Maintenance Mesin Pembangunan Pabrik Es Konsultasi Franchise & Bisnis Es

kolam ikan bioflok

6 Cara Membuat Kolam Ikan Bioflok

Kolam ikan bioflok dapat menjadi media budidaya ikan yang mumpuni. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, kegiatan budidaya akan lebih mudah terutama bagi pemula. Apalagi jika Anda menerapkan sistem bioflok. Sebelum Anda memulai budidaya ikan, apakah Anda pernah mendengar sistem bioflok?

Sistem bioflok adalah sistem budidaya integrasi yang terjadi karena adanya simbiosis antara mikroorganisme dan ikan budidaya. Mikroogranisme ditumbuhkan untuk memanfaatkan limbah yang terdapat di kolam tempat ikan budidaya hidup. Sistem ini berhasil apabila terdapat gumpalan kecil yang melayang di dalam kolam.

Dengan Anda mengetahui bagaimana sistem bioflok, Anda bisa mulai mempertimbangkan penerapan sistem ini dalam kegiatan budidaya. Anda juga akan memdapatkan keuntungan menggunakan kolam ikan bioflok sebagai media budidaya.

Apa keuntungan menggunakan kolam ikan bioflok?

kolam ikan bioflok
(Pixabay)

Penggunaan media yang tepat membantu kegiatan budidaya ikan menjadi optimal. Begitu pula ketika Anda menggunakan kolam ikan bioflok. Kentungan yang akan anda peroleh adalah

1. Menampung ikan dengan kuantitas besar

Kuantitas ikan budidaya bisa bertambah banyak jika Anda menggunakan kolam ikan bioflok karena kolam tersebut dirancang untuk itu. Kolam berukuran kecil dapat memuat banyak ikan dan ikan di dalamnya bisa tetap hidup tanpa kekurangan pangan sedikitpun.

2. Membantu pertumbuhan ikan

Ikan budidaya di dalam kolam bioflok dapat tumbuh dengan baik karena mendapatkan protein yang cukup. Pertumbuhan ikan di dalamnya bisa seragam satu sama lain sebab persediaan pakan yang selalu cukup dengan produksi flok.

3. Meminimalkan penggunaan air

Air yang berada di dalam kolam bisa lebih hemat penggunaannya karena gumpalan mikroorganisme di dalam digunakan untuk mengolah limbah di dalamnya. Daur ulang yang dihasilkan dari limbah tersebut menjadi protein bagi ikan budidaya. Karena itulah Anda tidak perlu mengganti air kolam terlalu sering.

4. Menghemat pemberian pakan

Sistem bioflok menjadikan mikroogranisme menghasilkan protein yang menjadi asupan gizi bagi ikan budidaya. Dengan menerapkan sistem ini membuat Anda dapat menghemat anggaran pakan sehingga bisa dialihkan ke hal yang lain.

5. Hasil panen budidaya lebih maksimal

Sebagai pembudidaya, tentu Anda mempertimbangkan hasil panen yang memiliki nilai jual tinggi di pasaran. Penggunaan kolam ikan bioflok sebagai tempat pertumbuhan ikan budidaya menjadi opsi yang tepat. Ikan budidaya dapat memperoleh gizi yang cukup dalam menstimulus pertumbuhan mereka.

Bagaimana cara membuat kolam ikan bioflok?

kolam ikan bioflok
(Pixabay)

Setelah Anda mengenal sistem bioflok dan keuntungan penggunaannya, Anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat kolam ikan budidaya ketika menerapkan sistem bioflok ini. Mengenai cara pembuatannya, Anda dapat menemukan penjelasannya di bawah ini.

1. Buat kolam sebagai media budidaya

Kolam merupakan peralatan utama sebelum budidaya. Kolam yang digunakan untuk budidaya dengan sistem bioflok adalah kolam bulat central drain dengan ukuran diameter sekitar 3 meter dan kedalaman 2 meter. Kebersihan kolam perlu diperhatikan maka Anda perlu menyikatnya sampai bersih dan diisi air.

2. Persiapkan bahan untuk pembuatan media bioflok

Bahan yang Anda perlukan dalam pembuatan media bioflok adalah garam krosok 1 kg/m3, kapur dolomit 50 Р150 gram/m3, molase 100 ml/m3, probiotik dengan komposisi baketri Baccilus sp. 10 ml/m3 yang menggunakan kombinasi sel multi dan bioflokulan.

3. Siapkan bioflok di dalam kolam

Semua bahan tersebut dilarutkan secara berurutan dengan air dan dimasukkan ke dalam kolam. Setelah melarutkan keseluruhan bahan, Anda dapat mendiamkan kolam selama 7 sampai 10 hari sampai permukaan dinding kolam terasa licin.

Ketika Anda memasukkan bahan, Anda perlu mengoperasikan sistem aerasi. Peletakan batu aerasi disesuaikan sehingga oksigen bisa merata di seluruh kolom air kolam. Aliran oksigen diatur dengan kecepatan 10 L/menit.

4. Perhatikan kualitas air di dalam kolam

Hal selanjutnya dalam pembuatan kolam ikan bioflok adalah memperhatikan keadaan airnya. Kualitas air diukur dan dipertahankan minimal kandungan oksigen yang terlarut sebesar 3mg/L dan pH sebesar 6 sampai 8.

5. Tebarkan benih ikan budidaya

Setelah media air sudah siap, kemudian tebarkan benih ikan ke dalam kolam. Benih yang berada di dalam kolam akan mengalami masa adaptasi selama 1 sampai 2 minggu. Benih yang masih hidup selanjutnya harus diberi pakan setiap harinya.

6. Lakukan pemeliharaan ikan budidaya secara berkala

Ikan yang hidup di dalam kolam diberi makan sebanyak 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore. Selama pemeliharaan, Anda juga perlu memelihara air di dalam kolam ikan bioflok dengan cara

  • Menambahkan molase dan probiotik jika kadar oksigen mendekati 3mg/L,
  • Menaburkan dolomit jika terhadp perubahan pH menjadi asam (pH 5),
  • Mengupayakan air media bioflok berwarna kecoklatan,
  • Mempertahankan volume flok hingga 50 ml/L dan apabila flok terlalu padat maka pemberian pakan dihentikan, dan
  • Memberikan air jika terjadi penguapan.

Penutup

Demikian hal-hal seputar kolam ikan bioflok yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan budidaya ikan dengan sesuai. Dengan Anda menerapkan budidaya dengan sistem bioflok dan juga menggunakan kolam ikan bioflok sebagai media budidaya, dapat menjadikan Anda sebagai pembudidaya yang memperhatikan lingkungan sekitar.

Setelah Anda memanen ikan dari kolam bioflok, hasil panen ikan dapat Anda simpan di tempat pendingin, seperti Cold Room. Anda juga bisa meletakkan ikan di dalam mesin es dengan menaruh es batu di sekitar ikan supaya kesegarannya terjaga.

Hal yang tidak kalah penting sebagai pembudidaya pemula adalah bagaimana menentukan tempat penyimpanan yang cocok dengan kuantitas hasil panen ikan Anda. Untuk itu, Anda dapat menghubungi PND sebagai penyedia mesin es yang dapat menyesuaikan kebutuhan Anda.


Perikanan dan hasil laut adalah produk segar yang perlu penyimpanan baik agar tetap segar dan tahan lama. Bila Anda pelaku usaha perikanan, Anda bisa menggunakan mesin es balok perikanan untuk mendinginkan hasil panen dan perikanan agar kualitasnya terjaga. Untuk penyimpanan lebih maksimal, gunakan pula alat pendingin ikan.

PND Ice Making System menyediakan berbagai mesin es berkualitas dan ruang pendingin yang dapat mendukung operasional bisnis Anda. Kami berkomitmen memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan dukungan layanan aftersales, garansi, dan kemudahan pembayaran melalui sistem kredit. Temukan solusi kebutuhan mesin es dan ruang pendingin Anda hanya di PND Ice!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top