Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

budidaya udang vaname

12 Cara Budidaya Udang Vaname

Budidaya udang vaname menjadi andalan sektor perikanan budidaya saat ini. Hal tersebut membuat budidaya udang ini menjadi prioritas pengembangan akuakultur untuk meningkatkan perekonomian nasional. Komoditas udang memiliki peranan yang begitu signifikan bagi kinerja ekspor komoditas perikanan Indonesia.

Udang vaname menjadi salah satu jenis udang yang biasa dibudidayakan karena banyaknya permintaan. Bagi Anda yang tertarik melakukan budidaya udang vaname, Anda dapat memahami terlebih dahulu seputar udang ini. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui langkah-langkah melakukan budidaya udang vaname.

Langkah budidaya udang vaname

budidaya udang vaname
(Pixabay)

Ketika pembudidaya akan melakukan budidaya, tentunya perlu mengetahui langkah-langkah dalam melakukan itu. Ini juga berlaku bagi Anda yang berencana untuk melakukan budidaya udang tersebut. Supaya budidaya udang ini menghasilkan udang vaname dengan kualitas unggulan, Anda dapat menerapkan 12 caranya di bawah ini.

1. Tentukan lokasi pembuatan kolam

Anda perlu memperhatikan lokasi untuk membuat kolam tambak. Pastikan memenuhi beberapa syarat, yaitu penggunaan tata ruang dan wilayah untuk kegiatan budidaya udang, terdapat akses yang dekat ke sumber air untuk proses budidaya, terbebas dari banjir dan bahan berbahaya, dan memiliki infrastruktur yang memadai.

2. Siapkan peralatan untuk budidaya

Peralatan yang memadai tentunya memudahkan proses budidaya udang vaname. Anda perlu menyiapkan kincir air tambak, nano bubble, pH meter, jet bubble, anco, DO meter, secchi disk, termometer, ember, sikat dinding, serok, jaring, wadah, dan water sampler. Semua alat tersebut harus tersedia di semua kolam tambak Anda.

3. Buat kolam tambak budidaya

Cara membuat kolam tambak budidaya adalah dengan mengeringkan kolam tambak. Tujuannya untuk membunuh bakteri yang berada di dalam kolam tambak. Tambak yang telah dikeringkan perlu didiamkan selama 3 hari untuk mengetahui bakterinya sudah mati atau belum.

Tambak yang kering tersebut perlu Anda bajak dengan kedalaman 10 cm. Pembajakan kolam tambak fungsinya adalah untuk mengangkat sisa lumpur. Setelah itu, tambak udang perlu dilakukan penetralan pH supaya sesuai dengan pertumbuhan udang vaname. Anda dapat mengatur tingkat keadaman pada nilai pH 7.5 sampai 8.5.

4. Isi air kolam tambak

Pengisian air kolam tambak dilakukan secara bertahap. Pastikan bahwa kolam tambak tidak ada lubang yang mengakibatkan kebocoran. Anda bisa mengisi air sampai ketinggian 1 meter dengan salinitas di atas 15 ppt. Kualitas air kolam tambak akan lebih meningkat jika menggunakan kincir air tambak.

5. Sterilkan kolam tambak

Proses sterilisasi kolam tambak bertujuan untuk mematikan organisme yang ada di dalam kolam supaya tidak membahayakan benih. Anda perlu mempertimbangkan organisme apa di dalamnya. Sterilisasi menggunakan obat yang ramah lingkungan dan tidak berbahaya. Pemberian obat perlu memperhatikan ketentuan dosisnya.

6. Sebar mikroorganisme

Mikroorganisme bisa dijadikan sebagai pakan alami udang vaname. Penyebaran mikroorganisme berfungsi dalam menciptakan kolam yang sesuai untuk kegiatan budidaya udang vaname. Mikroorganisme juga bisa membantu menstabilkan suhu air pada kolam tambak.

7. Pilih benur berkualitas unggulan

Benur ialah benih udang yang akan dibudidayakan selama beberapa waktu. Supaya menghasilkan panen udang vaname yang bagus, Anda perlu memilih benur unggulan yang sehat, bersertifikat bebas dari penyakit, berukuran seragam sekitar 0,8 cm, dan memiliki ketahanan terhadap perubahan lingkungan.

8. Tebar benur udang vaname

Sebelum menebar benur, alangkah baiknya melakukan penyesuaian fisiologis pada benur terhadap lingkungan barunya. Tujuannya supaya benur yang berada di kantong air bisa beradaptasi di air kolam tambak. Hal ini juga mencegah stres pada benur. Setelah itu, Anda baru bisa menebar benur dengan kepadatan 50-100 ekor/m2.

9. Berikan pakan secara rutin

Sebagai pembudidaya, tentu Anda perlu memperhitungkan pengeluaran untuk pakan udang vaname. Hal ini bertujuan menekan biaya pakan. Anda dapat memberikan pakan seperti pakan tepung, crumble, dan pelet. Pemberian pakan dilakukan sebanyak 3 sampai 4 kali sehari secara rutin.

10. Perhatikan kualitas air

Air kolam tambak perlu diperhatikan kualitasnya supaya udang bisa hidup dengan nyaman. Anda perlu menggunakan air laut dengan tingkat salinitas di atas 15 ppt. Selanjutnya air harus diganti setiap 60 hari sekali. Selain itu kualitas air juga harus diamati untuk mengetahui parameter pada pH, salinitas, suhu, DO, dan jumlah plankton.

11. Monitor kesehatan udang vaname

Anda perlu mengawasi pertumbuhan udang vaname selama budidaya. Udang harus berada dalam keadaan yang sehat dan tercukupi nutrisinya. Untuk mempertahankan kesehatan udang, Anda bisa memberikan multivitamin dan kultur probiotik. Kolam air tambak juga perlu dilakukan pembasmian terhadap hama dan penyakit.

12. Panen udang vaname

Udang vaname sudah bisa dipanen pada usia 100 hari dengan berat sekitar 16-20 gram/ekor. Namun sebelumnya Anda perlu memberikan kapur pada air kolam tambak supaya mencegahnya dari molting saat panen. Supaya menjaga mutu udang, panen perlu dilakukan di malam hari secara keseluruhan atau sebagian.

Cara menyimpan udang vaname

budidaya udang vaname
(Unsplash)

Udang vaname yang berhasil dipanen perlu ditangani dengan baik supaya kualitasnya tidak menurun. Perlunya memperhatikan beberapa aspek, seperti suhu penyimpanan, tempat penyimpanan, dan juga pengemasan terhadap udang. Penanganan terhadap udang vaname adalah dengan menyimpan di tempat pendingin.

Caranya adalah dengan membersihkannya di bawah air mengalir. Lalu masukkan udang vaname ke dalam wadah tertutup untuk mencegah kontaminasi dan memperpanjang usianya. Setelah itu, Anda bisa menyimpannya di tempat pendingin dengan suhu 4°C supaya mencegah freezer burn.

Tempat pendingin yang optimal untuk menyimpan udang adalah yang memiliki pengaturan suhu secara customizable dan material food grade. Bagi Anda yang membutuhkan tempat pendingin, Anda bisa menghubungi PND sebagai penyedia cold storage dengan kualitas terbaik.


Perikanan dan hasil laut adalah produk segar yang perlu penyimpanan baik agar tetap segar dan tahan lama. Bila Anda pelaku usaha perikanan, Anda bisa menggunakan cold storage udang untuk mendinginkan hasil panen dan perikanan agar kualitasnya terjaga. Untuk penyimpanan lebih maksimal, gunakan pula mesin cold storage.

PND Ice Making System menyediakan berbagai mesin es berkualitas dan ruang pendingin yang dapat mendukung operasional bisnis Anda. Kami berkomitmen memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan dukungan layanan aftersales, garansi, dan kemudahan pembayaran melalui sistem kredit. Temukan solusi kebutuhan mesin es dan ruang pendingin Anda hanya di PND Ice!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top