Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

pupuk kandang sapi

9 Cara Membuat Pupuk Kandang Sapi

Pupuk kandang sapi merupakan salah satu jenis pupuk organik. Penggunaan kotoran sapi sebagai bahan utama, menjadikan kotoran sapi bermanfaat untuk tanaman. Pupuk ini dapat Anda gunakan saat menanaman tanaman budidaya.

Bagi Anda yang baru memulai pembuatan pupuk, Anda perlu memahami bahwa pupuk jenis ini memiliki sejumlah manfaat dan seperti apa proses pembuatannya serta bagaimana cara menggunakannya terhadap tanaman Anda.

Manfaat pupuk kandang sapi

pupuk kandang sapi
(Pixabay)

Pupuk ini adalah jenis pupuk yang bagus bagi tanah dan tanaman karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Dengan adanya kandungan serat pada pupuk, maka tanah akan memiliki kualitas baik yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Pupuk ini juga memiliki sejumlah manfaat di antaranya adalah

1. Memperbaiki struktur tanah

Jenis pupuk dapat mempengaruhi struktur tanah. Untuk itu Anda harus memperhatikan jenis pupuk yang baik bagi tanah. Pemberian pupuk kandang pada waktu yang lama akan membantu memperbaiki struktur tanah. Struktur tanah yang baik akan memudahkan dalam bercocok tanam karena tingginya tingkat kesuburan tanah.

2. Menyuburkan tanaman

Salah satu faktor pengaruh kesuburan tanaman adalah proses pemupukan. Proses ini bertujuan untuk menambah unsur hara pada tanah sehingga menstimulus produksi tanaman dengan baik. Pemupukan dapat berjalan optimal jika menggunakan pupuk kandang sapi. Penggunaan pupuk jenis ini bisa menyuburkan tanaman.

3. Menjaga kelestarian lingkungan

Pengolahan kotoran sapi menjadi pupuk kandang memberikan manfaat bagi lingkungan. Masalah pencemaran lingkungan akibat tertimbunnya kotoran sapi di sekitar kandang bisa teratasi. Selain itu, lingkungan sekitar juga lebih bersih dan terbebas dari bau tidak sedap. Lingkungan yang lestari bisa mencegah timbulnya penyakit.

Itulah beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika Anda mengolah kotoran sapi menjadi pupuk kandang. Pupuk tersebut bisa Anda ikuti cara pembuatannya dengan mengetahui penjelasannya di bawah ini.

Cara membuat pupuk kandang sapi

pupuk kandang sapi
(Pixabay)

Pembuatan sebuah pupuk perlu dilakukan secara runtut. Begitu pula denga pembuatan pupuk kandang sapi. Supaya menghasilkan pupuk yang berkualitas, Anda perlu mengikuti 9 cara membuat pupuk kandang di bawah ini.

1. Siapkan alat dan bahan pembuatan

Sebelum membuat pupuk kandang, alangkah baiknya Anda menyiapkan sejumlah alat dan bahan yang dibutuhkan. Anda memerlukan alat seperti cangkul, sekop, terpal, dan ember. Bahan untuk membuat pupuk adalah kotoran sapi, sekam padi, stardec (dekomposer), molase, dan air.

2. Letakkan sekam padi di atas kotoran sapi

Sekam padi merupakan bahan yang digunakan dalam pembuatan pupuk kandang. Bahan tersebut diletakkan di atas kotoran sapi untuk membantu proses pengomposan menjadi pupuk. Sekam padi memiliki manfaat yang baik untuk tanah, yaitu menjadikan tanah bersifat gembur dan poros.

3. Taburkan Stardec

Selanjutnya Anda perlu menaburkan stardec pada kotoran sapi secara merata. Stardec ialah dekomposer untuk pembuatan pupuk kandang. Mikroba pada stardec digunakan dalam mengolah kotoran sapi menjadi pupuk yang berkualitas. Penggunaan stardec dapat menekan biaya pembuatan pupuk karena biayanya lebih murah.

4. Encerkan dan siram molase

Molase (tetes tebu) bermanfaat sebagai fermentasi pembuatan pupuk kandang. Bahan ini merupakan hasil dari pembuatan gula pasir. Penggunaan molase dilakukan dengan cara mengencerkannya dengan air di ember. Lalu, Anda dapat menyiramkan molase di atas bahan pembuat pupuk lainnya.

5. Aduk secara merata

Setelah semua bahan pembuat pupuk digunakan, langkah berikutnya adalah mengaduknya secara merata. Tujuannya agar bahan-bahan tersebut bisa membantu proses pembuatan pupuk hingga selesai.

6. Atur kelembaban pupuk

Tingkat kelembaban pupuk perlu diatur agar tidak terlalu kering. Pupuk kandang dapat digunakan secara optimal jika tingkat kelembabannya sebesar 60%. Cirinya adalah saat digenggam pupuk tersebut tidak pecah, tidak ada air, dan tidak basah. Jika kurang lembab, Anda dapat menambahkan air.

7. Tutupi pupuk dengan terpal

Pupuk yang memiliki kelembaban cukup selanjutnya ditutupi dengan terpal. Penggunaan terpal dapat mencegah pupuk terkena sinar matahari dan hujan. Anda perlu menambahkan beban di tiap sisi terpal supaya tidak mudah tersingkap selama proses pembuatan pupuk berlangsung.

8. Periksa pupuk secara berkala

Pemeriksaan pupuk kandang dilakukan secara berkala. Anda perlu melakukan pembalikan terhadap pupuk pada minggu pertama. Seminggu setelahnya Anda bisa memindahkan pupuk ke tempai lain dan diamkan kembali selama seminggu. Pada minggu berikutnya, pindahkan pupuk ke tempat lain sampai minggu keempat.

9. Proses pembuatan pupuk selesai

Pada minggu keempat, pupuk sudah matang. Cirinya adalah warnanya coklat kehitam-hitaman, tidak mengeluarkan bau tidak sedap, teksturnya yang tidak terlalu keras dan mudah menggumpal, memiliki suhu yang rendah dan stabil, kandungan airnya sebesar kurang lebih 50%, dan pupuk mengalami penyusutan.

Cara menggunakan pupuk kandang sapi

pupuk kandang sapi
(Pixabay)

Penggunaan pupuk kandang sapi terhadap tanaman tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda harus mengetahui besaran dosis yang sesuai agar pertumbuhan tanaman berjalan dengan optimal. Selain itu, penggunaan pupuk perludilakukan dengan tepat.

Anda dapat menggunakannya dengan menebar langsung ke sekitar tanaman ataupun membenamkan di bawah tanah. Untuk hasil panen yang maksimal, Anda bisa menaruh pupuk di sekitar tanaman supaya mendapatkan nutrisi secara langsung.

Demikian cara membuat pupuk kandang sapi. Anda dapat mempraktikannya pembuatan pupuk sebelum menanam sayuran. Sayuran budidaya bisa terbebas hama dan penyakit jika menggunakan pupuk kandang sapi ini. Dan juga sayuran budidaya Anda akan memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran.


Daging dan peternakan menghasilkan produk-produk pangan yang berperan penting untuk kebutuhan konsumsi. Bila Anda pelaku usaha sektor daging dan peternakan, Anda bisa menggunakan mesin pendingin ayam (3 mesin tube, balok, flake) untuk menjaga kualitas produk Anda sebelum siap dipasarkan.

PND Ice Making System menyediakan berbagai mesin es berkualitas dan ruang pendingin yang dapat mendukung operasional bisnis Anda. Kami berkomitmen memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan dukungan layanan aftersales, garansi, dan kemudahan pembayaran melalui sistem kredit. Temukan solusi kebutuhan mesin es dan ruang pendingin Anda hanya di PND Ice!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top