Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

kandang ayam sederhana

9 Cara Mudah Membuat Kandang Ayam Sederhana

Kandang ayam menjadi peralatan yang wajib dimiliki peternak ayam broiler. Peralatan ini memudahkan pengawasan ayam broiler. Penggunaan kandang dapat menghindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Agar ayam broiler memiliki tempat untuk bernaung, Anda bisa membuat kandang ayam broiler sederhana di rumah.

Kandang ayam sederhana adalah jenis kandang yang menggunakan bahan yang biasa ditemui di pasaran. Pembuatan kandang ayam ini tidak perlu mengeluarkan modal besar, tetapi yang penting Anda sudah memahami apa saja yang harus diperhatikan sebelum pembuatan, cara membuat, dan merawat kandang ayam broiler.

Pahami sebelum membuat kandang ayam broiler

kandang ayam sederhana
(Pixabay)

Sebagai peternak ayam, sudah sepatutnya Anda mengetahui apa saja yang wajib diperhatikan sebelum membuat kandang ayam. Pembuatan kandang ayam sederhana perlu memahami hal-hal ini karena dapat mempengaruhi pertumbuhan ayam broiler.

1. Ukuran

Kuantitas ayam broilermenentukan kecil besarnya ukuran sebuah kandang. Ayam yang diletakkan di dalam kandang harus diberi sedikit jarak agar tidak merasa penuh dan sesak. Maka dari itu, sudah sepatutnya ukuran kandang menyesuaikan jumlah ayam yang ada. Jangan sampai melebihi kapasitas.

2. Tempat

Penempatan kandang idealnya diletakkan sedikit jauh dari tempat tinggal manusia agar ayam broiler hidup tanpa adanya gangguan. Selain itu, supaya manusia bisa terbebas dari virus dan penyakit yang disebabkan oleh ayam. Kandang ayam harus diletakkan sedikit lebih tinggi supaya tidak tergenang hujan.

3. Material

Material untuk membuat kandang ayam dapat menggunakan bahan yang murah dan mudah ditemukan, seperti triplek dan bambu. Bahan-bahan tersebut dapat diolah menjadi kandang ayam dengan berbagai model berbeda. Anda perlu memastikan bahwa materialnya tidak mudah rusak.

4. Tipe

Kandang ayam adalah tempat yang akan menjadi pusat kegiatan ayam broiler. Supaya ayam bisa bertumbuh dengan baik, Anda perlu mengetahui tipe kandang ayam yang sesuai. Tipe kandang ayam adalah tipe kandang open house (terbuka), close (tertutup), dan semi close house (terbuka-tertutup).

Baca Juga

Cara membuat kandang ayam

kandang ayam sederhana
(Pixabay)

Ketika Anda akan membuat kandang ayam broiler sederhana, diperlukan persiapan yang tepat. Dalam proses pembuatan kandang ayam ini Anda dapat mengikuti 9 caranya di bawah ini.

1. Ketahui ukuran ayam broiler

Ukuran ayam broiler perlu diperhatikan dalam pembuatan kandang ayam karena mempengaruhi ukuran kandangnya. Ukuran kandang yang tidak sesuai dapat menghambat pertumbuhan mereka. Jika ayam broiler Anda berukuran kecil, maka ukuran kandangnya tentu juga kecil. Begitupun sebaliknya.

2. Hitung jumlah ayam broiler

Jumlah ayam broiler menentukan ukuran kandang ayam. Ukuran kandang ayam yang ideal adalah setiap meternya dapat mengisi sejumlah 8 sampai 12 ekor ayam. Jumlah ayam yang terlalu banyak dalam satu kandang membuat pertumbuhan ayam tidak merata.

4. Tentukan model kandang

Hal pertama ketika akan membuat kandang ayam, Anda perlu menentukan model kandang. Model kandang ayam yang menarik membuat ayam broiler tidak stres selama di dalam kandang. Selain itu, memudahkan Anda dalam pemberian pakan dan pembersihan kandang.

3. Siapkan peralatan kandang ayam

Peralatan untuk membuat kandang ayam berupa bambu, triplek, dan/atau papan kayu, gergaji, kawat, meteran, palu, paku, engsel, dan amplas. Saat membuat kandang ayam, Anda juga perlu memperhatikan keselamatan dengan menggunakan sarung tangan untuk melindungi bagain tangan.

5. Buat bagian bawah kandang

Bagian bawah kandang melingkupi kaki kandang dan lantai kandang. Kaki kandang harus bisa menopang kandang. Banyaknya kaki kandang bergantung pada besarnya ukuran kandang. Setelah membuat kaki kandang, Anda bisa menambahkan bagian lantai kandang supaya ayam memiliki alas untuk menapak.

6. Susun bagian dinding kandang

Dinding merupakan bagian yang penting pada kandang ayam karena untuk melindungi ayam broiler. Bagian dinding dibuat setelah membuat bagian bawah kandang. Pada dinding kandang perlu ditambahkan bagian khusus untuk meletakkan pintu.

7. Kerjakan bagian pintu dan atap

Berikutnya adalah kerjakan bagian pintu dan atap kandang. Bagian pintu kandang dapat Anda letakkan di tengah atau pinggir sebagai tempat untuk memberikan pakan. Lalu bagian atap perlu menggunakan material yang tahan panas dan hujan.

8. Perhatikan letak kandang

Letak kandang sangat mempengaruhi ukuran dan model kandang ayam. Jika ukuran kandang lebih besar maka kandang harus diletakkan di tempat yang jauh dari manusia. Namun jika ukuran kandang lebih kecil bisa Anda letakkan di pekarangan rumah.

9. Tambahkan alat penunjang kandang

Alat penunjang yang membantu proses pertumbuhan kandang adalah tempat pakan, tempat minum, litter, dan juga lampu pemanas. Letakkan alat tersebut di sudut kandang supaya memudahkan dalam memberi pakan dan membersihkan kandang.

Tips merawat kandang ayam

kandang ayam sederhana
(Pixabay)

Supaya kandang ayam bisa digunakan untuk jangka panjang, Anda perlu melakukan perawatan kandang ayam tersebut. Kandang ayam yang telah digunakan dalam waktu yang lama rawan akan kerusakan. Maka dari itu, Anda perlu memahami bagaimana cara merawatnya dengan mengikuti sejumlah cara ini.

1. Bersihkan secara rutin

Pertumbuhan ayam broiler dapat berlangsung secara optimal jika kandang ayam dalam keadaan bersih. Kandang ayam begitu rentan kotor. Cara membersihkannya adalah dengan membuang kotoran ayam yang menumpuh di dalam kandang. Selain itu, Anda juga perlu menyapu pakan ayam yang terjatuh di alas kandang.

2. Keluarkan barang di dalam kandang

Supaya membersihkan kandang lebih mudah, barang-barang di dalam kandang harus dikeluarkan terlebih dahulu. Namun sebelum mengeluarkan barang, pastikan ayam broiler tidak berada di dalam kandang. Anda bisa memindahkan tempat pakan, tempat minum, litter, dan barang pelengkap lainnya ke sekitar kandang.

3. Semprot bagian-bagian kandang

Setelah kandang dalam keadaan kosong, semprotkan bagian-bagian kandang dengan selang air. Tujuannya untuk menghilangkan sisa kotoran yang melekat dan kutu-kutu yang menempel di bagian kandang. Untuk memaksimalkan pembersihan kandang, Anda bisa menggunakan disinfektan.

4. Keringkan kandang

Agar kandang tidak berjamur, Anda perlu mengeringkan kandang setelah dicuci. Caranya adalah dengan menjemur kandang di bawah sinar matahari selama beberapa waktu sampai permukaan kandang tidak terasa lembab lagi.

Inilah 9 cara membuat kandang ayam sederhana yang bisa Anda praktikkan di rumah sebelum memulai beternak ayam. Ayam broiler yang dirawat dengan optimal akan memberikan hasil panen daging yang maksimal.


Daging dan peternakan menghasilkan produk-produk pangan yang berperan penting untuk kebutuhan konsumi. Bila Anda pelaku usaha sektor daging dan peternakan, Anda bisa menggunakan mesin penyimpan ayam (3 mesin tube, balok, flake) untuk menjaga kualitas produk Anda sebelum siap dipasarkan.

PND Ice Making System menyediakan berbagai mesin es berkualitas dan ruang pendingin yang dapat mendukung operasional bisnis Anda. Kami berkomitmen memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan dukungan layanan aftersales, garansi, dan kemudahan pembayaran melalui sistem kredit. Temukan solusi kebutuhan mesin es dan ruang pendingin Anda hanya di PND Ice!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top