi).
  3. Bakteri Methanobacterium, yaitu baketeri yang mampu menghancurkan sampah dan kotoran ikan (proses pembusukan).
  4. Bakteri Rhizobium, yaitu bakteri yang berperan dalam mengikat nitrogen (kesuburan air kolam).
  5. Bakteri Lactobacillus bulgaricus, yaitu bakteri yang dapat menghasilkan asam laktat atau menghancurkan laktosa.

Bahan & Alat Membuat Probiotik Untuk Ikan

Persiapan alat dalam membuat suplemen alami memiliki persiapan sebagai berikut:

  • Wadah / tong, in digunakan sebagai wadah untuk fermentasi probiotik
    Selang aerator, ini berfungsi untuk menghubungkan air didalam dan air di botol aqua
  • Botol aqua, digunakan untuk wadah selang yang diluar
  • Peralatan merebus, ini digunakan sebagai merebus bahan – bahan fermentasi

Persiapan bahan – bahan ini harus diperhatikan karena adanya bahan atau tidak adanya bahan akam mempengaruhi probiotik itu sendiri :

  • Tetes tebu / air gula 1 – 2 liter yang sudah direbus dan di dinginkan
  • EM 4 per sel multi 100 – 200 cc bisa juga menggunakan ragi 2 butir ditambah 1 boto yakult
  • Azzolla micropil diblender jika ada ini juga bisa diganti dengan kulit pisang
  • Dedak 1 – 2 kg dalam keadaan sudah dikukus atau direbus dan sudah di dinginkan
  • Nanas 1 buah diambil airnya dengan cara diblender
  • Teumulawak yang sudah direbus dengan tetes tebu / air gula dan sudah didinginkan
  • Air bersih 20 liter

Fungsi Probiotik Untuk Ikan

Bakteri secara umum memiliki kegunaan untuk menguraikan sisa pakan, senyawa organik dari budidaya ikan. Sampah budidaya ikan itu kalau dibirakan menumpuk pada kolam budidaya akan menjadi sumber penyakit untuk ikan tersebut.

probiotik untuk ikan
(pinterest.com)

Bakteri pada probiotik tersebut memiliki sifat alami untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat (pathogen). Alhasil probiotik pada budidaya ikan befungsi sebagai media pengontrol biologis pada sisitem budidaya yaitu:

  1. Menekan pertumbuhan bakteri jahat (pathogen)
  2. Mempercepat degradasi bahan organic dan limbah
  3. Meningkatkan ketersediaan nutrisi esensial
  4. Meningkatkan aktivitas mikro-organisme yang menguntungkan
  5. Memfiksasi nitrogen
  6. Mengurangi pupuk dan pestisida

Peranan probiotik dalam budidaya ikan

Sebenarnya probiotik untuk ikan bukanlah hal baru dalam budidaya perikanan. Para pelaku budidaya ikan di luar negeri sudah lumrah menggunakan suplemen ini karena mereka tahu peranan vital dari mikroba tersebut. Adapun peranan probiotik dalam budidaya ikan adalah :

  1. Menekan populasi mikroba jahat yang berada dalam saluran pencernaan dengan cara berkompetisi untuk menempati ruang (tempat menempel) dan kesempatan mendapatkan nutrisi;
  2. Menghasilkan senyawa anti-mikroba yang secara langsung akan menekan pertumbuhan miroba jahat dan mencegah terbentuknya kolonisasi mikroba jahat dalam system pencernaan hewan inang;
  3. Menghasilkan senyawa yang bersifat immunostimulan yaitu meningkatkan system imun ikan (hewan inang) dalam menghadapi serangan penyakit dengan cara meningkatkan kadar antibody dan aktivitas makrofag, misalnya lipo polisakarida, glikan dan peptidoglikan;
  4. Menghasilkan senyawa vitamin yang bermanfaat bagi hewan inang (yang diberikan probiotik) dan secara tidak langsung akan menaikkan nilai nutrisi pakan.

Manfaat Probiotik Untuk Ikan

Ikan budidaya yang diberi suplemen mikroba akan lebih baik dalam fungsi fisiologisnya karena ada bakteri baik yang sengaja dihinggapkan pada ikan. Begitu vital manfaat dari mikroba pada budidaya perikanan. Mari kita lihat manfaat-manfaat lainnya berikut ini :

probiotik untuk ikan
(pinterest.com)

1. Terciptanya ekosistem budidaya yang baik

Pengelolaan budidaya ikan sejatinya memiliki ekosistem yang membuat ikan hidup nyaman dan aman. Ekosistem budidaya yang baik artinya memiliki sistem dan kualitas kontrol kesehatan kolam dengan baik.

Untuk mencapai ekosistem yang baik umumnya budidaya perikanan memiliki manajemen rantai makanan, manajemen kualitas air dengan tertata rapi. Probiotik terbukti bagus untuk pemeliharaan air kolam dan meningkatkan pertumbuhan ikan.

2. Pencegahan penyakit ikan

Penerapan suplemen pada budidaya perikanan dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi pembudidaya. Penggunaannya bisa langsung diaplikasikan ke dalam pakan ikan. Selain itu suplemen alami ini juga dapat disebarkan ke dalam air kolam atau air tambak.

Perbandingan antara budidaya ikan yang menggunakan probiotik dan tidak dapat digambarkan akan menimbulkan resistensi pada bakteri jahat.  Artinya bakteri jahat tidak dapat diatasi oleh antibiotik.

Lengkap sudah pembahasan kita mengenai probiotik untuk ikan. Tingkatkan bisnis budidaya perikanan Anda dengan ketahanan kualitas produk anda sebelum di distribusikan. Gunakan mesin es flake PND, menjamin ketahanan produk ikan budidaya Anda.

Baca Juga:


PND Ice Making System adalah perusahaan penyedia mesin es dan ruang pendingin yang telah melayani project di seluruh Indonesia. Kami menyediakan mesin es tube dan mesin es cube untuk sektor konsumsi yang telah memenuhi standar food grade.

Bagi pelaku industri, PND juga menyediakan mesin es balok, mesin es slurry, dan mesin es flake yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim profesional kami sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top